Hasil Pilpres 2019: Jokowi-Ma'ruf Menang di TPS RSCM

Oleh: Yantina Debora - 17 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Pilpres 2019 di TPS RSCM, Jokowi-Ma'ruf menang atas Prabowo-Sandiaga.
tirto.id - Paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang di tempat pemungutan suara (TPS) 34 Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

"Jumlah yang memilih 220, surat suara sah juga 220. Pasangan capres 01 dapat 127 suara," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS RSCM, Safarudin di Jakarta, dikutip dari Antara, Rabu (17/4/2019).

Paslon nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno meraih 93 suara. Jumlah daftar pemilih di TPS RSCM yakni tercatat 298 orang, semuanya terdaftar sebagai pemilih tambahan.

Selain itu terdapat sekitar 25 pemilih dari pasien dan keluarga pendamping yang pindah tempat pemungutan ke TPS 34 RSCM.

"Sebagian besar pemilih di sini adalah dokter muda yang sedang pendidikan spesialis, selanjutnya pegawai yang ada di rumah sakit ini, dan pasien atau keluarga yang memiliki formulir pindah memilih A5," kata Safarudin.

Pemungutan suara dimulai sejak pukul 07.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 13.30 WIB. Selain menunggu pemilih di TPS, petugas juga berkeliling ke beberapa kamar pasien di menit-menit terakhir waktu pemungutan suara.

"Ada yang tidak bisa datang ke TPS, jadi kita yang mendatanginya," ujar Safarudin.


KPU menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019 pada 17 April 2019. Masyarakat yang mendapatkan hak pilihnya diharapkan kedatangannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dibuka pada pukul 07.00 WIB.

"TPS akan buka pukul 07.00 waktu setempat sampai dengan pukul 13.00 waktu setempat," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Setelah Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) membuka TPS, akan dilaksanakan dulu rapat antara petugas KPPS dan saksi. Rapat dibuka dengan pengambilan sumpah petugas KPPS yang disaksikan saksi dan pemilih yang sudah hadir.

Selanjutnya, petugas KPPS membuka satu per satu kotak suara yang sebelumnya masih disegel. Petugas mengeluarkan sejumlah surat suara dari setiap kotak suara untuk dihitung.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Politik)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH