Jokowi Lantik Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 22 Nov 2023 09:13 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Agus Subiyanto meninggalkan jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dan menggantikan Laksamana Yudo Margiono yang memasuki usia pensiun pada November ini.
tirto.id - Presiden Joko Widodo melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Pelantikan Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Keppres Nomor 102/TNI Tahun 2023. Keppres itu juga mengatur pemberhentian Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

Jokowi memimpin pengambilan sumpah dalam pelantikan Agus Subiyanto selaku orang nomor satu di TNI.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Agus mengucapkan sumpah jabatan yang didiktekan Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," lanjut Agus.

Pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen oleh Agus yang disaksikan Menkopolhukam Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Kemudian, penanggalan dan penyematan tanda pangkat serta jabatan. Lalu, dilanjutkan penyerahan tongkat komando panglima TNI kepada Agus Subiyanto.

Hadir dalam pelantikan tersebut antara lain Wantimpres Wiranto, Anggota Wantimpres Gandi Sulistyo, Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco, Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, mantan Panglima Laksamana Yudo Margono, KSAL Laksamana M. Ali, dan KSAU Marsekal Fajar Prasetyo.

Agus Subiyanto meninggalkan jabatan sebelumnya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dan menggantikan Laksamana Yudo Margiono yang memasuki usia pensiun pada 26 November 2023.

Bulan lalu, yakni 27 Oktober 2023, Jokowi baru melantik Agus Subiyanto sebagai KSAD. Sepekan berselang, Jokowi mengusulkan Agus sebagai calon tunggal Panglima TNI kepada DPR RI.

Kemarin, Selasa (21/11/2023), DPR menggelar rapat paripurna untuk menyetujui pelantikan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Persetujuan itu dilakukan setelah Komisi I DPR melaksanakan tes kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Agus selaku calon panglima TNI.

Pria kelahiran 5 Agustus 1967 ini pernah menjadi Dandim 0735/Surakartapada 2009-2011 atau saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo. Ia juga pernah menjadi Danpaspampres, Pangdam Siliwangi dan Danrem 061/Suryakencana.


Baca juga artikel terkait PANGLIMA TNI AGUS SUBIYANTO atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight