Diet Sehat Saat Puasa & 9 Cara Tetap Terhidrasi Tanpa Minum Air

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 29 April 2020
Dibaca Normal 2 menit
Diet sehat selama bulan puasa dan 9 cara tetap terhidrasi tanpa minum banyak air.
tirto.id - Minum banyak air putih saat sahur dan buka puasa di bulan Ramadan merupakan cara terbaik untuk tetap bisa terhidrasi.

Selain membuat tubuh tetap terhidrasi, minum banyak air juga bisa menjadikan bibir tidak kering dan pecah-pecah selama menjalankan ibadah puasa.

Bagi sebagian orang minum banyak air kadang bisa bikin perut menjadi kembung, sehingga mencari alternatif lain untuk tubuh tetap terhidrasi.

Agar tetap bugar selama berpuasa, sebaiknya terapkan diet sehat dan hidrasi tubuh ketika sahur dan berbuka.

Dengan jam puasa yang panjang dan teriknya hari, maka penting bagi orang-orang di bulan Ramadan untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra ketika berurusan dengan pola konsumsi air.

Idealnya setiap orang harus minum antara 2,5 hingga 3 liter air per hari. Tetapi, seringkali, setelah matahari terbenam, banyak orang lupa minum dan konsumsinya bahkan tidak sampai 1-2 liter air yang seharusnya diminum.

Solusi lainnya adalah menambahkan air minum dengan banyak makanan kaya air sehingga membuat tubuh dan kulit tetap segar, serta terhidrasi sepanjang hari.

Cara Tetap Terhidrasi Tanpa Minum


Berikut adalah 9 cara untuk bisa tetap terhidrasi jika tidak bisa minum banyak air selama berpuasa seperti dilansir dari Gulf News:

1. Makan Semangka

Semangka terdiri dari 92 persen air, dan 8 persen buah. Cairan yang ditemukan dalam semangka termasuk garam, kalsium dan magnesium, yang merupakan komponen sempurna untuk menghidrasi kembali tubuh setelah hari yang panjang.

2. Susu

Segala jenis susu, entah itu susu almond, santan, atau oat, sebenarnya adalah pengganti air yang baik. Siapkan semangkuk sereal dengan susu setelah berbuka.

Susu tidak hanya cairan yang bagus untuk memperbaiki kalsium, tetapi juga dapat menjaga tingkat hidrasi sepanjang hari.

Susu juga juga merupakan minuman yang baik dikonsumsi setelah melakukan latihan yang berat, karena dapat membantu pemulihan setelah berolahraga.

3. Sup

Semangkuk sup hangat saat sahur merupakan permulaan yang baik saat akan menjalankan puasa.

Jika bisa, pilih sup bening daripada sup krim. Cara ini bagus untuk meningkatkan asupan air dan tingkat energi, serta akan membuat tubuh penuh air.

4. Smoothies

Ambil beberapa buah dengan kadar air tinggi seperti jeruk, semangka, apel, nanas, dan buah persik, lalu buatlah smoothie.

Alih-alih menambahkan yogurt atau susu, coba tambahkan air dan es sebagai gantinya. Ini akan membuat tubuh terhidrasi lebih lama ketika diminum saat sahur.


5. Kurangi Garam

Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Diet berbasis olahan makanan asin benar-benar bisa mengeringkan tubuh. Tubuh biasanya hanya membutuhkan garam dosis kecil per hari yang bisa didapatkan secara alami dari sayuran dan buah-buahan.

Jadi cobalah lewati makanan yang digoreng, seperti kentang goreng atau burger. Lebih baik pilih air kelapa, irisan apel atau wortel bayi.

6. Konsumsi Selada

Meskipun secara nutrisi tidak cukup efektif, selada Iceberg mengandung 96 persen air, dan merupakan tambahan yang bagus untuk salad apa pun jika ingin menghidrasi tubuh.

Jadi, jika tidak suka sup, berbuka puasa dengan salad selada bisa menjadi alternatif. Tambahkan beberapa mentimun dan tomat untuk meningkatkan kadar air.

7. Menggunakan Lotion dan Tabir Surya

Saat bangun tidur, gunakan lotion untuk menjaga kulit tetap lembab, terlihat segar dan terhidrasi. Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah tepat setelah mandi pagi dan sebelum tidur.

Jika berada di luar, siapkan selalu tabir surya di tas untuk tetap menjaga kelembaban kulit.

8. Sering Cuci Muka

Menambahkan air ke kulit adalah kunci hidrasi. Tetapi, lakukan dengan benar dan tak melewati batas.

Karena jika terlalu sering mencuci wajah, bisa membuat kulit kehilangan minyak esensial dan menjadi dehidrasi, bukan sebaliknya.

Jika sering mencuci muka, pastikan juga untuk sering melembabkannya kembali agar kulit tetap lembab dan segar.

9. Minum Teh Herbal

Teh adalah 100 persen air. Usahakan untuk tidak menambahkan gula, sehingga bisa menikmati manfaatnya. Teh herbal merupakan pilihan yang terbaik.


Baca juga artikel terkait TIPS SEHAT SAAT PUASA atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight