Hari Pertama Jadi Wapres, Ma'ruf Hadiri Pelantikan Kaisar Naruhito

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 21 Oktober 2019
Hari pertama menjabat Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin bersama istrinya, Wury Ma’ruf Amin bertolak ke Jepang menghadiri penobatan Kaisar Naruhito di Jepang, hari ini.
tirto.id - Hari pertama menjabat Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin bersama istrinya, Wury Ma’ruf Amin bertolak ke Jepang menghadiri penobatan Kaisar Naruhito di The Seiden (State Hall), Imperial Palace. Ia hadir melaksanakan tugas dari presiden mewakili pemerintah Indonesia.

“Saya dan rombongan terbatas sebentar lagi akan berangkat menuju Jepang untuk mewakili Pemerintah Indonesia. Hadir dalam upacara penobatan Kaisar Jepang, Naruhito,” ucap Ma’ruf dalam keterangan tertulis yang diterima reporter Tirto, Senin (21/10/2019).

Kepergian Ma’ruf ke Jepang adalah agenda keduanya setelah serah-terima memori jabatan dari Wapres RI periode 2014-2019, Jusuf Kalla.

Menteri Luar Negeri periode 2014-2019, Retno Marsudi pun ditugaskan Jokowi untuk mendampingi Ma’ruf dalam perjalanan luar negeri pertamanya.

Di samping Retno, ada juga Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, dan Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara (KPN) Andri Hadi.

Wapres Ma’ruf dan rombongan terbang ke Jepang menggunakan Pesawat Kepresidenan BBJ-2 dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Mereka dijadwalkan berangkat pukul 10.00 WIB atau 12.00 waktu setempat (WS).

Ma’ruf pun dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Narita, Tokyo pukul 19.30 WS. Mereka akan disambut oleh Duta Besar Koji Inomata, mantan Duta Besar Jepang di Belanda dan Duta Besar LBBP RI di Tokyo Arifin Tasrif.

Usai pelantikan kaisar, Ma’ruf dijadwalkan kembali selang sehari berkunjung ke Jepang tepatnya pada Selasa (22/10/2019).

“Setelah upacara penobatan, saya dan rombongan akan langsung kembali ke Jakarta dan tiba di Jakarta, insyaallah Selasa malam,” ucap Ma’ruf.


Baca juga artikel terkait WAPRES MARUF AMIN atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - )

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Maya Saputri
DarkLight