Daftar 12 Dubes RI Dilantik Jokowi: Ada Roem Kono & Iwan Bogananta

Oleh: Andrian Pratama Taher - 26 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi melantik 12 duta besar RI untuk ditempatkan di sejumlah negara sahabat, Senin (26/10/2020).
tirto.id -
Presiden Jokowi melantik 12 duta besar RI yang akan menjadi perwakilan di sejumlah negara sahabat, Senin (26/10/2020).
Beberapa nama seperti Wakil Ketua Umum Partai Golkar Roem Kono hingga Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Desra Percaya hingga Iwan Bogananta, Direktur PT Indowana Baramaining Coal yang sempat diperiksa Kejaksaan Agung dalam kasus PT Danareksa ikut dilantik sebagai duta besar.
Acara dimulai sekitar pukul 09.30 WIB di Istana Negara, Jakarta. Para dubes terpilih sudah tiba di Iokasi sambil menerapkan protokol kesehatan. Presiden Jokowi berada di lokasi didampingi Wakil Presiden RI Maruf Amin.
Usai pemutaran lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan keputusan presiden nomor 106/P tahun 2020 tentang pengangkatan duta besar luar biasa dan berkekuatan penuh Republik Indonesia pada 19 Oktober 2020. Acara dilanjutkan dengan pembacaan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi dan diikuti para duta besar.
Sebelum pengambilan sumpah, Jokowi menanyakan kesediaan para duta besar untuk diambil sumpah.
"Bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?" tanya Presiden Jokowi kepada para duta besar terpilih di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/10/2020).
"Bersedia," jawab para duta besar.
Para duta besar lantas berjanji akan setia kepada Undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi bangsa dan negara.
Para duta besar juga berjanji untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Mereka juga berjanji akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Para duta besar juga berjanji mengikuti perintah pemerintah pusat.
"Bahwa saya akan melakukan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban lain-lain yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh," kata Jokowi yang diikuti para duta besar.
Berikut daftar nama duta besar yang dilantik:
1. Dindin Wahyudin. Dubes LBBP RI untuk Republik Senegal merangkap Republik Cabo Verde, Republik Gambia, Republik Guinea, Republik Guinea Bissau, Republik Mali, Republik Pantai Gading, dan Republik Sierra Leone, berkedudukan di Dakar.
2. Roem Kono. Dubes LBBP RI untuk Bosnia dan Herzegovina, berkedudukan di Sarajevo.
3. Dewi Savitri Wahab. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Denmark merangkap Republik Lithuania, berkedudukan di Kopenhagen.
4. Nana Yuliana. Dubes LBBP RI untuk Republik Kuba merangkap Persemakmuran Bahama, Jamaika, Republik Dominika dan Haiti berkedudukan di Havana.
5. Heri Akhmadi. Dubes LBBP RI untuk Jepang merangkap Federasi Micronesia, berkedudukan di Tokyo.
6. Elmar Iwan Lubis. Dubes LBBP RI untuk Republik Irak, berkedudukan di Baghdad.
7. Iwan Bogananta. Dubes LBBP RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan Republik Makedonia, berkedudukan di Sofia.
8. Jose Antonio Morato Tavares. Dubes LBBP RI untuk Federasi Rusia merangkap Belarus, berkedudukan di Moskow.
9. Desra Percaya. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), berkedudukan di London.
10. Chalief Akbar Tjandraningrat. Dubes LBBP RI untuk Republik Rakyat Aljazair, berkedudukan di Alger.
11. Lutfi Rauf. Dubes LBBP RI untuk Republik Arab Mesir, berkedudukan di Kairo.

Baca juga artikel terkait PELANTIKAN DUBES RI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight