Kejuaraan Dunia Wushu Junior

Jokowi Harap Atlet Wushu Internasional Lebih Mengenal Indonesia

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 6 Des 2022 08:09 WIB
Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 dijadwalkan berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada 5 sampai 11 Desember 2022.
tirto.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-8 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Senin (5/12/2022) malam. Jokowi mengucapkan selamat datang di Indonesia kepada delegasi 60 negara dari 5 benua.

"Memang kehadiran bapak, ibu, dan saudara-saudara ke Indonesia adalah untuk bertanding, tetapi saya sangat mengharapkan kehadiran bapak, ibu, dan saudara-saudara sekalian di Indonesia saat ini agar juga dimanfaatkan untuk lebih dekat mengenal Indonesia," Kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan kompetisi Wushu kali ini bukan hanya sekadar bertanding, tetapi juga mempererat hubungan antarbangsa. Hal itu sesuai dengan semangat kebersamaan di tengah perbedaan atau unity in diversity.


"Oleh karena itu, saya ingin mengajak seluruh atlet untuk berlaga dengan gembira, bertanding secara sportif, menunjukkan kemampuan terbaik untuk meraih medali yang diharapkan," Kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mendapatkan Honorary 9th Duan of The International Wushu Federation (IWUF) Grading yang merupakan penghargaan peringkat tertinggi dari sistem penilaian wushu. Penghargaan itu diberikan sebagai pengakuan atas dukungan luar biasa dan kontribusi Jokowi untuk olahraga wushu.

Turut mendampingi Jokowi dalam acara tersebut, yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia Airlangga Hartarto, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Vice President International Wushu Federation Anthony Goh, dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 dijadwalkan berlangsung di ICE BSD pada 5 sampai 11 Desember 2022. Indonesia selaku tuan rumah menurunkan 23 atlet pada kejuaraan tersebut.



Baca juga artikel terkait WUSHU atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight