Kapolri hingga KSAD Antar Yudo Margono Uji Kelayakan di DPR

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 2 Des 2022 13:47 WIB
Acara fit and proper test akan dimulai dari proses pengecekan data pribadi Yudo Margono oleh masing-masing fraksi di Komisi I DPR.
tirto.id - Calon tunggal Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tiba di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (2/12/2022) untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test yang diselenggarakan Komisi I DPR.

Berdasarkan pantauan Tirto di lokasi, Yudo nampak didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Acara fit and proper test rencananya akan dimulai dari proses pengecekan data pribadi Yudo Margono oleh masing-masing fraksi di Komisi I DPR RI.


Menurut Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, data yang diperiksa terdiri dari laporan harta kekayaan, identitas diri hingga prestasi yang tercatat dalam daftar riwayat hidup.

Selain itu, Meutya menambahkan, pertanyaan kepada Yudo tidak hanya berkaitan mengenai isu pertahanan, namun juga kesejahteraan prajurit yang kerap menjadi sorotan.

Walaupun masa jabatan Yudo hanya berkisar 11 bulan, namun Meutya berharap dia dapat menyelesaikan seluruh isu persoalan yang ada di dalam TNI secara signifikan.

"Kita harapkan dalam waktu singkat beliau bisa menyelesaikan sejumlah permasalahan yang ada di dalam tubuh TNI," jelas Meutya.

Presiden Jokowi memilih KSAL Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Andika memasuki masa pensiun pada akhir Desember 2022 mendatang.

Nama Yudo telah dikirim Presiden Jokowi melalui Surat Presiden (Surpres). Pengumuman Yudo sebagai calon tunggal Panglima TNI disampaikan langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.


Baca juga artikel terkait UJI KELAYAKAN CALON PANGLIMA TNI atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight