Hal-hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mencegah Terjadinya Kebakaran

Oleh: Febriansyah - 6 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kebakaran bisa dicegah dengan memperhatikan beberapa aspek, salah satunya yaitu memeriksa sistem kelistrikan gedung secara teratur.
tirto.id - Kebakaran gedung bisa terjadi karena disebabkan oleh berbagai hal. Faktor paling umum adalah kesalahan manusia dalam mendesain rumah atau peralatan listrik.

Sebuah perusahaan penyedia alat pencegah kebakaran Fireline menyebutkan, lebih dari 70 persen dari semua kebakaran terjadi di daerah perumahan.

Maka, pencegahan perlu dilakukan sebelum musibah kebakaran menimpa. Beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain.

1. Pasang Detektor dan Alarm

Struktur bangunan, sebaiknya dilengkapi dengan detektor kebakaran dan sistem alarm. Benda ini dapat memberi tahu penghuni untuk mengambil tindakan yang diperlukan seperti memanggil pemadam kebakaran atau mengaktifkan sistem sprinkler.

2. Pasang Detektor Asap

Alat ini disarankan harus ada di setiap ruang tamu dan di setiap kamar tidur. Detektor asap tersedia dalam dua tipe dasar yaitu Photoelectric dan Ionization.

Photoelectric menggunakan sel-sel photoelectric dengan sumber cahaya tertentu. Mereka bekerja menggunakan aplikasi balok yang menggunakan sinar pada area yang dipantau.

Ketika asap memasuki sel, sinar cahaya akan membias ke segala arah yang mengaktifkan detektor. Sedangkan, detektor ionisasi bekerja dari partikel yang dihasilkan oleh asap yang memungkinkan arus listrik mengalir antara pelat negatif dan positif.

3. Sistem Sprinkler Otomatis

Alat ini juga dapat digunakan untuk mendistribusikan air langsung ke api dan lebih dari 96 persen efektif dalam mengendalikan atau memadamkan api.

Konfigurasi sistem sprinkler dapat berupa sistem pipa basah, sistem pipa kering, sistem pra-aksi, sistem banjir dan sistem perumahan.

4. Atur Ruangan dengan Rapi

Selain memasang alat-alat di atas, perlu adanya pengetahuan terhadap kebakaran. Dilansir BBC, tindakan Pencegahan Kebakaran itu bisa dilakukan dengan menata ruang-ruang pada gedung dengan rapi.

Seperti menata bahan-bahan yang mudah terbakar dengan aman terutama jauhkan kertas bekas dan bahan bakar lainnya dari kompor atau pusat-pusat listrik.

5. Periksa Teratur Sistem Kelistrikan

Secara teratur periksa kabel listrik yang rusak. Jangan gunakan peralatan listrik yang rusak. Pastikan peralatan listrik sudah diuji oleh PLN.

Selain itu, pastikan peralatan pemanas aman digunakan. Jangan gunakan peralatan yang mengeluarkan panas yang tidak biasa atau berbau aneh. Jika ragu-ragu, periksa dan perbaiki atau diganti.

6. Hindari Penumpukan Sampah

Tumpukan sampah, debu atau minyak dapat menyebabkan kebakaran atau memperburuknya serta jangan membawa bensin atau solar ke gedung.


Baca juga artikel terkait KEBAKARAN atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Febriansyah
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight