tirto.id - Kemenpan RB merilis materi pokok soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan Computer Assisted Test (CAT) untuk formasi Guru Ahli Pertama.
Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) merupakan rangkaian ujian kedua yang harus dilalui oleh peserta CPNS 2024 setelah dinyatakan lulus pada ujian sebelumnya yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
Jika tidak ada perubahan jadwal, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan digelar setelah pengumuman hasil SKD CPNS 2024 dirilis.
Pelaksanaan SKB non-CAT dijadwalkan pada 20 November hingga 17 Desember 2024. Untuk SKB CAT akan dilaksanakan pada 9-20 Desember 2024 mendatang.
Kisi-Kisi Materi Pokok SKB Guru Ahli Pertama CPNS 2024
Seluruh peserta CPNS 2024 perlu memahami kisi-kisi materi pokok pada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) agar dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.
Materi pokok soal SKB dengan CAT pada formasi Guru Ahli Pertama CPNS 2024 mencakup konsep maupun materi suatu disiplin ilmu yang relevan, teori-teori belajar, profil pelajar pancasila hingga perencanaan karir dan pengembangan potensi diri.
Berikut ini merupakan kisi-kisi materi pokok SKB Guru Ahli Pertama CPNS 2024:
1. Konsep suatu disiplin ilmu yang relevan;
2. Materi suatu disiplin ilmu yang relevan;
3. Hirarki konsep dan materi suatu disiplin ilmu;
4. Prasyarat dari suatu disiplin ilmu yang relevan;
5. Keterkaitan suatu konsep dengan konsep yang lain;
6. Konsep-konsep yang berkaitan dengan suatu disiplin;
7. Teori belajar Ausubel;
8. Teori belajar Gagne;
9. Teori belajar Piaget;
10. Karakteristik murid berkebutuhan khusus;
11. Tahapan perkembangan berdasarkan usia dan karakteristik khas masing-masing tahap;
12. Teori belajar Gagne: Taksonomi Bloom dan perkembangannya;
13. Profil Pelajar Indonesia;
14. Teori Belajar Gagne;
15. Learning Objective;
16. Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning;
17. Teori dasar komunikasi;
18. Active listening;
19. Kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar;
20. Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan;
21. Mengembangkan motivasi siswa;
22. Behavior modification & habit formation;
23. Prinsip-prinsip reward, punishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku;
24. Desain pembelajaran;
25. Facilitating learning;
26. Berpikir kritis;
27. Berbagai teknik asesmen di tingkat kelas (classroom-based assessment) sesuai dengan tujuan pembelajaran;
28. Konsep dan prinsip assessment as learning dan assessment for learning;
29. Pemanfaatan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran (feedback)
30. Program remedial dan program pengayaan berdasarkan hasil asesmen
31. Refleksi;
32. Procedural & declarative knowledge;
33. Working memory & long-term memory;
34. Kode etik guru;
35. Interaksi guru-murid;
36. School safety;
37. Diversity;
38. Pengertian dan pengembangan potensi;
39. Perencanaan karir dan pengembangan potensi diri.
Sistem dan Mekanisme Penilaian Tes SKB CPNS 2024
Sistem penilaian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2024 terdiri dari dua metode, yakni berbasis Computer Assisted Test (CAT) dan non-CAT.
Perbedaan keduanya adalah dalam hal pelaksanaan dan proses penilaiannya. SKB CAT penilaiannya menggunakan komputer sehingga lebih objektif, efisien, dan transparan.
SKB non-CAT penilaiannya berdasarkan hasil penilaian panelis melalui interaksi langsung.
SKB CAT biasanya digunakan untuk menguji tes kompetensi akademis, sedangkan untuk non-CAT digunakan untuk melihat kemampuan komunikasi dan karakter peserta melalui wawancara, psikologi, tes kesamaptaan, dan tes lainnya yang sesuai dengan bidang masing-masing.
Bobot penilaian SKB sendiri adalah sebesar 60% dari total keseluruhan nilai yang diperoleh. Sedangkan untuk SKD hanya 40% saja. Sehingga memahami materi SKB sangat penting agar nantinya lulus menjadi CPNS 2024.
Penulis: Robiatul Kamelia
Editor: Dipna Videlia Putsanra