Jadwal Semifinal Piala AFF 2018 Leg 1 Prediksi Malaysia vs Thailand

Oleh: Fitra Firdaus - 30 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal semifinal Piala AFF 2018 leg pertama pada Sabtu (1/12/2018) akan mempertemukan Malaysia vs Thailand di Stadion Bukit Jalil. Berdasarkan prediksi, pertandingan dapat saja menjadi milik tuan rumah.
tirto.id - Jadwal semifinal Piala AFF 2018 leg pertama antara Malaysia vs Thailand terjadi pada Sabtu (1/12) pukul 19.45 WIB. Tampil di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Harimau Malaya yang kurang meyakinkan sepanjang babak penyisihan grup, layak memanfaatkan posisi mereka sebagai tuan rumah.

Malaysia lolos ke semifinal Piala AFF 2018 setelah menjadi juara Grup A. Mereka memastikan tiket terakhir berkat kemenangan 3-0 atas Myanmar pada Sabtu (24/11). Di satu sisi, penampilan Harimau Malaya yang sempat takluk 2-0 di kandang Vietnam dan hanya menang tipis 1-0 dari Kamboja terlihat rentan.

Namun, faktanya tim asuhan Tan Cheng Hoe mencatatkan dua kemenangan di kandang, dengan mencetak total 6 gol. Pelatih Thailand, Milovan Rajevac menegaskan pada Jumat (30/11), timnya siap bertarung di depan atmosfer panas suporter Malaysia di Bukit Jalil.

"Bermain tandang bukan masalah bagi kami. Terakhir kali, Malaysia mengalahkan Myanmar 3-0, saya dan seluruh pemain sudah menonton. Kami mempelajari laga itu. Bagus juga kami tampil di depan fans (Malaysia) sebanyak itu," kata Rajevac dikutip situs resmi klub.

Thailand sendiri belum benar-benar teruji dalam laga tandang di Piala AFF. Memang di Grup B, mereka tercatat tampil di partai away dua kali. Namun, Tim Gajah Perang hanya bermain imbang 1-1 kontra tuan rumah Filipina. Selain itu, mereka memang menang 0-7 dari Timor Leste, tetapi laga digelar di Stadion Rajamangala.

Menghadapi Malaysia, tim tamu layak waspada. Harimau Malaya mampu kembali menembus ke semifinal Piala AFF setelah gagal pada 2016. Tim ini juga membawa para penggawa yang sudah cukup terlatih di Kejuaraan AFC U-23 dan Asian Games tahun ini.

Mimpi Malaysia adalah mengulang kejadian kala mereka juara Piala AFF 2010. Ketika itu, Harimau Malaya sempat tumbang 5-1 dari Indonesia di laga perdana, tetapi kemudian bisa menaklukkan lawan yang sama di final dengan agregat 4-2.

"Tentu saja pada 2010 kami adalah juara, tetapi sekarang lembaran baru dibuka. Kami harus maju dan menang lagi, bekerja lebih keras dan bermain sebagai tim. Saya lalu berharap mungkin pada 2018 kami bisa juara lagi," kata kapten Malaysia, Zaquan Adha dikutip situsweb resmi Piala AFF pada Minggu (25/11).




Prediksi Pertandingan
Thailand tidak terkalahkan di penyisihan grup dengan 10 poin, mencetak 3 kemenangan dan 1 seri. Selain itu, Tim Gajah Perang memiliki Adisak Kraisorn yang di Piala AFF ini sudah mengemas 8 gol dan menjadi top skor turnamen. Ia tercatat hanya gagal membobol gawang lawan ketika Thailand bertemu Filipina.

Sementara itu, Malaysia memiliki Norshahrul Idlan dan Mohd Zaquan Adhan, duet yang mengemas seluruh gol mereka di babak penyisihan. Tantangan bagi Harimau Malaya adalah memproduksi penampilan seperti ketika melawan Myanmar. Modal mereka adalah kenangan pada semifinal Piala AFF 2014, kala mengalahkan Thailand 3-2 di Bukit Jalil.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight