Film Spiral Bawa Waralaba Saw Raih Pendapatan 1 Miliar Dolar AS

Reporter: - 24 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Waralaba film Saw meraup penghasilan lebih dari 1 miliar dolar AS sejak tayang edisi pertamanya pada 2004.
tirto.id - Film Spiral: From The Book of Saw seri kesembilan dari waralaba Saw berhasil menguasai box office AS pekan lalu.

Film karya sutradara Darren Lynn Bousman itu mengumpulkan pendapatan sebesar 4,6 juta dolar AS pada pekan tersebut per 23 Mei 2021 seturut data Boxoffice Mojo. Secara keseluruhan, film ini telah meraup 15,8 juta dolar AS dari pemutaran domestik di AS.

Dilansir Variety, film Spiral telah menghasilkan 22,5 juta dolar AS dari pemutarannya secara global. Hasil ini mendorong penghasilan lebih dari 1 miliar dolar AS untuk waralaba film Saw sejak tayang edisi pertamanya pada 2004. Film pertama yang disutradarai oleh James Wan itu meraup 103 juta dolar AS dari pemutarannya di seluruh dunia.

Pencapaian yang diraih oleh waralaba film Saw cukup signifikan karena anggaran produksinya mulai dari 1 juta dolar AS hingga 20 juta dolar AS. Selain itu, film Saw juga tidak diterima dengan baik di kalangan kritikus atau penonton.

Di Rotten Tomatoes, kesembilan film Saw menghasilkan rata-rata sekitar 30 persen, sedangkan rating Cinema Score dari penonton bioskop cenderung berkisar antara nilai B dan C. Namun, genre horor cenderung menjadi bukti ulasan di box office.

James Wan dan Leigh Whannell menciptakan waralaba Saw berpusat pada Jigsaw Killer yang misterius dan menempatkan para korbannya melalui permainan mematikan untuk menguji keinginan mereka untuk hidup.


Waralaba Saw mudah melampaui angka 100 juta dolar AS secara global, tetapi menjaga anggaran produksi di bawah 20 juta dolar AS, kecuali film Saw VI yang hanya menghasilkan 68 juta dolar AS dari pemutarannya secara global.

Sementara sekuel ketiganya yang dirilis tahun 2006 menjadi film dengan pendapatan tertinggi dalam serangkaian kisah mengerikan Si Jigsaw Killer ini dengan 164 juta dolar AS secara global.

“Kami mengucapkan selamat kepada teman-teman kami di Twisted Pictures dan semua pembuat film dan bintang yang telah menjadi bagian dari warisan Saw,” kata David Spitz, Presiden Distribusi Teater Domestik Lionsgate dikutip dari Variety.

“Selama bertahun-tahun, mitra kami telah menjadi inovatif, kreatif, dan terbuka terhadap ide-ide baru karena mereka telah mengembangkan film anggaran mikro menjadi fenomena budaya yang bernilai miliaran dolar lebih,” imbuhnya.

Film yang dibintangi oleh Chris Rock dan Samuel L. Jackson serta Max Minghella ini bercerita tentang seorang detektif bernama Ezekiel Zeke Banks (Chris Rock) yang berusaha memecahkan kasus pembunuhan berantai terhadap teman-temannya.

Zeke dibantu oleh Williams Schenk (Max Minghella), seorang detektif lulusan terbaik dari akademi, dalam menuntaskan kasus pembunuhan itu.

Selain film Spiral, yang bertengger pada box office AS pekan lalu yaitu Wrath of Man di posisi kedua dengan 2,9 juta dolar AS. Disusul oleh Those Who Wish Me Dead di posisi ketiga dengan 1,8 juta dolar AS, serta Raya and the Last Dragon (1,7 juta dolar AS) dan Godzilla vs. Kong (1,4 juta dolar AS) yang masing-masing berada di posisi keempat dan kelima.


Baca juga artikel terkait FILM SAW atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Film)

Editor: Ibnu Azis
DarkLight