Hasil Akhir Timnas Indonesia U19 vs China Malam Ini Skor 1-3

Oleh: Beni Jo - 20 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil laga uji coba Timnas U19 vs China malam ini rampung dengan skor akhir 1-3. China membalas kekalahan uji coba pertama lalu.
tirto.id - Hasil laga Timnas Indonesia U-19 vs China dalam laga uji coba yang digelar Minggu (20/10/2019) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, berakhir dengan skor 1-3. Dua gol China dicetak oleh Qianglong Tao (7' dan 90+2') dan Aisikaer Aifeirding (79'). Garuda Nusantara membalas melalui sontekan Amiruddin Bagus Kahfi (75').

Sementara pada laga uji coba pertama lalu, Timnas U-19 menang dengan skor 3-1.

Dalam pertemuan kedua melawan China ini, pelatih Fachry Husaini melakukan banyak rotasi dari sektor pertahanan hingga lini depan.

Risky Sudirman turun sebagai kiper utama. Di belakang, terjadi perubahan total dengan menampilkan Bayu Fiqri, Komang Teguh, Fadilah Nur Rahman, dan Yudha Febrian. Di tengah, Rendy Juliansyah tampil sebagai kapten tim. Dan untuk sektor depan, Indonesia mengandalkan Saddam Emiruddin sabagai target man.

Babak pertama berjalan, Garuda Nusantara kebobolan di menit-menit awal. Qianglong Tao yang juga menjadi pencetak gol tunggal China di laga pertama, kali ini kembali membobol gawang Indonesia saat laga baru berjalan tujuh menit. Skor 0-1 untuk tim tamu.

Timnas sendiri sebenarnya mampu menciptakan beberapa peluang. Terutama pergerakan dari Mochammad Supriadi yang merepotkan pertahanan tim tamu. Selain itu, Serdy Hepyfano yang masuk sebagai pemain pengganti juga sempat memberikan ancaman.

Memasuki babak kedua, Indonesia beberapa kali melakukan serangan ke lini pertahanan China. Umpan Beckham Putra yang dikirim dari sisi kanan hanya melewati mulut gawang tanpa ada yang menyambut. Tembakan yang dilepaskan oleh David Maulana juga masih melebar.

Hingga menit ke-60, tim tamu semakin tertekan. Beckham Putra melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun, bola lagi-lagi masih menyamping ke sisi kanan gawang.

Tujuh menit kemudian, tendangan bebas Beckham Putra meluncur ke gawang. Akan tetapi, kiper China masih bisa menepis bola hingga menggagalkan peluang Indonesia untuk mencetak gol.

Menit ke-75, Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan. Memanfaatkan assist yang diberikan oleh Serdy di area penalti, Amiruddin Bagus Kahfi menyontek bola dan membobol gawang China. Skor menjadi imbang 1-1.

Menit ke-79, China justru kembali unggul. Berawal dari tendangan sudut, bola disambut dengan sundulan oleh Aisikaer Aifeirding hingga menjebol gawang kawalan Risky Sudirman. Kedudukan berubah 1-2.

Memasuki injury time, China kembali melebarkan skor. Qianglong Tao melewati hadangan Komang Teguh. Pemain bernomor punggung tujuh itu menyontek bola dengan menaklukkan kiper Risky Sudirman yang sudah ada di depannya. Bola pun masuk ke gawang Indonesia. Skor 1-3.

Hingga babak kedua berakhir, tidak tercipta lagi gol tambahan. Wasit pun meniup panjang peluitnya dan skor 1-3 menutup pertandingan.

Pencetak gol: Qianglong Tao 7' 90+2', Aisikaer Aifeirding 79' (China), Amiruddin Bagus Kahfi 75' (Indonesia)

Daftar Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): Muhammad Risky Sudirman; Bayu Mohamad Fiqri, Komang Teguh Trisnanda, Fadilah Nur Rahman, Mochammad Yudha Febrian; Rendy Juliansyah, Braif Fatari, Andre Oktaviansyah; Khairul Imam Zakiri, Mochammad Supriadi, Saddam Emiruddin Gaffar.

China (4-4-2): Zihao Huang; Ye Zhu, Aisikaer Aifeirding, Abulimiti Subi, Yucheng Shi; Xuejian Zheng, Qianglong Tao, Junxian Liu, Mohemaiti Naibijiang; Zenyu He, Tayier Xiaokaitjiang.

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA ASIA 2020 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Agung DH
DarkLight