Kenang 40 Tahun Album Back In Black, AC/DC Rilis Video Dokumenter

Oleh: Alexander Haryanto - 15 Juli 2020
AC/DC meluncurkan sebuah seri dokumenter baru untuk mengenang 40 tahun album Back In Back.
tirto.id - Untuk mengenang 40 tahun album Back In Black, band AC/DC meluncurkan sebuah seri dokumenter baru yang berkisah tentang proses penciptaan album tersebut. Dalam episode perdananya, band tersebut membedah lagu "You Shook Me All Night Long".

Back In Back adalah album ketujuh AC/DC yang dirilis pada 25 Juli 1980. Ini adalah album pertama mereka tanpa vokalis Bon Scott yang meninggal bulan Februari 1980, posisi tersebut kemudian diganti oleh Brian Johnson.

Seperti dilansir NME, dalam dokumenter tersebut, mereka membedah lagu "You Shook Me All Night Long" yang menggangkat kembali reputasi band ini setelah ditinggal vokalis lama, sekaligus meneguhkan bahwa AC/DC tidak kehilanggan penggemar meskipun digantikan oleh Brian Johnson.

Film dokumenter ini juga memperlihatkan Johnson yang membahas peran mendiang sang gitaris Malcolm Young dalam menentukan lirik akhir dan isian gitar dari lagu tersebut. Diperkirakan, dokumenter ini akan memuat banyak episode menjelang peringatan 40 tahun Back In Black pada 25 Juli mendatang.

Awal bulan ini, muncul sebuah wawancara almarhum sekaligus mantan pentolan Motörhead, Lemmy terkait cara pandangnya terhadap AC/DC. Wawancara itu itu direkam kembali pada tahun 2015

"AC/DC adalah band rock and roll; mereka seperti kami," ungkap Lemmy. "Kami tidak bermain metal. AC/DC tidak bermain metal."

Namun, kata Lemmy, AC/DC mampu menjadi band sekelas internasional, sementara Motörhead hanya mampu meraih keberhasilan besar di Inggris.

Awal tahun ini, penggemar AC/DC juga memecahkan Guinness World Record setelah hampir 4.000 orang memainkan gitar untuk lagu 'Highway To Hell'. Acara itu diadakan di kota asal band, Perth, Australia, dalam rangka memperingati 40 tahun kematian anggota band sekaligus pendiri Bon Scott.


Baca juga artikel terkait MUSISI DUNIA atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight