tirto.id - Contoh soal ujian sekolah Bahasa Indonesia kelas 6 akan disajikan dalam bentuk pilihan ganda. Namun, soal yang tertulis belum mewakili semua kisi-kisi US. Selain itu, kunci jawaban juga akan diberikan agar siswa mengetahui jawaban yang benar dan salah.
Ujian Sekolah (US) merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan di sekolah. Salah satu mata pelajaran yang diujikan adalah bahasa Indonesia.
Kisi-kisi Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 6
Materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 6 SD tersebut mencakup teks pidato, menyimpulkan isi teks, bagian-bagian surat resmi, puisi, dan membaca intensif teks.
Berikut kisi-kisi ujian sekolah Bahasa Indonesia Kelas 6.
Materi | Level Kognitif | Lingkup Materi | Indikator Soal |
Membaca Nonsastra | Pengetahuan dan Pemahaman | Menentukan makna kata/istilah | Disajikan kalimat, peserta didik dapat menentukan makna kata yang tercetak miring |
Disajikan kalimat, peserta didik dapat menentukan makna istilah yang tercetak miring | |||
Menentukan antonim/sinonim | Disajikan kalimat, peserta didik dapat menentukan kata antonim | ||
Disajikan kalimat, peserta didik dapat menentukan kata sinonim | |||
Menggali informasi tersurat teks | Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat menentukan jawaban atas pertanyaan “apa/siapa” | ||
Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat menentukan jawaban atas pertanyaan “kapan/dimana” | |||
Menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas; pembuka, isi, penutup) | Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat utama | ||
Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat penjelas | |||
Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat menentukan bagian pembuka | |||
Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat menentukan bagian isi | |||
Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat menentukan bagian penutup | |||
Aplikasi | Menentukan ide pokok teks | Disajikan paragraf, peserta didik dapat menentukan ide pokoknya | |
Menggali informasi tersirat teks | Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat menjawab pertanyaan “mengapa” | ||
Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat menjawab pertanyaan “bagaimana” | |||
Menentukan pernyataan sesuai isi teks | Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks | ||
Mengidentifikasi jenis teks | Disajikan teks, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis teks | ||
Penalaran | Melengkapi tabel berdasarkan isi teks | Disajikan teks, peserta didik dapat melengkapi tabel dengan pokok- pokok pikiran berdasarkan isi teks | |
Membaca Sastra | Pengetahuan dan pemahaman | Menentukan informasi tersurat pada karya sastra | Disajikan penggalan teks sastra, peserta didik dapat menjawab pertanyaan “apa/siapa/dimana/kapan” |
Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh) | Disajikan kutipan cerita, peserta didik dapat menentukan latar dalam cerita | ||
Disajikan kutipan cerita, peserta didik dapat menentukan watak tokoh dalam cerita | |||
Menentukan makna kata/simbol/kias | Disajikan penggalan teks sastra, peserta didik dapat menentukan makna kata | ||
Disajikan penggalan teks sastra, peserta didik dapat menentukan makna simbol | |||
Disajikan penggalan teks sastra, peserta didik dapat menentukan makna kias | |||
Disajikan penggalan teks sastra, peserta didik dapat menentukan makna kata | |||
Aplikasi | Menggali informasi tersirat dalam karya sastra | Disajikan penggalan teks sastra, peserta didik dapat menjawab pertanyaan “mengapa” | |
Disajikan teks sastra, peserta didik dapat menjawab pertanyaan “bagaimana” | |||
Menyimpulkan/memaknai bagian teks | Disajikan penggalan teks sastra, peserta didik dapat menyimpulkan isi teks | ||
Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik/amanat/tema) | Disajikan penggalan teks sastra, peserta didik dapat menentukan konflik dalam cerita | ||
Disajikan teks sastra, peserta didik dapat menentukan amanat dalam cerita | |||
Disajikan teks sastra, peserta didik dapat menentukan tema dalam cerita | |||
Penalaran | Menentukan nilai-nilai cerita | Disajikan teks cerita, peserta didik dapat menentukan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | |
Menentukan keteladanan tokoh cerita | Disajikan teks cerita, peserta didik dapat menentukan keteladanan tokoh | ||
Menulis Terbatas | Pengetahuan dan Pemahaman | Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ ungkapan/peribahasa | Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan istilah |
Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi kata | |||
Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan peribahasa | |||
Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan ungkapan | |||
Aplikasi | Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/ membuat sesuatu) | Disajikan urutan gambar, siswa dapat menyusun petunjuk membuat sesuatu | |
Disajikan urutan gambar, siswa dapat menyusun petunjuk menggunakan sesuatu | |||
Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi) | Disajikan kalimat acak, peserta didik dapat menyusun berbagai teks deskripsi,menjadi padu | ||
Disajikan kalimat acak, peserta didik dapat menyusun berbagai teks narasi menjadi padu | |||
Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan | Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kata bentukan | ||
Penalaran | Memperbaiki penulisan /penggunaan istilah/ kata | Disajikan penulisan istilah yang salah pada kalimat, peserta didik dapat memperbaiki penulisan istilah tersebut | |
Disajikan penggunaan kata yang salah pada kalimat, peserta didik dapat memperbaiki penulisan kata tersebut | |||
Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf | Disajikan kalimat yang salah pada paragraf, peserta didik dapat memperbaiki kalimat tersebut | ||
Menyunting kata/istilah, frasa, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca | Pengetahuan dan pemahaman | Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan | Disajikan penggunaan ejaaan yang salah pada kalimat, peserta didik dapat menunjukkan kesalahan ejaan tersebut |
menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca | Disajikan penggunaan tanda baca yang salah pada kalimat, peserta didik dapat menunjukkan kesalahan tanda baca tersebut | ||
Aplikasi | Menggunakan ejaan | Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat dengan ejaan yang benar | |
Menggunakan tanda baca | Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat dengan tanda baca yang benar | ||
Penalaran | Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan | Disajikan kalimat yang salah ejaannya, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan tersebut | |
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca | Disajikan kalimat yang salah tanda bacanya, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan tanda baca tersebut |
Contoh Soal Ujian Sekolah Kelas 6 Bahasa Indonesia & Jawaban
Berikut contoh soal Bahasa Indonesia kelas 6 SD yang disajikan dalam bentuk pilihan ganda disertai kunci jawaban yang dicetak tebal.
1. Bacalah penggalan pidato berikut !
Hadirin yang saya hormati.
Sejak zaman dahulu, banyak tumbuhan yang digunakan untuk mengobati penyakit. Tumbuhan tersebut dinamakan tanaman obat karena memiliki khasiat sebagai tanaman untuk memenuhi keperluan akan obat-obatan. Salah satu tanaman yang digunakan sebagai obat adalah lidah buaya. Lidah buaya dapat mengobati luka bakar. Selain itu, lidah buaya juga dapat diolah menjadi minuman segar dan agar-agar yang baik untuk pencernaan.
Isi kutipan pidato tersebut adalah ....
a. Pengertian dan manfaat tanaman obat bagi kesehatan
b. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan
c. Proses pengolahan lidah buaya menjadi minuman segar
d. Cara menanam tumbuhan obat yaitu lidah buaya
2. Susunan naskah pidato yang benar adalah ....
a. pembukaan, isi, penutup
b. pembukaan, kesimpulan, penutup
c. isi, pembukaan, penutup
d. kesimpulan, isi, pembukaan
3. Di bawah ini merupakan penutup pidato yang tepat yaitu ....
a. Selamat siang dan salam sejahtera hadirin sekalian.
b. Kami akan selalu memberikan yang terbaik untuk sekolah ini.
c. Kami selaku panitia berharap acara ini berjalan dengan lancar meskipun masih banyak kekurangan. Oleh karena itu kami mohon maaf atas ketidaksempurnaan ini.
d. Akhir kata kami beserta teman-teman panitia acara ini mengucapkan selamat menikmati rangkaian acara yang telah kami persiapkan.
4. Hal pertama kali yang harus diperhatikan ketika menulis surat resmi adalah ....
a. tujuan surat
b. nomor surat
c. kepala surat
d. kota dan tanggal surat
5. Penulisan kota pengirim dan tanggal tahun pembuatan surat resmi yang tepat adalah ....
a. Jakarta - 1 Mei 2017
b. Jakarta, 1 - Mei 2017
c. Jakarta, 1 Mei 2017
d. Jakarta 1 Mei 2017
6. Bagian yang harus ada dalam surat resmi tetapi tidak ada dalam surat pribadi adalah ....
a. tanggal surat
b. nomor surat
c. alamat yang dituju
d. isi surat
7. Bu Siti seorang pembuat kue yang sukses. Segala jenis kue yang dibuatnya rasanya enak dan laris manis ketika dijual.
Ungkapan yang sesuai dengan gambaran tersebut adalah ....
a. berdarah dingin
b. bertangan dingin
c. ringan tangan
d. panjang tangan
8. Anak kembar yang masih duduk di bangku sekolah dasar itu memiliki sifat yang berlawanan. Rino salah satu dari anak kembar itu sangat baik dan rajin membantu orang tuanya bekerja di pasar. Sementara, Roni sepanjang hari kerjanya hanya bermain ponsel. Ia juga sering memaksa orang tuanya untuk membelikan pulsa dan menuruti semua keinginannya.
9. Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
a. Anak kembar yang masih duduk di bangku sekolah dasar itu memiliki sifat yang berlawanan.
b. Rino salah satu dari anak kembar itu sangat baik dan rajin membantu orang tuanya bekerja di pasar.
c. Sementara, Roni sepanjang hari kerjanya hanya bermain ponsel.
d. Ia juga sering memaksa orang tuanya untuk membelikan pulsa dan menuruti semua keinginannya.
10. Berikut ini yang termasuk unsur-unsur drama adalah ....
a. tokoh, watak, dan amanat
b. tema, bait, dan latar
c. watak, tokoh, dan bait
d. alur, latar, dan bait
11. Puisi merupakan karangan yang terikat oleh ....
a. bait, rima, dan irama
b. bait, jumlah bait, sajak
c. bait, jumlah larik tiap bait, sajak, dan irama
d. bait, sajak, rima, irama
12. Perhatikan kutipan puisi di bawah ini !
Dengarlah wahai ananda
Rajinlah belajar di mana saja
Ilmu tiada pernah habis dieja
Sebagai bekal di hari tua
Makna dari penggalan puisi di atas adalah ....
a. rajin belajar di mana saja
b. pesan orang tua kepada anaknya agar rajin belajar
c. ilmu untuk bekal di hari tua
d. anak yang rajin belajar
13. Hal yang perlu diperhatikan saat membaca puisi adalah ....
a. gaya dan jeda
b. gaya, ekspresi, jeda
c. intonasi, jeda, ekspresi
d. intonasi dan tanda baca
14. Cara pengucapan bunyi bahasa pada puisi disebut ....
a. lafal
b. intonasi
c. ekspresi
d. notasi
15. Pendengar yang budiman di mana pun anda berada. Mengawali pagi yang cerah ini, sejumlah informasi sudah kami siapkan untuk menemani suasana pagi anda selama dua jam ke depan dengan selingan lagu-lagu nostalgia.
Informasi tersebut diperoleh melalui ....
a. internet
b. radio
c. televisi
d. media massa
16. Ide pokok dari suatu bacaan disebut ....
a. tema
b. judul
c. ringkasan
d. kesimpulan
17. Drama yang di dalamnya berisi nyanyian dan musik disebut ....
a. komedi
b. sinetron
c. opera
d. pantomim
18. Buah mangga buah mengkudu
Ditanam orang di dekat tugu
Sungguh indah tanah airku
Walaupun jauh tetap kurindu
Tema dari puisi di atas adalah ....
a. cinta mangga dan mengkudu
b. cinta pada guru
c. cinta sesama
d. cinta tanah air
19. Pesan moral yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui karyanya disebut ....
a. alur
b. tema
c. amanat
d. nasihat
20. Keluarga Andi sangat baik. Mereka tinggal di desa Sukasari. Setiap ada tetangga yang kesulitan, mereka selalu membantunya dengan ikhlas. Mereka tidak pernah mengharapkan balas budi dari tetangga-tetangga yang pernah mereka bantu.
Jenis paragraf di atas adalah ....
a. narasi
b. deskripsi
c. eksposisi
d. persuasi
21. Karnivora adalah hewan pemakan daging. Ciri-ciri hewan jenis ini yaitu memiliki gigi yang sangat tajam dan rahang yang sangat kuat. Gigi dan rahang itu digunakan untuk mengoyak daging mangsanya. Hewan yang termasuk ke dalam golongan karnivora diantaranya adalah , kucing, harimau, singa, buaya, anjing, dan serigala.
Jenis paragraf di atas adalah ....
a. narasi
b. deskripsi
c. eksposisi
d. persuasi
Penulis: Risa Fajar Kusuma
Editor: Fadli Nasrudin