Jadi Ketum Partai Nasdem Lagi, Paloh: "Sebenarnya Tahu Diri"

- 10 November 2019
Surya Paloh dipilih lagi sebagai Ketua Umum Partai Nasdem. Dia mengatakan akan mengemban kepercayaan sebaik mungkin.
tirto.id - Surya Paloh terpilih lagi sebagai Ketua Umum Partai Nasdem periode 2019-2024. Ia ditunjuk oleh 34 DPW partai dalam sidang pleno ke-4 yang digelar Sabtu (9/11/2019) lalu.

Dalam pidato di lokasi kongres JIExpo, Jakarta, Ahad (10/11/2019), Surya mengaku "sebenarnya harusnya tahu diri" karena sudah berusia 68 tahun dan punya karier politik panjang.

"Tapi," katanya, seperti dikutip dari Antara, "saya yakin kepercayaan dan keyakinan hati teman-teman ini mungkin mereka lihat saya masih fresh, ya Insya Allah barangkali saya akan menjalankan amanah ini sebaik-baiknya."

Surya Paloh sebelumnya memimpin Partai Nasdem sejak 25 Januari 2013. Ia menggantikan Patrice Rio Capella. Di bawah komandonya suara Nasdem dari Pileg 2014 ke Pileg 2019 naik, dari 6,72 persen menjadi 9,05 persen.

Dalam kesempatan yang sama Surya mengucapkan terima kasih kepada semua kader yang telah memilihnya. Dia juga "merasa tersanjung dan terhormat" karena diberi kepercayaan itu.

Dalam lima tahun ke depan dia mengatakan berjanji akan memperkuat kerja kolektif partai dan memperbaiki segala kekurangan guna membangun manajemen yang lebih baik.

"Misi besar partai ini adalah agar kehadirannya memberikan sesuatu yang berarti bagi negara, masyarakat, bangsa. Itulah komitmen moral dalam profesionalisme yang dimiliki oleh para kader partai ini. Itu janji saya sebagai pemimpin," kata dia.

Tak hanya jadi ketua umum, tujuh DPW Partai Nasdem bahkan mengusulkan Surya menjadi calon presiden pada 2024. Tapi karena agenda kongres bukan itu, usul tersebut tidak ditindaklanjuti.


Baca juga artikel terkait KONGRES NASDEM atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Penulis:
Editor: Rio Apinino
DarkLight