Hasil Thailand vs Singapura Skor 3-0, Juara Grup B Piala AFF 2018

Oleh: Fitra Firdaus - 25 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 3-0 yang menjadi hasil Thailand vs Singapura pada Minggu (25/11/2018) memastikan tuan rumah keluar sebagai juara Grup B Piala AFF 2018
tirto.id - Gol Adisak Kraisorn dan Supachai Jaided ditambah bunuh diri Irfan Fandi menjadi penentu hasil Thailand vs Singapura yang ditutup dengan skor akhir 3-0. Bermain di Stadion Rajamangala, Bangkok, tuan rumah mendapatkan tambahan tiga angka sekaligus lolos ke semifinal dengan status juara Grup B.

Tim asuhan Milovan Rajevac total memiliki 10 angka, hasil dari 3 kemenangan dan 1 imbang. Mereka akan berjumpa dengan Malaysia sang runner-up Grup A di babak semifinal Piala AFF 2018. Sementara itu, Singapura otomatis tidak lolos karena hanya mengoleksi 6 poin, dua angka lebih buruk dari Filipina.

Thailand sendiri turun dengan formasi 4-3-3 sejak menit pertama. Menghadapi Singapura yang bermain dengan pola 4-4-1-1, tuan rumah sudah mengancam pad menit ketiga. Ketika itu, dari skema tendangan sudut, Supachai Jaided berhasil menanduk bola, meski masih tidak terarah.

Tekanan The War Elephant terus berlanjut melalui umpan silang Thitipan Puangchan. Lalu, menit ke-13, tuan rumah berhasil membobol gawang Hassan Sunny ketika Irfan Fandi melakukan gol bunuh diri. Singapura tertinggal, dan kesulitan untuk lepas dari dominasi Thailand.

Tidak butuh waktu lama untuk tuan rumah menggandakan kedudukan. Berselang 11 menit, Supachai Jaided memanfaatkan kesalahan bek kanan tim tamu, Zulqarnaen Suzliman menjadi gol.

Skor sudah 2-0, bahkan kedudukan bisa lebih besar lagi andai top skor sementara turnamen, Adisak Kraisorn bisa menyelesaikan peluang pada menit ke-33. Sosok yang sama kembali tak menemui jalan di ujung babak pertama.

Menit ke-47, giliran Sanrawat Dechmirt menjajal kemampuan Hassan Sunny dari luar kotak penalti. Sementara, Singapura yang seharusnya lebih berambisi untuk mencari kemenangan tampak putus asa, terlihat dari tendangan bebas Ikhsan Fandi yang masih tidak menemui sasaran.

Adisak Kraison melengkapi kemenangan Thailand ketika pertandingan memasuki menit ke-89. Hal ini membuatnya total mencetak 8 gol sepanjang kompetisi. The War Elephant tampak menjanjikan untuk perburuan gelar juara, sementara Singapura tenggelam di laga ini.

Pencetak Gol: Irfan Fandi 12 b.d., Supachai Jaided 23, Adisak Kraisorn 89

Thailand (4-3-3): Chatchai Budprom; Mika Chunuonsee, Chalermpong Kerdkaew, Pansa Hemviboon, Korakod Wiriyaudomsiri; Sanrawat Dechmitr (Pakorn Prempak 90), Thitipan Puangchan, Tanaboon Kesarat, Nurul Sriyarngem (Pokklaw Anan 56), Adisak Kraisorn (Philip Roller 90), Supachai Jaided

Singapura (4-4-1-1): Hassan Sunny; Zulfahmi Arifin, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Zulqarnaen Suzliman (Faris Ramli 46); Shakir Hamzah, Hariss Harun, Nazrul Nazari (Faritz Hameed 79), Izzdin Shafiq; Gabriel Quak Jun Yi (Baihakki Khaizan 67), Ikhsan Fandi

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight