Hasil Brasil vs Kamerun Skor Akhir 1-0, Menang Meski Neymar Cedera

Oleh: Gilang Ramadhan - 21 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 1-0 menjadi hasil Brasil vs Kamerun dalam laga persahabatan yang digelar di Stadium MK, Rabu (21/11/2018).
tirto.id - Hasil Brasil vs Kamerun dalam laga persahabatan yang dilangsungkan di Stadium MK, Rabu (21/11/2018) pukul 02.30 WIB berkesudahan dengan skor akhir 1-0. Pemain pengganti, Richarlison berhasil membawa Brasil menang tipis dengan gol tunggalnya jelang babak pertama usai. Pemain asal Everton itu turun sebagai pemain pengganti dari Neymar yang mengalami cedera.

Brasil sukses unggul terlebih dahulu pada babak pertama berkat gol yang dicetak oleh Richarlison pada menit 45 memanfaatkan sepak pojok Willian Borges. Richarlison baru masuk pada menit 8, ketika menggantikan Neymar Jr. yang tidak dapat melanjutkan pertandingan.

Penampilan apik kiper Kamerun, Andre Onana, seperti menjadi faktor Brasil hanya unggul 1-0 hingga 45 menit pertama usai. Setidaknya ia telah membuat 3 penyelamatan gemilang dari serangan-serangan Selecao.

Hingga babak pertama berakhir, Brasil tetap mampu unggul kendati bermain tanpa Philippe Coutinho dan Neymar. 59% penguasaan berhasil dicatatkan anak asuh Tite dan 5 peluang tepat sasaran. Sementara Kamerun hanya memiliki 2 peluang yang semuanya masih belum menemui target.



Memasuki babak kedua, peluang menambah angka didapat pada menit 50. Berawal dari tusukan Willian di sisi kiri pertahanan Kamerun, pemain klub Chelsea itu mengirim umpan tarik ke area kotak penalti. Akan tetapi, Gabriel Jesus dan Richarlison tak mampu menggapainya.

Kamerun mendapat peluang emas pada menit 53 melalui Stephane Bahoken. Berawal dari aksi individual Toko Ekambi di sisi kiri pertahanan Brasil, Ekambi berhasil mengirim umpan tarik yang apik ke depan gawang Brasil. Kendati sukses menyambutnya, Stephane Bahoken gagal menceploskan bola ke gawang dan hanya menghasilkan sepakan pojok.

Satu menit berselang, melalui serangan balik cepat, Gabriel Jesus berhasil melewati penjaga gawang Kamerun. Kendati gawang sudah tak terjaga, sepakan penyerang Manchester City itu masih membentur tiang gawang.

Pada menit 67, Brasil kembali hampir menambah keunggulannya. Menerima umpan dari Danilo di depan kotak penalti Kamerun, Arthur melepaskan sepakan terukur dari luar kotak penalti. Akan tetapi, bola masih membentur mistar gawang dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Allan kembali gagal memanfaatkan peluang terbuka yang dia dapat pada menit 86. Menerima umpan dari Gabriel Jesus dari sayap kiri, pemain debutan Brasil itu gagal menceploskan bola ke gawang kendati tak terkawal. Fabrice Ondoa yang turun menggantikan Andre Onana melakukan penyelamatan yang gemilang dengan menahan sepakan jarak dekat Allan.

Hingga pertandingan berakhir, keunggulan tipis 1-0 Brasil tetap bertahan. Total, Brasil mencatat 9 sepakan on target dari total 17 peluang serta memiliki 61% penguasaan bola. Sementara Kamerun mencatat 5 peluang yang hanya 1 di antaranya menemui sasaran.

Susunan Pemain (Starting XI)

Brasil (4-3-3): Ederson; Danilo, Marquinhos, Pablo, Alex Sandro; Allan, Arthur, Paulinho; Willian, Roberto Firmino, Neymar.

Kamerun (4-2-3-1): Andre Onana, Jeando Fuchs, Banana Yaya, Jean-Armel Kana-Biyik, Gaetan Bong; Georges Mandjeck, Pierre Kunde; Eric-Maxim Choupo-Moting, Arnaud Djoum, Karl Toko Ekambi; Stephane Bahoken.

Baca juga artikel terkait LAGA PERSAHABATAN atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan