Daftar Pemain Timnas Polandia di Piala Dunia 2018

Penulis: AS Rimbawana, tirto.id - 6 Jun 2018 19:01 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Robert Lewandowski top skor Polandia sepanjang masa menjadi bintang utama dalam daftar pemain negaranya di Piala Dunia 2018.
tirto.id - Robert Lewandowski menjadi bintang utama dalam daftar pemain Timnas Polandia di Piala Dunia 2018 yang dirilis pada Senin (4/6/2018). Selain penyerang Bayern Munchen tersebut, tim berjuluk Bialo-czerwoni ini juga mengandalkan bek Kamil Glik (AS Monaco) hingga gelandang Piotr Zielinski (Napoli).

Torehan 18 gol sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, membuat Robert Lewandowski mendapatkan label istimewa dari pelatih Polandia, Adam Nawalka, sebagai “striker terbaik dunia”. Lewandowski juga mencatatkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak bagi negaranya sepanjang masa ketika mencetak hattrick ke gawang Armenia untuk skor 6-1 di babak kualifikasi tersebut.

Saat ini, Robert Lewandowski memiliki total 52 gol internasional. Jumlah ini ada di atas legenda Polandia, Wlodzimierz Lubański (48 gol) dan Grzegorz Lato (45 gol). Torehan gol Lewandowski ini kemungkinan akan bertambah lagi di Piala Dunia Rusia yang digelar pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018.


Piala Dunia 2018 adalah penampilan Polandia pertama setelah absen sejak Piala Dunia 2006. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras sang juru taktik, Adam Nawalka, yang melatih Bialo-czerwoni sejak 2013. Sejak itu, Polandia berhasil mencapai babak perempat final Euro 2016. Portugal mengalahkan Polandia dalam adu penalti dengan skor 3-5.

Sebelumnya, torehan terbaik yang pernah dicatat Polandia adalah posisi ketiga di Piala Dunia 1974 dan 1978. Namun setelah itu, Polandia hanya mencapai 16 besar di Meksiko 1986, dan penyisihan grup di Korea Selatan-Jepang 2002 dan Jerman 2006.

Sebagai laga pemanasan jelang Piala Dunia, Polandia melakoni laga persahabatan melawan Nigeria yang dimenangkan tim lawan dengan skor 0-1, serta Cile (9/6) dan Lituania (12/6).

Polandia akan berhadapan dengan Senegal, Kolombia, dan Jepang di babak penyisihan grup H. Di atas kertas, Polandia merupakan tim unggulan di grup tersebut dan mengantongi tiket ke grup 16 besar.

Berikut ini daftar pemain Timnas Polandia di Piala Dunia 2018.

Kiper: Bartosz Bialkowski (Ipswich Town), Lukasz Fabianski (Swansea), Wojciech Szczesny (Juventus).

Bek: Jan Bednarek (Southampton), Bartosz Bereszynski (Sampdoria), Thiago Cionek (SPAL), Kamil Glik (Monaco), Lukasz Piszczek (Borussia Dortmund), Artur Jedrzejczyk (Legia Warsaw), Michal Pazdan (Legia Warsaw).


Gelandang: Jakub Blaszczykowski (Wolfsburg), Jacek Goralski (Ludogorets Razgrad), Kamil Grosicki (Hull), Grzegorz Krychowiak (West Brom), Rafal Kurzawa (Gornik Zabrze), Karol Linetty (Sampdoria), Slawomir Peszko (Lechia Gdansk), Maciej Rybus (Lokomotiv Moscow), Piotr Zielinski (Napoli).

Penyerang: Dawid Kownacki (Sampdoria), Robert Lewandowski (Bayern Munchen), Arkadiusz Milik (Napoli), Lukasz Teodorczyk (Anderlecht)

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya AS Rimbawana
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: AS Rimbawana
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight