Hasil Friendly EURO Tadi Malam: Wales Imbang, Rusia & Swedia Menang

Penulis: Oryza Aditama - 6 Jun 2021 06:13 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Hasil friendly match jelang EURO 2021 tadi malam atau Minggu (6/6) dini hari: Wales vs Albania 0-0, Rusia vs Bulgaria 1-0, Swedia vs Armenia 3-1.
tirto.id - Hasil rangkaian laga international friendly match jelang EURO 2021 tadi malam atau Minggu (6/6/2021) dini hari. Rusia vs Bulgaria 1-0 di Moscow, Wales vs Albania tanpa gol di Cardiff, lalu Swedia vs Armenia 3-1 di Solna.

Rusia menutup uji coba terakhir sebelum EURO dengan positif. Wales tak pernah menang dalam partai friendly jelang kejuaraan. Kemudian Swedia tercatat selalu memetik kemenangan dalam 5 pertandingan terakhir.

Bertarung di VTB Arena, Moscow, Tim Nasional (Timnas) Rusia besutan Stanislav Cherchesov tampil dominan atas Bulgaria sejak awal laga. Tim berjuluk Sbornaya itu tercatat unggul hampir dalam semua sisi statistik pertandingan.

Rusia menguasai 65 persen ball possession, unggul 10 berbanding 3 dalam upaya tembakan, serta mendapat 9 kali tendangan sudut berbanding Bulgaria yang dalam laga ini sama sekali tak mendapat corner kick.

Namun demikian Yuri Zhirkov dan kawan-kawan sempat menemui kebuntuan untuk membongkar pertahanan solid lawan. Usai melakukan 5 pergantian pemain pada babak kedua, barulah pemain pengganti Alexander Sobolev sanggup melesakkan gol lewat eksekusi titik penalti pada menit 84’.

Hasil ini menjadi bekal positif bagi Rusia jelang putaran final EURO 2021, mengingat dalam laga uji coba pertama, mereka hanya bermain imbang 1-1 kontra Polandia.

Hasil maksimal juga dicatatkan oleh skuad Swedia dalam laga uji coba terakhir jelang EURO 2021. Menjamu Armenia di Stadion Friends Arena, Solna, Timnas Swedia sukses memetik kemenangan meyakinkan 3-1.

Skuad tuan rumah besutan pelatih Janne Andersson unggul cepat pada menit 16’ lewat aksi gelandang sayap kiri milik RB Leipzig (Bundesliga), Emil Forsberg.

Forsberg tampil gemilang dengan kembali berperan dalam terciptanya gol ke-2 Swedia pada menit 34’. Kali ini ia memberikan assist yang sukses dimaksimalkan oleh Markus Danielsson. Masa turun minum tuan rumah unggul 2-0.

Armenia sempat memperkecil ketertinggalan pada awal babak kedua, lewat lesakan Vahan Bichakhchyan. Namun Swedia berhasil mengunci kemenangan 3-1, usai Marcus Berg menjebol gawang tim tamu menit 85’, dengan memanfaatkan umpan Robin Quaison.

Hasil laga ini kian mengukuhkan raihan fantastis Timnas Swedia sepanjang tahun 2021. Terhitung dari 5 pertandingan di semua ajang, tim berjuluk Blagult (Biru-Kuning) itu selalu memetik kemenangan.

Namun demikian, hasil berbeda dituai oleh kontestan putaran final EURO 2021 lainnya, Wales. Tim besutan pelatih Robert Page itu kembali gagal memetik hasil maksimal dalam uji coba kedua alias partai friendly terakhir sebelum terjun ke kejuaraan.

Menjamu Albania di Stadion Cardiff, Timnas Wales hanya mampu bermain imbang tanpa gol. Wales unggul dalam jumlah tembakan, serta tercatat lebih baik dalam penguasaan bola dengan 53 persen berbanding 47 persen.

Pelatih Robert Page juga sudah menurunkan pemain bintang mereka, Gareth Bale, pada babak kedua. Namun semua itu tetap tak membuahkan hasil.

Adapun sebelum laga ini atau pada pertandingan uji coba pertama, Wales menelan kekalahan 3 gol tanpa balas di tangan Perancis.


Hasil deretan international friendly match jelang kejuaraan EURO 2021, pada Minggu (6/6/2021) dini hari tadi.

Rusia vs Bulgaria (1-0)
Pencetak gol: Alexander Sobolev (84’)

Wales vs Albania (0-0)
Pencetak gol: -

Swedia vs Armenia (3-1)
Pencetak gol: Emil Forsberg (16’), Markus Danielsson (34’), Marcus Berg (85’) / Vahan Bichakhchyan (64’)

Baca juga artikel terkait HASIL FRIENDLY MATCH atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight