Daftar Pemain Timnas U19 Indonesia di Kualifikasi Piala AFC 2019

Oleh: Hendi Abdurahman - 29 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Timnas U19 Indonesia telah mengumumkan 23 pemain yang akan berlaga di Kualifikasi Piala AFC 2019.
tirto.id - Timnas U19 Indonesia telah mengumumkan 23 pemain yang akan berlaga di Kualifikasi Piala AFC 2019. Bertindak sebagai tuan rumah, Garuda Muda akan melakoni tiga pertandingan yang akan dihelat pada 6 hingga 10 November.

Dari jumlah nama yang telah dipilih oleh Fakhri Husaini selaku pelatih, terdapat tiga penggawa yang dipulangkan yakni Andre Oktaviansyah, Fadillah Nur Rahman dan Saddam Emiruddin. Menurut Fakhri, ketiganya belum memenuhi kriteria yang diinginkan.

“Mereka tidak ikut serta dalam babak kualifikasi Piala AFC U19 nanti, karena menurut saya belum bisa memenuhi empat aspek. Fisik, taktik, teknik, dan mental. Ketiganya juga kalah bersaing dengan 23 pemain lain,” papar Fakhri seperti dikutip situs web PSSI.

“Namun, saya berharap kepada ketiganya untuk tidak berkecil hati. Masih ada waktu bagi mereka untuk terus berusaha meningkatkan kemampuannya. Saya ingin melihat progres mereka setelah ini, apa bisa terus berkembang atau malah berhenti di titik ini,” tambahnya.


Dari 23 nama yang terpilih, tiga kiper ditunjuk Fakhri untuk bersaing menjadi penjaga gawang utama. Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi, M. Risky Sudirman, dan M. Adisatryo.

Sementara itu, komposisi lini belakang tidak mengalami perubahan berarti. Nama-nama seperti M. Salman Alfarid, Amiruddin Bagas Kaffa hingga Alfeandra Dewangga tetap menghiasi skuad Garuda Muda.

Untuk lini tengah, Fakhri memiliki banyak pilihan. Terdapat nama penggawa Persib, Beckham Putra Nugraha serta pemain Persebaya, Brylian Aldama. Tak hanya itu, Rendy Juliansyah dan Braif Fatari juga diperkirakan bakal menunjukkan kemampuan terbaiknya guna mengisi satu slot di sektor gelandang.

Adapun barisan penyerang di antaranya Sutan Zico, M. Fajar Fathur Rahman, Amiruddin Bagus Kahfi, hingga M. Supriadi.

Pada kualifikasi Piala AFC U19 ini, Indonesia tergabung di Grup K bersama Hong Kong, Timor Leste, dan Korea Utara. Dua stadion akan menjadi tempat dihelatnya pertandingan yakni Stadion Gelora Bung Karno dan Stadion Madya.

Di laga perdana, Bagus Kahfi dan kawan-kawan bakal menghadapi Timor Leste pada Rabu (6/11/2019). Dua hari kemudian, (8/11) giliran Hong Kong yang akan menjadi lawan Garuda Muda. Sedangkan pertandingan pemungkas akan dihelat pada 10 November melawan Korea Utara.

Untuk menorehkan hasil positif, Fakhri Husaini menyebut bahwa anak asuhnya akan memasuki program latihan yang lebih intens. Pasalnya, terdapat beberapa kelemahan yang mesti diperbaiki sebelum Indonesia benar-benar terjun di babak kualifikasi.

“Saya ingin 23 pemain ini memang benar-benar bisa diandalkan. Karena para pemain sudah sepakat, ingin berbicara banyak di turnamen nanti,” tuturnya.

Berikut daftar 23 pemain Timnas U19 di kualifikasi Piala AFC

Kiper

Ernando Ari Sutaryadi
M. Risky Sudirman
M. Adisatryo

Bek

Komang Teguh Trisnanda
Bayu Mohamad Fiqri
M. Salman Alfarid
M. Yudha Febrian
Rizky Ridho Ramadhani
M. Fadhil Adhitya Akshah
Alfeandra Dewangga
Amiruddin Bagas Kaffa

Gelandang

Theo Fillo Da Costa Numberi
David Maulana
Brylian Negiehta Dwiki Aldama
Braif Fatari
Rendy Juliansyah
Beckham Putra Nugraha

Penyerang

M. Fajar Fathur Rahman
Khairul Imam Zakiri
Sutan Zico
Serdy Hepyfano
M. Supriadi
Amiruddin Bagus Kahfi


Baca juga artikel terkait TIMNAS U19 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight