Gerindra Masuk Koalisi, Surya Paloh Akui Makin Dekat dengan Prabowo

Oleh: Bayu Septianto - 25 Oktober 2019
Surya Paloh menepis hubungannya dengan Prabowo renggang.
tirto.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terlihat akrab saat berbincang-bincang dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Momen keakraban ini terjadi saat keduanya menghadiri acara pelantikan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Prabowo yang mengenakan jas tampak berdiri di jajaran depan. Ia satu deretan dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua DPD La Nyala Mattalitti, Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Sementara di samping Prabowo, ada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra itu berdiri bersebelahan dengan Surya Paloh. Prabowo bahkan sempat memegang lengan Paloh seperti merangkul.

Sebelumnya, hubungan Prabowo dengan Surya Paloh dikabarkan renggang. Surya dikabarkan kesal lantaran Prabowo dan Partai Gerindra berkeinginan masuk ke dalam koalisi pemerintahan Jokowi, dan hasilnya Gerindra mendapatkan dua kursi menteri.

Usai pelantikan, awak media memberondong pertanyaan kepada Prabowo soal perbincangan dirinya dan Surya Paloh yang terlihat sangat akrab. Namun, ia enggan membeberkan isi perbincangannya kepada awak media.

"Kamu mau tahu saja," ujar Prabowo.

Sementara, Surya Paloh menepis hubunganya demgan Prabowo renggang. Sebagai sesama alumni kader Partai Golkar, Paloh menganggap Prabowo adalah sahabatnya.

Paloh bahkan menilai bergabungnya Gerindra dalam kabinet Indonesia Maju membuat hubungan dirinya dengan Prabowo lebih akrab.

"Dengan masuknya Gerindra di bawah kepemimpinan Pak Prabowo dalam koalisi pemerintahan ini, suasana kebatinan, keakraban itu pasti jauh lebih dekat. Pasti. Komunikasi itu begitu cair," kata Paloh.


Baca juga artikel terkait PARTAI GERINDRA atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight