Jadwal Liga 1 2020: Kick-Off Awal 2021 Atau Kompetisi Dihentikan?

Oleh: Iswara N Raditya - 5 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
PSSI akan menggelar rapat Exco untuk menentukan nasib Liga 1 dan Liga 2 2020.
tirto.id - Jadwal kick-off Shopee Liga 1 2020 diharapkan bisa dimulai pada awal 2021. Namun, hingga saat ini belum ada kepastian terkait izin dari kepolisian untuk kembali menggelar kompetisi Liga 1 dan 2 2020 lantaran situasi pandemi COVID-19. Lantas, apa yang akan dilakukan oleh PSSI?

Semula, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator berniat melanjutkan kompetisi mulai 1 Oktober 2020. Namun, dua hari jelang kick-off, Liga 1 2020 terpaksa batal lanjut karena tidak mendapatkan izin keramaian dari kepolisian.

Demikian pula dengan dua opsi berikutnya yang diharapkan kompetisi bisa digelar lagi mulai 1 November atau 1 Desember 2020, pihak kepolisian masih belum memberikan izin. Opsi ketiga yang kemudian dicanangkan adalah Liga 1 dapat digulirkan mulai awal tahun 2021 kendati hingga kini belum jelas juga kepastiannya.

“Terkait kompetisi dalam hal ini Liga 1 dan 2 yang belum jalan, rapat Komite Eksekutif (Exco) terakhir memutuskan liga rencana akan diputar oleh PT LIB di bulan Februari 2021. Situasi terkini COVID-19 akan menjadi faktor penentu apakah liga bisa dijalankan atau tidak. Cabang olahraga lain pun demikian. Untuk menyelenggarakan kejurnas juga sulit,” sebut Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi dikutip dari laman resmi federasi, Minggu (3/1/2021).

PSSI akan segera melakukan tindakan dengan mengadakan rapat Exco untuk mengambil keputusan terkait nasib Liga 1 dan Liga 2 2020, antara tetap dilanjutkan jika mendapatkan izin dari kepolisian atau dihentikan.

”PSSI menjadwalkan untuk menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) di pertengahan Januari 2021 untuk memutuskan kelanjutan Liga 1 dan 2 atau memberhentikan liga musim kompetisi 2020 berdasarkan situasi terkini," beber Yunus.


Apabila kompetisi diperbolehkan lanjut, PSSI memastikan akan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat karena masih dalam pandemi COVID-19. Panduan protokol kesehatan untuk kompetisi sudah dibuatkan regulasi serta diberikan kepada klub.

Sebaliknya, jika kompetisi musim 2020 harus dihentikan, maka PSSI akan merancang rencana berikutnya untuk menjalankan kompetisi musim 2021. PSSI, kata Yunus Nusi, sudah berusaha maksimal dengan berkirim surat dan menjalin komunikasi dengan kepolisian, baik pusat maupun daerah. Namun, PSSI tetap akan menghormati keputusan pihak yang berwenang.

"Semua kembali ke kepolisian karena izin pada mereka. Jika kepolisian tidak mengeluarkan izin, kita tidak bisa apa-apa. Kita wajib tunduk dan patuh pada aturan,” tandas Yunus Nusi.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2020 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight