Daftar Bahan Alami Antimikroba untuk Melawan Kista

Kontributor: Dinda Silviana Dewi, tirto.id - 2 Mar 2020 10:56 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Minyak tea tree, cuka sari apel, lidah buaya bersifat antimikroba yang bisa digunakan untuk melawan kista.
tirto.id - Kista pada umumnya ditemukan di dalam tubuh, berupa sebuah benjolan atau kapsul tertutup berisi cairan. Tak jarang, ia juga setengah padat atau berisi dengan gas. Akan tetapi, kista juga bisa muncul di permukaan tubuh. Kista terjadi di dalam jaringan dan dapat memengaruhi bagian tubuh mana pun.

Kista memiliki variasi dalam ukuran dari mikroskopis dengan ukuran beberapa bola dalam olahraga. Bahkan, kista juga dapat lebih besar dari organ dalam tubuh.

Dilansir dari Medical News Today, kista bukanlah bagian normal dari jaringan di mana ia berada. Ia memiliki membran yang berbeda dan dipisahkan dari jaringan di dekatnya. Bagian luar (capsular) dari sebuah kista disebut dinding kista. Jika kantung tersebut berisi nanah, maka itu bukan kista melainkan abses.

Penyebab umum kista antara lain adalah sebagai berikut:

- Tumor

- Kondisi genetic

- Infeksi

- Suatu kesalahan pada organ embrio yang sedang berkembang

- Kerusakan pada sel

- Kondisi peradangan kronis

- Penyumbatan saluran di tubuh yang menyebabkan cairan menumpuk

- Sebuah parasit

Penanganan sebuah kista dapat dilakukan dengan didasarkan pada jenis kista tersebut. Kista yang besar, dapat dihilangkan dengan cara operasi. Namun, ada juga penanganan yang dapat dilakukan di rumah menggunakan bahan yang mudah ditemukan untuk menghilangkannya. Berikut adalah beberapa di antaranya dilansir dari Healthline:

1. Minyak tea tree

Minyak esensial dari pohon teh Melaleuca alternifolia dapat membantu beberapa kista, meskipun secara tidak langsung. Penelitian menunjukkan minyak pohon teh memiliki aktivitas antimikroba. Ini berarti membunuh bakteri, virus, jamur, dan patogen lainnya.

Beberapa kista disebabkan oleh rambut yang tumbuh ke dalam. Ini terbentuk ketika folikel rambut tidak tumbuh dengan baik, menyebabkan infeksi kelenjar sebaceous. Ini menciptakan kantong nanah yang bisa menjadi kista, disebut sebagai kista sebaceous.

Sebagai antimikroba, minyak pohon teh dapat membantu membunuh infeksi bakteri yang disebabkan oleh rambut yang tumbuh ke dalam. Ini dapat mengurangi kemungkinan terkena kista yang disebabkan oleh rambut yang tumbuh ke dalam atau mengurangi penampilannya

Cara aplikasinya adalah sebagai berikut:

- Encerkan minyak esensial pohon teh dalam air bersih, hangat, atau panas. Rasio pengenceran adalah dua hingga tiga tetes per 1 ons air.

- Oleskan campuran langsung ke kista beberapa kali sehari dengan kain bersih.

- Anda juga dapat menggabungkan aplikasi minyak pohon teh dengan obat kompres air panas di atas. Cukup tambahkan minyak esensial ke air panas dalam rasio pengenceran yang tepat.

Hindari menggunakan minyak esensial pohon teh murni langsung ke kista atau kulit. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, iritasi, atau luka bakar. Selalu encerkan minyak ini sebelum digunakan topikal.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat alami lain yang direkomendasikan. Ini dapat membantu dengan kista sampai batas tertentu. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak ada penelitian yang menunjukkan cuka sari apel mengurangi kista atau menghilangkannya.

Tapi, seperti minyak pohon teh, cuka sari apel terbukti antimikroba. Lebih khusus, asam asetat di dalamnya adalah antimikroba, menurut satu studi in vitro. In vitro berarti bahwa penelitian dilakukan dalam tabung reaksi daripada di lingkungan alami.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

- Campur air dengan bagian yang sama dengan cuka sari apel.

- Oleskan pengenceran ini langsung ke kista beberapa kali sehari.

- Anda dapat menggabungkan aplikasi cuka sari apel dengan obat rumah kompres air panas. Cukup tambahkan cuka sari apel ke air panas dalam rasio pengenceran yang tepat.

Namun, jangan sekali-kali menerapkan cuka sari apel murni ke kulit. Asam asetat dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, iritasi, atau terbakar.

3. Lidah buaya

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya telah mengonfirmasi sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Keduanya dapat membantu dengan rasa sakit dan iritasi pada kista. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu mengurangi penampilan atau menyingkirkan kista tertentu yang disebabkan oleh bakteri atau patogen lainnya.

Dalam penelitian yang dilakukan, lidah buaya belum terbukti secara andal menghilangkan, mengeringkan, atau mengurangi penampilan kista. Ini bisa membantu untuk ketidaknyamanan dan rasa sakit, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung hal ini sepenuhnya.

Cara menggunakan lidah buaya untuk kista:

- Mengikuti petunjuk label, oleskan gel lidah buaya murni, krim, atau lotion langsung ke kista yang teriritasi atau menyakitkan sesering yang diperlukan.

- Gunakan produk lidah buaya dari perusahaan terkemuka dan dapat dipercaya.



Baca juga artikel terkait KISTA atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yantina Debora

DarkLight