Menuju konten utama

Contoh Soal Tes Kemampuan Dasar Rekrutmen BUMN dan Jawabannya

Berikut ini contoh soal tes Rekrutmen BUMN 2024 untuk Tes Kemampuan Dasar atau TKD dan pembahasannya.

Contoh Soal Tes Kemampuan Dasar Rekrutmen BUMN dan Jawabannya
Rekrutmen BUMN. instagram/bersamabumn

tirto.id - Tes online tahapan I Rekrutmen Bersama BUMN dimulai dari 27 April hingga 4 Mei 2024. Untuk mempersiapkannya, calon pelamar mesti mempelajari contoh soal tes kemampuan dasar rekrutmen BUMN dan jawabannya.

Ujian online tahapan pertama ini dilakukan untuk jenjang SMA dan jenjang D3 sampai S2. Bagi peserta yang mendaftar dengan latar belakang pendidikan lulusan SMA sederajat, pada Tes Online Tahap 1 hanya mengerjakan TKD (Tes Kompetensi Dasar).

Materi yang Diajukan pada Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Materi tes online tahap 1 berisi pengetahuan dasar dan umum. Sementara peserta yang mendaftar dengan latar belakang lulusan D3, D4/S1,S2 maka pada materi tes online tahap 1 peserta akan mengerjakan TKD (Tes Kompetensi Dasar) dengan pembobotan 40 persen.

Kemudian, Tes Core Values Akhlak dengan pembobotan 50 persen dan Wawasan Kebangsaan dengan pembobotan 10 persen. Lalu, bagi peserta yang terbukti melakukan kecurangan akan langsung gugur dan di-blacklist.

Contoh Tes Kemampuan Dasar Rekrutmen BUMN

TKD berisi tes verbal, numerik, dan wacana. Berikut contoh TKD rekrutmen BUMN yang bisa dipelajari:

1. Aberasi = …

A. Pengelompokan

B. Peleraian

C. Penyimpangan

D. Perkelahian

E. Pengikisan‍

Pembahasan

Jawaban C.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata aberasi berarti penyimpangan atas sesuatu yang normal.

2. Kisi-kisi = ….

A. Alat menangkap ikan

B. Alat hitung

C. Tabel

D. Terali

E. Pola kerja

Pembahasan

Jawaban D.

Kisi-kisi dapat diartikan sebagai kayu atau besi yang dipasang berdiri dan berjarak sehingga terdapat celah-celah (pada tingkap dan sebagainya); terali; jeruji.

3. Mudun = ….

A. Problema

B. Beradab

C. Referensi

D. Setuju

E. Mufakat

Pembahasan

Jawaban B.

Mudun memiliki arti beradab.

25. 4, 12, 48, 144, ….., 1728

A. 640

D. 576

B. 386

C. 424

E. 368

Pembahasan

Jawaban D.

4. 1, 5, 11, 19, 29, …, 55, ….

A. 39 dan 69

B. 41 dan 71

C. 35 dan 65

D. 39 dan 65

E. 40 dan 71

Pembahasan

Jawaban B

5. 60, 30, 90, 45, 135, …., 202,5

A. 125,5

B. 150

C. 175

D. 67,5

E. 167,5

Pembahasan

Jawaban D.

‍6. 12, 18, 25, 33, …., 52

A. 44

D. 42

B. 36

C. 43

E. 50

Pembahasan

Jawaban D.

‍7. 1, 8, 9, 16, 17, …., 25

A. 24

D. 36

B. 28

C. 34

E. 24

Pembahasan

Jawaban A.

‍8. 3, 5, 9, 15, 15, 25, 21, ….

A. 45

D. 42

B. 44

C. 35

Pembahasan

Jawaban C.

‍9. 1, 2, 4, 6, 7, 10, ….

A. 10

B. 11

C. 12

E. 41

D. 14

E. 15

Pembahasan

Jawaban A.

10 Mana yang tidak masuk kelompoknya?

A. Megawati

B. Sudharmono

C. Soekarno

D. Soeharto

E. Abdurrahman Wahid

Pembahasan

Jawaban B.

Semua adalah mantan presiden RI, kecuali Sudharmono.

‍11. Mana yang tidak masuk kelompoknya?

A. Perseteruan

B. Pertengkaran

C. Pertikaian

D. Penyelarasan

E. Persaingan

Pembahasan

Jawaban D.

Semua kata bermakna permusuhan, kecuali penyelarasan yang bermakna positif.

‍12. Pilihlah yang tidak termasuk kelompoknya!

A. Einstein

B. W. Shakespeare

C. Graham Bell

D. T. Alfa edison

E. James Watt

Pembahasan

Jawaban B.

Semuanya merupakan ilmuwan atau penemu. Sedangkan W. Shakespeare adalah seorang penulis.

13. Mana yang tidak masuk kelompoknya?

A. Penyelidikan

B. Pengusutan

C. Penelitian

D. Pemeriksaan

E. Penuntutan

Pembahasan

Jawaban E.

Semua kata yang disebutkan memiliki makna setara dengan investigasi, kecuali penuntutan.

Wacana

‍Pelajar di Purwakarta mulai diwajibkan membawa alat kebersihan ke sekolah. Tujuannya, agar terlibat dalam penanganan kebersihan di lingkungan sekolah. “Instruksi dari pak bupati (Dedi Mulyadi). Mulai pekan depan pelajar harus bawa sapu dan alat kebersihan lainnya,” kata

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Purwakarta, Rasmita, Selasa (29/3). Dia mengatakan, pelajar membawa alat kebersihan dua kali dalam seminggu. Teknisnya, sebelum masuk sekolah para siswa maupun siswi membersihkan lingkungan sekolah terlebih dulu. “Jadwalnya setiap hari Selasa dan Kamis. Sebelum masuk sekolah, mereka bersihbersih lingkungan sekitar sekolah termasuk ruas jalan., pungut sampah untuk memisahkan sampah plastik dan organik. Sampah organik seperti daun dikumpulkan supaya jadi pupuk untuk menanam pohon di lingkungan sekolah,” ujar Rasmita. Selain itu, Rasmita menjelaskan setiap pelajar juga akan belajar di tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Cikolotok untuk belajar pengelolaan sampah. “Selain belajar, instruksi dari pak bupati supaya pelajar mulai peka akan kesadaran sosial dan respek pada pemungut sampah yang tiap hari bersihkan Purwakarta dari sampah,” imbuhnya. Pelajar di Purwakarta menyukai kebersihan sehingga menyetujui usulan tersebut meskipun sempat mendapat protes dari para orangtua. Penanganan sampah, kata dia, selama ini selalu jadi permasalahan di setiap daerah. Peran pelajar agar sadar dalam pengelolaan sampah menurutnya harus dilakukan sejak dini. “Jika kesadaran kelola sampah dengan baik dilakukan sejak dini, maka kelak mental warga Purwakarta akan semakin baik,” pungkas Ramita. (Sumber http://www.merdeka.com/ tanggal 29 Maret 2016).

15. Judul yang tepat sesuai dengan isi berita di

atas adalah …

A. Study Tour Pelajar Purwakarta ke TPAS Ciolotok untuk Belajar Pengelolaan Sampah

B. Belajar Pengelolaan Sampah, Siswa di Purwakarta Wajib Membersihkan Sekolah.

C. Himbauan Disdikpora Purwakarta untuk Para Pelajar

D. Himbauan Pejabat Pemda Purwakarta untuk Sekolah-sekolah

E. Pelajar di Purwakarta Wajib Bawa Alat Kebersihan Dua Kali Seminggu

Pembahasan:

Syarat sebuah judul adalah sesuai tema, singkat, jelas, menarik (provokatif), dan mewakili keseluruhan isi wacana. Judul sebuah wacana bisa berupa kata atau frasa. Kalimat judul yang tepat adalah Pelajar di Purwakarta Wajib Bawa Alat Kebersihan Dua Kali Seminggu dapat mewakili keseluruhan isi wacana tersebut.

Jawaban: E

16. Berdasarkan teks di atas topik yang diangkat adalah tentang …

A. Pengelolaan sampah

B. Himbauan Kepala Disdikpora Purwakarta

C. Kebersihan lingkungan sekolah

D. Tugas baru para pelajar di Purwakarta

E. Study tour ke TPAS Cikolotok

Pembahasan:

Penjelasan topik sudah dijelaskan pada pembahasan no.1. Jadi, topik yang mencakup keseluruhan ide wacana tersebut adalah kebersihan lingkungan sekolah.

Jawaban: C

17. Berdasarkan teks di atas, upaya membersihkan lingkungan sekolah akan dilaksanakan pada hari … terdapat dalam …

A. Selasa dan Jumat, paragraf 1 kalimat ke 6

B. Senin dan Rabu, paragraf 2 kalimat ke 7

C. Senin dan Kamis, paragraf 1 kalimat ke 4

D. Jumat dan Sabtu, paragraf 2 kalimat ke 9

E. Selasa dan Kamis, paragraf 1 kalimat ke 8

Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada wacana upaya membersihkan lingkungan sekolah akan dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis terdapat dalam paragraf 1 kalimat ke 8, yaitu: “Jadwalnya setiap hari Selasa dan Kamis. Sebelum masuk sekolah, mereka bersih-bersih lingkungan sekitar sekolah termasuk ruas jalan.

Jawaban: E

18. Apa tujuan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Purwakarta mengikutsertakan pelajar untuk mengelola kebersihan di sekolah?

A. Memudahkan pekerjaan para pemungut

sampah

B. Belajar mengelola sampah di sekitar lingkunggan sekolah

C. Melibatkan pelajar dalam penanganan kebersihan sekolah

D. Membantu pekerjaan petugas kebersihan sekolah

E. Menumbuhkan cinta kebersihan pada lingkungan sekolah

Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada wacana tujuan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Purwakarta mengikutsertakan pelajar untuk mengelola kebersihan di sekolah adalah melibatkan pelajar dalam penanganan kebersihan sekolah, hal tersebut dapat dicermati pada kutipan wacana paragraf 1 kalimat ke-2, yaitu “Tujuannya, agar terlibat dalam penanganan kebersihan di lingkungan sekolah.”

Jawaban: C

19. Kalimat sumbang dalam teks tersebut ditunjukkan dalam …

A. Paragraf 1 kalimat ke 6

B. Paragraf 2 kalimat ke 6

C. Paragraf 1 kalimat ke 4

D. Paragraf 2 kalimat ke 3

E. Paragraf 1 kalimat ke 7

Pembahasan: Kalimat sumbang adalah kalimat yang tidak mendukung bahkan bertolak belakang dengan kalimat utamanya (topik atau isi bacaan). Kalimat sumbang dalam suatu paragraf dapat ditentukan dengan cara:

a) Baca keseluruhan paragraf dan tentukan gagasan utama, tema, atau topik paragraf terlebih dahulu.

b) Cari kalimat penjelas yang tidak mendukung dan mempunyai sifat berkebalikan dengan gagasan utama. Jadi, kalimat sumbang dalam wacana di atas ditemukan dalam paragraf 2 kalimat ke-3, yaitu kalimat “Pelajar di Purwakarta menyukai kebersihan sehingga menyetujui usulan tersebut meskipun sempat mendapat protes dari para orangtua.”

Jawaban: D

20. 9 x 2 x 7 – 65 – 40 = .....

a. 13.230

b. –13.230

c. 21

d. 231

e. 101

Pembahasan: 9 x 2 x 7 – 65 – 40 = (9 x 2 x 7) – 65 – 40

= 126 – 65 – 40

= 21

Jawaban: C

Baca juga artikel terkait AKTUAL DAN TREN atau tulisan lainnya dari Ega Krisnawati

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Dipna Videlia Putsanra