tirto.id - Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) Tahun 2025 memberikan kesempatan kerja bagi semua kalangan, termasuk penyandang Disabilitas dan Orang Asli Papua (OAP), untuk bekerja di bawah naungan BUMN.
Pelamar bisa mengambil berbagai posisi yang tersedia, baik untuk fresh graduate maupun experienced hire. Periode pendaftaran mulai pada 7-16 Maret 2025, dengan periode melamar dari 10-16 Maret 2025.
Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2025 juga berusaha lebih inklusif dengan melibatkan difabel. Selain itu, RBB juga membuka peluang bagi talenta terbaik dari Orang Asli Papua (OAP) untuk berkontribusi dan berkembang di perusahaan.
Apakah Pelamar RBB 2025 Bisa Daftar Lebih Dari 1 Posisi?
Setiap pelamar hanya dapat memilih 1 (satu) lowongan pekerjaan yang tersedia. Hal ini bertujuan agar proses seleksi berjalan lebih fokus dan efisien. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih posisi yang paling sesuai dengan kemampuan dan minat.
Selain itu, sangat penting untuk mengisi data dan dokumen pada Daftar Riwayat Hidup dengan benar, karena setelah melamar, tidak ada kesempatan untuk mengubah data yang telah peserta masukkan. Persiapkan diri dengan baik agar bisa memanfaatkan kesempatan ini seoptimal mungkin.
Peraturan dan Ketentuan Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2025
Rekrutmen Bersama BUMN 2025 menetapkan batas usia maksimal berdasarkan jenjang pendidikan, mulai dari maksimal 25 tahun untuk lulusan SMA/SMK hingga 35 tahun untuk lulusan S2. Pelamar dengan pengalaman kerja juga memiliki batas usia maksimal hingga 45 tahun, sesuai dengan jenjang pendidikan yang dimiliki.
Bagi penyandang disabilitas, nilai minimal untuk SMA/SMK adalah 60, sementara untuk D3 dan D4/S1 adalah IPK minimal 2.50. Orang Asli Papua (OAP) juga memiliki persyaratan yang sama, dengan nilai minimal 60 untuk SMA/SMK dan IPK minimal 2.50 untuk D3 dan D4/S1. Pastikan untuk memenuhi semua ketentuan ini agar dapat melamar dengan lancar.
Cara Memilih Lowongan Sesuai Kualifikasi Peserta RBB 2025
Memilih lowongan pekerjaan yang tepat dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2025 sangat penting untuk memastikan kesesuaian dengan kualifikasi dan minat Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk mengajukan lamaran dengan tepat dan efisien.
1. Pilih Menu "Karir"
- Akses menu "Karir" untuk melihat daftar pekerjaan yang tersedia.
- Anda hanya dapat memilih satu posisi, jadi pastikan untuk mempertimbangkan pilihan Anda dengan baik.
- Cek dengan teliti deskripsi pekerjaan, persyaratan, dan lokasi penempatan sebelum mengajukan lamaran.
- Jika sudah yakin dengan pilihan Anda, klik tombol "Ajukan Lamaran" dan isi sumber informasi pekerjaan yang diminta.
- Setujui pernyataan Pakta Integritas yang muncul sebagai komitmen tertulis dari peserta.
- Setelah lamaran berhasil dikirim, akan muncul notifikasi "Lamaran Anda untuk posisi ini telah berhasil dikirim".
- Anda bisa memantau perkembangan proses seleksi melalui menu "Lamaran Saya" di pojok kanan atas.
- Notifikasi konfirmasi juga akan masuk pada menu "Notifikasi" atau "Pesan Masuk" pada menu "Profil Saya".
Penulis: Lita Candra
Editor: Dipna Videlia Putsanra