Deschamps: Perancis Memang Layak ke Final Piala Dunia 2018

Oleh: Gilang Ramadhan - 13 Juli 2018
Pelatih Perancis, Didier Deschamps, menyatakan bahwa skuad asuhannya memang pantas menang atas Belgia dan berhak lolos ke final.
tirto.id - Tim nasional (timnas) Perancis berhasil lolos ke final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Belgia dengan skor 2-1 di laga semifinal lalu. Didier Deschamps selaku pelatih Les Blues menegaskan bahwa skuad asuhannya memang pantas menang dan tampil di partai puncak.

Perancis berhasil meraih final Piala Dunia ketiganya setelah terakhir mereka melakukannya pada 2006 ketika kalah lawan Italia. Deschamps, yang menjadi kapten tim saat Perancis juara Piala Dunia 1998, memberi nasihat kepada seluruh skuat Perancis di ruang ganti setelah menang lawan Belgia.




“Kalian (skuad Perancis) pantas mendapatkan ini. Kalian telah memberikan segalanya, saya bangga dengan kalian. Sekarang, nikmati waktu keluarga kalian,” ucap Deschamps.

“Final sebenarnya dimulai dari sini... Bersantailah. Tapi besok, kalian harus berkonsentrasi. Piala Dunia, orang hanya mengingat para pemenangnya. Tidak ada yang mengingat siapa finalisnya,” imbuh pelatih berusia 49 tahun ini.

Deschamps akan menjadi orang ketiga yang mampu menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih, andai mampu menang pada Minggu (15/7/2018) lawan Kroasia. Dia juga menjadi satu-satunya kapten Les Blues yang pernah meraih gelar juara Piala Dunia.

Legenda Brasil Mario Zagallo dan legenda Jerman Franz Beckenbauer adalah dua orang yang telah memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Zagallo pada 1958, 1962 (sebagai pemain) dan 1970 (sebagai pelatih Brasil). Franz Beckenbauer pada 1974 (sebagai pemain) serta 1990 (sebagai pelatih).



Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan