Kualifikasi Euro 2020

Hasil Belanda vs Belarusia Skor Akhir 4-0: Memphis Depay Bintang

Oleh: Beni Jo - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Belanda vs Belarusia di babak kualifikasi EURO 2020 yang digelar Jumat (22/3/2019) berakhir dengan skor 4-0 berkat dua gol dan dua assist Memphis Depay.
tirto.id - Hasil laga antara Belanda vs Belarusia pada babak kualifikasi Euro 2020 yang digelar Jumat (22/3/2019) di Stadion Feyenoord, Rotterdam, berakhir dengan skor 4-0. Memphis Depay sukses menjadi bintang pada pertandingan ini dengan dua golnya dan dua assist untuk kemenangan tim Oranje.

Dalam laga ini, Belanda menurunkan formasi 4-3-3. Jasper Cillessen tampil sebagai penjaga gawang utama. Di lini depan, tuan rumah mengandalkan Steven Bergwijn, Memphis Depay, dan Ryan Babel.

Sementara Belarusia memasang pola 4-2-3-1. Nikolai Signevich sebagai target man di sektor depan dengan didukung tiga gelandang serang yang dihuni oleh Yuri Kovalev, Anton Putsila, dan Igor Stasevich.

Tuan rumah tampaknya tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membobol gawang tamunya. Laga baru berjalan satu menit, Memphis Depay sukses membuat Belanda unggul 1-0 usai menjebol gawang Belarusia yang dikawal oleh Andrey Gorbunov.

Berikutnya, Georginio Wijnaldum juga turut menyumbangkan satu gol setelah menceploskan bola pada menit ke 21 berkat assist Depay. Skor menjadi 2-0 untuk Belanda sekaligus menutup laga pada babak pertama.

Memasuki paruh kedua, Ronald Koeman melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Marten de Roon dan memasukkan Davy Propper sejak menit awal babak kedua.

Pada menit ke 54, Belanda mendapatkan hadiah penalti setelah Wijnaldum dilanggar oleh Sivakov Mikhail. Dengan tenang, Depay sukses mengeksekusinya. Ia berhasil mengelabuhi kiper lawan hingga kedudukan menjadi 3-0 untuk tim Oranje.

Lagi, Depay yang mengenakan kostum nomor punggung 10, bisa dikatakan sebagai bintangnya pada laga ini, setelah kembali memberikan assist untuk gol keempat yang diciptakan oleh Virgil van Dijk pada menit 86. Belanda unggul 4-0.

Hingga wasit meniup panjang peluitnya, tidak ada gol tambahan pada laga ini. Skor tetap bertahan untuk kemenangan 4-0 Belanda atas Belarusia.

Pada pertandingan perdana ini, Belanda memiliki persentase penguasaan bola sebesar 62% berbanding 38% milik Belarusia. Selain itu, timnas Oranje juga melepaskan enam kali tembakan tepat sasaran dengan tim tamu yang hanya satu kali melakukannya.




Pencetak gol: Memphis Depay '1, '55, Georginio Wijnaldum '21, Virgil van Dijk '86 (Belanda)

Daftar Susunan Pemain

Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Marten de Roon, Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong; Steven Bergwijn, Memphis Depay, Ryan Babel

Cadangan: Jeroen Zoet, Luuk de Jong, Tonny Vilhena, Donny van de Beek, Davy Propper, Steven Berghuis, Patrick van Aanholt, Marco Bizot, Kevin Strootman, Quincy Promes, Nathan Ake, Kenny Tete

Belarusia (4-2-3-1): Andrey Gorbunov; Igor Shitov, Aleksandr Martynovich, Mikhail Sivakov, Denis Polyakov; Stanislav Dragun, Ivan Maevski; Yuri Kovalev, Anton Putsila, Igor Stasevich; Nikolai Signevich

Cadangan: Anton Chichkan, Anton Saroka, Aleksey Rios, Alyaksandr Hleb, Sergei Kislyak, Pavel Savitski, Denis Laptev, Maksim Volodko, Zakhar Volkov, Yuri Kendysh, Pavel Nekhajchik, Andrey Klimovich

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus