tirto.id - Honda Beat tercatat sebagai skutik terlaris di Indonesia dan telah dipilih oleh lebih dari jutaan konsumen sejak pertama kali hadir pada tahun 2008.
Honda Beat terus dikembangkan dengan memperhatikan tiga hal, yaitu ukuran, gaya dan fitur. Ukuran yang ramping, bentuk yang meruncing, dan performa yang unggul membuat Honda Beat cocok untuk dipakai sehari hari.
Dikutip dari One HEART, motor ini didesain ulang dengan kesan agresif dan modern. Selain itu, penggunaan velg dengan desain baru juga membuat tampilannya lebih tajam.
Sementara itu, dari sisi teknologi honda beat juga memiliki berbagai teknologi tambahan yang disematkan untuk memberikan nilai lebih bagi pemilik Honda Beat eSP.
Bahkan, Honda Beat telah mengukir prestasi selama beberapa tahun terakhir, berikut penghargaan yang telah dimenangkan oleh Motor Honda BeAT:
- Motor Paling Irit Kategori Skutik 110 – 115 cc di Otomotif Award 2010
- Motor Paling Irit Kategori Skutik 110 – 115 cc di Otomotif Award 2009
- Performa Terbaik Kategori Skutik 110 – 115 cc di Otomotif Award 2009
- Skuter Matik No. 1 paling banyak dibicarakan dan dipromosikan di antara masyarakat Indonesia – No. 1 Word of Mouth 2009 Award Majalah SWA
Harga Honda Beat terbaru
Dilansir dari lamanWahana Honda, berikut harga Honda Beat terbaru berdasarkan tipenya.
- Honda BeAT Sporty eSP CBS Rp16.977.000
- Honda BeAT Sporty eSP CBS ISS Rp18.062.000
- Honda BeAT Sporty eSP CBS ISS Deluxe Rp18.162.000
- Honda BeAT Street eSP Rp18.022.000
Fitur Honda Beat
Berikut adalah beberapa fitur Honda Beat:
- Mesin 110 cc berpendingin udara eSP.
- Lampu depan LED.
- Fitur ECO Indicator yang akan membantu berkendara dengan irit. Saat sedang berkendara dengan irit, indikator ini akan menyala di panel meter.
- Memiliki teknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang di rancang khusus untuk kelincahan berlebih saat berkendara.
- Akselerasi mencapai 12,6 detik pada jarak 0-200m.
- Top speed hingga 94 km/jam
- Penggunaan BBM 60,6 km / liter dengan penggunaan fitur ISS (metode pengeteas EURO 3)
- Kapasitas fuel tank lebih besar hingga 4,2 liter.
- Ban tubeless.
- Power Charger (Untuk CBS-ISS dan Deluxe series)
- Combi Brake System (CBS) untuk tipe CBS dan CBS ISS.
- Standar samping otomatis (side stand switch) – Mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun, sehingga menghindari resiko pengendara lupa menaikkan standar samping.
- Parking Brake Lock, erfungsi sebagai rem tangan, mencegah motor loncat saat menghidupkan mesin, serta praktis dan nyaman saat parkir atau berhenti di tanjakan.
- Secure Key Shutter, sistem penguncian bermagnet yang kuat dan nyaman untuk menghindar resiko pencurian.
- Kapasitas bagasi besar (12 liter).
- Ketinggian jok yang nyaman setinggi 740 mm.
- Speedometer dengan gabungan digital-analog.
Spesifikasi pada dimensi dan berat
Dimensi
- 1,877 x 669 x 1,074 mm (tipe Honda BeAT eSP)
- 1,867 x 678 x 1,074 mm (tipe Honda BeAT Pop eSP)
- 1877 x 742 x 1,030 (tipe Honda BeAT Street eSP)
Jarak sumbu roda
- 1.256 mm
Jarak terendah ke tanah
- 147 mm (tipe Honda BeaT eSP & BeaT Street eSP)
- 140 mm (tipe Honda BeAT POP eSP)
Berat kosong
- 89 kg (tipe Honda BeAT eSP CBS)
- 90 kg (tipe Honda BeAT eSP CBS ISS)
- 94 kg (tipe Honda BeAT POP eSP CW)
- 95 kg (tipe Honda BeAT POP eSP CBS & CBS ISS)
- 89 kg (tipe Honda BeAT Street)
Tinggi tempat duduk
- 740 mm (BeAT eSP & BeAT Street eSP)
- 735 mm (BeAT Pop)
Spesifikasi rangka
- Rangka; Tulang punggung – eSAF
- Suspensi depan; Teleskopik
- Suspensi belakang; Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
- Ukuran Ban depan; 80/90-14 M/C (Khusus Honda BeAT eSP & BeAT Street eSP menggunakan ban tubeless)
- Ukuran Ban Belakang; 90/90-14 M/C (Khusus Honda BeAT eSP & BeAT Street eSP menggunakan ban tubeless)
- Rem depan Cakram hidrolik dengan piston tunggal
- Rem belakang Tromol
- Sistem pengereman Combi Brake System (tipe CBS dan CBS-ISS)
Spesifikasi mesin
- Tipe mesin; 4 Langkah SOHC
- Sistem pendinginan; Pendinginan udara, eSP
- Diameter x langkah; 47.0 x 63.1 mm
- Volume langkah; 109.5cc
- Perbandingan kompresi; 10.0 : 1
- Daya maksimum; 6.6 kW (9.0 PS)/7.500 rpm
- Torsi maksimum; 9.3 N.m (0.95 kgf.m)/ 5.500 rpm
- Kopling; Otomatis, sentrifugal, tipe kering
- Starter ACG; starter, pedal dan elektrik
- Busi; NGK MR9C-9N/DENSO U27EPR9-N9
- Sistem; bahan bakar Injeksi (PGM-FI)
- Transmisi; Otomatis, V-Matic
- Sistem pengapian; Full transisterized, Baterai
Spesifikasi kapasitas
Kapasitas tangki bahan bakar
- 4,2 liter (Tipe Honda BeAT eSP & BeAT Street eSP)
- 3,7 liter (Tipe Honda BeAT POP eSP)
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin
- 0,65 liter pada penggantian periodik
Kelistrikan
- Baterai 12V-3Ah, tipe MF (tipe CW dan CBS)
- Baterai 12V-5Ah, tipe MF (tipe CBS-ISS)
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Yantina Debora