Menuju konten utama

Jadwal Operasional Bank saat Lebaran 2024: BNI, Mandiri, dan BSI

Berikut ini jadwal libur bank Mandiri, BSI, dan BNI selama Lebaran di tanggal merah dan cuti bersama.

Jadwal Operasional Bank saat Lebaran 2024: BNI, Mandiri, dan BSI
Petugas melayani warga saat menukarkan uang pecahan kecil pada program Semarak Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024 di Medan, Sumatera Utara, Senin (25/3/2024). ANTARA FOTO/Yudi Manar/YU

tirto.id - Lebaran Idul Fitri 2024 diprediksi akan jatuh pada tanggal 10 April 2024 menurut Muhammadiyah sementara tanggal resmi oleh Pemerintah akan ditetapkan disetelah sidang isbat pada 9 April 2024.

Selain menetapkan kapan jatuhnya Idul Fitri 2024, Pemerintah juga mengeluarkan Surat Keputusan Bersama yang isinya adalah penetapan libur nasional dan cuti bersama 2024 termasuk untuk momen Lebaran kali ini.

Pada lebaran kali ini, total ada 10 hari libur dan cuti bersama, termasuk akhir pekan, yang dimulai dari Sabtu, 6 April 2024, hingga Senin, 15 April 2024.

Libur Lebaran 2024 akan berlangsung pada tanggal 10 dan 11 April 2024, sementara cuti bersama akan dimulai dari tanggal 8 hingga 15 April 2024.

Jadwal Operasional Bank saat Libur Lebaran

Dikarenakan terdapat libur dan cuti bersama Lebaran 2024, sejumlah bank juga akan mengikuti dan menetapkan jadwal libur mereka.

Bank-bank umumnya akan menyesuaikan jadwal operasional mereka dengan jadwal libur nasional, sehingga beberapa cabang bank mungkin akan tutup sementara selama perayaan dan libur Lebaran tersebut.

Hal ini tentunya penting untuk diperhatikan oleh masyarakat agar dapat melakukan transaksi keuangan yang diperlukan sebelum atau setelah tanggal-tanggal tersebut.

Berikut adalah informasi mengenai jadwal operasional beberapa bank saat libur lebaran 2024:

BSI

Selama periode libur dan cuti bersama Idul Fitri 2024, Bank Syariah Indonesia (BSI) mengumumkan bahwa kantor cabang mereka akan tetap melayani nasabah pada tanggal 8 hingga 15 April 2024 dengan layanan sebagai berikut:

-Pembayaran Pertamina dan institusi lainnya.

-Setoran tunai/cek atau BG non-kliring.

-Penarikan tunai/cek atau BG non-kliring.

-Pembukaan rekening.

-Penanganan keluhan (complaint handling).

-Transaksi lainnya, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Selain itu BSI juga masih mengoperasikan beberapa layanan tambahan yang bisa diakses melalui e-channelnya, yaitu:

-BSI Mobile

-Internet banking

-ATM

-CRM (Customer Relationship Management)

-Cash Management System

BNI

Bank Negara Indonesia (BNI) akan mengadakan penyesuaian jam operasional terbatas, dan berikut adalah operasional yang disediakan BNI selama libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah:

-Setoran

-Penarikan dengan nilai maksimal Rp 25 juta/rekening

-Pemindahbukuan antar BNI

-Pembayaran BBM Pertamina

-Pembayaran pajak

-Maintenance rekening dan transaksi lainnya.

Akses Kemudahan Transaksi Tambahan:

-BNI Mobile Banking

-Internet/SMS Banking

-BNI Direct (untuk nasabah non-perorangan)

-QRIS

-Kartu Debit

Customer Experience Center (CX-Center):

Selain beberapa layanan di atas, CX-Center BNI juga akan beroperasi 24 jam untuk melayani nasabah selama libur panjang. Jumlah pegawai yang bertugas dalam layanan tersebut lebih dari 250 orang per hari, sehingga Voice of Customer dapat dilayani dari berbagai channel.

Mandiri

Selama periode Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dan libur Lebaran 2024, Bank Mandiri tetap menyediakan layanan perbankan bagi para nasabah dengan mengoperasikan beberapa cabang untuk memberikan layanan khusus yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan transaksi para nasabah selama Libur Lebaran.

Adapun layanan khusus yang dimaksud adalah Nasabah dapat mengakses informasi lebih detail mengenai layanan khusus Bank Mandiri selama periode libur Lebaran melalui bmri.id/layananlebaran.

Selain layanan khusus tersebut, Mandiri juga memberikan beberapa layanan lain selama libur dan cuti bersama Lebaran 2024 yaitu:

1.Layanan Digital Bank Mandiri, di mana nasabah dapat memanfaatkan layanan digital Bank Mandiri seperti Livin’ by Mandiri untuk nasabah ritel dan Kopra by Mandiri khusus nasabah wholesale.

2.Layanan LAJU (Layanan Antar Jemput Uang) untuk transaksi tunai di atas Rp 100 juta bagi nasabah yang telah terdaftar dapat memanfaatkan Layanan Antar Jemput Uang (LAJU) melalui Kopra by Mandiri.

3.Layanan E-Channel Bank Mandiri agar nasabah tetap dapat menggunakan e-channel Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan transaksi, seperti mesin ATM/ATM Setor Tarik dan Electronic Data Capture (EDC) di lokasi strategis seperti rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU, dan tempat wisata.

4.Distribusi Kartu Mandiri E-Money yang ditujukan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu Mandiri e-money di mana Bank Mandiri telah menyiapkan stok kartu hingga 975.000 kartu.

Kartu-kartu tersebut dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin by Mandiri, toko retail (Indomaret, Alfamart, dll.), outlet resmi Bank Mandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

Baca juga artikel terkait JADWAL LIBUR BANK atau tulisan lainnya dari Fajri Ramdhan

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Fajri Ramdhan
Penulis: Fajri Ramdhan
Editor: Dipna Videlia Putsanra