Menuju konten utama

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 & Jawabannya

Berikut contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 7 semester 1 dan jawabannya yang berupa pilihan ganda hingga essay.

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 & Jawabannya
ilustrasi pelajaran bahasa indonesia. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 7 semester 1 beserta jawabannya berikut ini bisa digunakan untuk bahan latihan menjelang penilaian tengah semester atau UTS.

Sejumlah contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 7 Kurikulum Merdeka tersebut meliputi pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dan esai.

Beberapa pertanyaan Bahasa Indonesia kelas 7 tadi berkaitan dengan tema, seperti teks deskripsi dan teks naratif.

Dua tema itu masuk dalam bagian awal pembahasan di materi Bahasa Indonesia kelas 7 semester 1 Kurikulum Merdeka.

PTS/UTS semester gasal biasanya diselenggarakan pada sekitar bulan September-Oktober untuk tingkat sekolah SD, SMP, hingga SMA/SMK. Jadwal pelaksanaannya bisa bervariasi di setiap daerah. Oleh karena itu, peserta didik dapat mulai bersiap dengan mempelajari contoh soal sejak awal bulan.

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 dan Jawabannya

Berikut ini beberapa contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 7 Kurikulum Merdeka dalam bentuk pilihan ganda dan esai beserta jawabannya:

A. Soal Pilihan Ganda

1. Perhatikan ciri-ciri teks di bawah ini!

(1) Menggambarkan atau melukiskan suatu benda, tempat, atau suasana tertentu.

(2) Tidak menimbulkan salah pengertian.

(3) Bertujuan agar pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan sendiri objek yang dideskripsikan.

(4) Menarik untuk dibaca.

(5) Menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.

Berdasarkan perincian di atas, yang termasuk ciri-ciri teks deskripsi adalah ….

A. (1), (2), dan (3)

B. (2), (3), dan (4)

C. (1), (3), dan (5)

D. (2) dan (4)

Jawaban: C.

2. Lokasi wisata Pantai Parangtritis menyajikan keindahan pantai yang luar biasa. Kalimat di atas dapat diperinci menjadi ….

A. Deburan ombak besar yang indah menjadikan pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal.

B. Kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.

C. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

D. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.

Jawaban: C.

3. Kalimat berikut yang menggunakan cerapan pancaindra seolah-olah dapat merasakan adalah ….

A. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya embusan angin sore melingkupi seluruh tubuh.

B. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan peristiwa sangat istimewa

C. Di Pantai Parangtritis, kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir.

D. Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Jawaban: A.

4. Baca Teks berikut ini dengan cermat!

TARI GAMBYONG

Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil.

Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong. Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah- langkah kecil. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri.

Kengser adalah gerak kaki ke samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekarang mlaku) dan gerak di tempat (sekarang mandheg).

Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.

4. Berdasarkan teks di atas, objek yang dideskripsikan adalah ….

A. koreografi tari Gambyong

B. gerak srisig

C. Tari Gambyong

D. gerak embat

Jawaban: C.

5. Di bawah ini yang bukan termasuk tujuan teks deskripsi di pertanyaan nomor 4 ialah...

A. menggambarkan koreografi tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada gerak kaki.

B. menggambarkan koreografi tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada tubuh.

C. menggambarkan koreografi tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada lengan dan kepala.

D. menggambarkan koreograf i tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada jari tangan.

Jawaban: B

6. Bacalah penggalan paragraph berikut!

Coronavirus itu merupakan keluarga besar virus yang dapat menyerang manusia dan hewan. Nah, pada manusia, Coronavirus biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai dari flu hingga penyakit serius, seperti Covid-19, MERS, dan SARS.

Penggalan teks tersebut merupakan struktur teks deskripsi bagian ….

A. Identifikasi

B. Deskripsi bagian

C. Kesimpulan

D. Penutup

Jawaban: A.

7. Bacalah penggalan teks deskripsi di bawah ini!

Virus Corona atau COVID-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini masih berhubungan dengan penyebab SARS dan MERS yang sempat merebak beberapa tahun lalu. Virus ini menyebar dengan sangat cepat melalui kontak fisik bisa juga lewat benda mati. Berdasarkan penelitian, bahaya virus Corona bisa menyebabkan kematian. Bahkan, pasien yang terinfeksi dan sembuh akan mengalami kerusakan permanen pada paru-paru dan antibodi. Virus Corona muncul dengan beberapa gejala yang berbeda-beda pada tubuh pasiennya. Namun, secara umum, gejala virus Corona adalah flu, demam, batuk, hingga sesak napas. Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya. Namun, dengan perawatan yang tepat Covid-19 bisa sembuh.

Obyek yang dideskripsikan dalam paragraf di atas adalah ….

A. Virus Flu

B. Virus Corona

C. Batuk

D. SARS

Jawaban: B.

8. Berikut ini yang tidak termasuk ciri teks naratif (cerita imajinasi) adalah....

A. ada keajaiban atau kemisteriusan

B. menggunakan latar

C. bersifat nyata

D. ide cerita

Jawaban: C

9. Berikut ini yang bukan merupakan kategori cerita fantasi ditinjau dari latar cerita adalah....

A. latar lintas waktu masa lampau

B. latar lintas waktu masa prasejarah

C. latar waktu sezaman

D. latar lintas waktu masa yang akan datang

Jawaban: B

10. Baca dengan cermat kutipan teks naratif/cerita imajinasi berikut!

Bintang membuka plastik pembungkus kado dengan buru-buru. Kado itu berbentuk buku diary. Cover depan berwarna merah. Diary itu bergambar mawar merah segar di tengah- tengahnya. Mawar itu tampak hidup. Bintang menyentuh mawar itu. Ia merasa ujung jarinya dingin, seperti menyentuh kelopak mawar sungguhan. Bintang terkejut ketika bunga mawar itu mulai bergerak-gerak dan semakin membesar. Tiba-tiba Bintang berada di kebun bunga mawar.

Berdasarkan teks narasi di atas, yang membuktikan bahwa cerita fantasi memiliki ciri adanya keajaiban atau kemisteriusan adalah...

A. bintang menyentuh mawar itu

B. diari itu bergambar mawar merah segar di tengah-tengahnya

C. bintang membuka plastik pembungkus kado dengan buru-buru

D. bintang terkejut ketika bunga mawar itu mulai bergerak-gerak dan semakin membesar

Jawaban: D.

11. Teks cerita imajinasi di pertanyaan nomo 10 menonjolkan unsur intrinsik berupa....

A. amanat

B. tokoh dan penokohan

C. latar

D. tema

Jawaban: B.

12. Di bawah ini yang merupakan deskripsi tentang pohon adalah....

A. gemuk, besar, dan tinggi

B. daging, ringan dan kurus

C. batang, kurus dan besar

D. daun, batang dan akar

Jawaban: D.

13. Teks deskripsi adalah....

A. teks yang menggambarkan atau menjelaskan tentang suatu objek

B. teks yang berisikan tentang kisah hidup seseorang

C. teks yang bersifat laporan

D. teks yang menjelaskan tentang jalan hidup seseorang

Jawaban: A.

14. Tujuan teks deskripsi adalah menggambarkan objek secara.....

A. Subjektif

B. Objektif

C. Kreatif

D. Imajinatif

Jawaban: B.

15. Berikut ini yang merupakan ciri teks deskripsi adalah.....

A. Pembuka

B. Langkah-langkah

C. Penutup

D. Deskripsi bagian

Jawaban: D.

16. Berikut ini yang bukan merupakan unsur dari teks narasi adalah ….

A. Alur

B. Tema

C. Fiksi

D. Latar

Jawaban: C

17. Baca dengan cermat penggalan teks berikut!

Sallah satu yang tidak bisa lepas dari Teguh adalah manja. Hampir tiap malam, Teguh tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus, dia selalu menggangguku. Kalau waktunya makan, dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperti orang sedang berdoa. Kemanjaan Teguh membuat aku selalu rindu.

Aspek yang dideskripsikan dalam teks di atas berkaitan dengan ...

A. fisik objek

B. sifat objek

C. kehidupan objek

D. lingkungan objek

Jawaban: B.

18. Kata sifat yang dipakai dalam penggalan teks di pertanyaan nomor 17 adalah ….

A. sangat

B. manja

C. selalu

D. berdoa

Jawaban: B.

19. Berikut ini yang merupakan contoh bagian identifikasi dari teks deskripsi adalah....

A. Pada hari kelima, semua gadis dan wanita desa itu berduyun-duyun ke rumahnya. Sementara itu, semua laki-laki dilarang menghadiri acara ini.

B. Kawasan sekitar Bandara Soekarno Hatta d i Ce ngka reng , Ja karta, dibanjiri manusia. Kerumunan orang tua, muda, dan anak-anak di mana- mana. Sebagian tampak berjejer di pinggir jalan masuk. Sebagian lagi duduk-duduk beralas koran dan rumput. Ada juga yang duduk santai di atas motor dan mobil yang diparkir seenaknya di kiri kanan jalan masuk menuju bandara.

C. Gadis itu didudukkan di sebuah ruangan kecil dengan rambut yang diatur rapi. Pada leher si gadis, digantungkan kalung dari gigi-gigi anjing.

D. kami berempat baru saja turun dari kereta api di Stasiun Palmerah, Jakarta Selatan. Kami berasal dari kampung dan masing-masing me- nenteng sebuah tas sederhana berwarna gelap. Eh, begitu keluar dari stasiun, kami digeledah di sekitar gedung MPR/DPR yang memang letaknya dekat stasiun. Akhirnya, polisi menangkap saya dan mem- bawa ke markas. Kami diumumkan sebagai tersangka pembawa senjata tajam, padahal kami hanya pedagang benda tersebut.

Jawaban: B.

20. Baca dengan cermat penggalan teks berikut!

Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang berdiameter sekitar 400 meter. Lembah Harau terkenal dengan keindahannya yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi berbentuk unik mengelilingi lembah. ......... Sejak memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan mengagumkan ini.

Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi titik-titik dalam paragraf di atas adalah...

A. Tebing-tebing granit terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter.

B. Pengunjung sudah lama mengincar pemandangan ini.

C. Tebing Harau tidak kalah indahnya dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

D. Tebing granit ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Provinsi Sumatra Barat.

Jawaban: A

21. Perhatikan dengan cermat kalimat-kalimat di bawah ini!

(1) Bukit hijau menjadi latar pantai.

(2) Debur ombak pantai terdengar berirama.

(3) Udara di pinggir pantai terasa segar.

(4) Air kecil dengan buih-buih kecil.

(5) Pantai panjang dengan pasir putih.

Kalimat yang menggunakan pancaindra penglihatan ditunjukkan dengan nomor....

A. 1, 2, dan 5

B. 1, 4, dan 5

C. 2, 3, dan 4

D. 1, 2, dan 4

Jawaban: C

22. Baca dengan cermat penggalan teks berikut ini!

Car Free Day (CFD) atau hari tanpa kendaran di kawasan Dago tampak ramai dan meriah. CFD dimeriahkan oleh aksi beberapa orang dalam sebuah pergelaran musik. Selain pergelaran musik, ada pula pergelaran tari. Ada empat anak perempuan mengenakan baju berwarna kuning, samping batik, dan mahkota di kepalanya. Keempat anak itu menari diringi lagu-lagu khas Jawa Barat. Selain itu, banyak pengunjung yang memanfaatkan CFD sebagai tempat berolaraga, seperti senam dan zumba.

Informasi yang sesuai dengan teks deskripsi di atas adalah ....

A. Pergelaran musik yang digelar di CFD Dago bergenre dangdut hingga rock.

B. CFD Di Dago dimeriahkan oleh Pergelaran tari yang diiringi lagu-lagu khas jawa barat.

C. CFD di Bandung diselenggarakan diberbagai titik, salah satunya di Dago.

D. Dago merupakan salah satu tempat favorit warga Bandung sehingga selalu ramai.

Jawaban: B.

23. Perhatikan penggalan teks di bawah ini!

Sekolahku indah. Aku senang berlama-lama di sekolah. Lingkungan sekolahku hijau dan rindang. Di belakang sekolah terdapat sebuah taman yang indah, hijau, rindang, dan mungil. Banyak tanaman hias di taman mini itu. Ada pot-pot tanaman yang bervariasi. Sepatu bekas bisa dijadikan pot indah dan menarik. Demikian pula barang bekas lainnya, seperti botol, kaleng, dan bekas tempat makanan bisa dijadikan pot yang indah. Selain jenis pot kreatif, banyak jenis tanaman yang segar, hijau, dan indah. Aku sering duduk di taman itu sambil membaca buku atau mengerjakan PR sambil menunggu kakak menjemputku. Taman sekolah itu kusebut taman mini Asoy.

Teks deskripsi di atas menggambarkan tentang ....

A. Sekolahku

B. Halaman sekolah

C. Taman mini Asoy

D. Lapangan sekolah

Jawaban: A.

24. Tujuan penulisan teks deskripsi adalah...

A. menceritakan pengalaman

B. menjelaskan pendapat pribadi

C. menjelaskan proses terjadi suatu fenomena

D. menggambarkan ciri objek

Jawaban: D

25. Baca penggalan teks berikut!

Aku berbentuk persegi panjang. Tubuhku pipih. Aku terdiri dari berbagai warna. Ada merah, hijau, biru, atau ungu. Keberadaanku sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Aku dapat disimpan di kotak, di meja, di bank, bahkan di kantong baju atau celana. Apakah aku?

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan "Apakah aku?" di paragrap di atas adalah....

A. Uang Kertas

B. Dompet

C. Kartu Kredit

D. Ponsel

Jawaban: A.

B. Soal Esai

26. Sebutkan jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya!

Jawaban:

Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi 2 kategori. Pertama adalah teks deskripsi berdiri sendiri sebagai teks. Kedua, teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dan lain-lain).

27. Buatlah paragraf deskripsi singkat tentang Covid-19!

28. Buatlah kalimat menggunakan konjungsi Sehingga dan Oleh Karena Itu!

Jawaban:

(1) Aku mengalami sakit flu hari ini, sehingga harus meminta izin pada guru untuk tidak masuk kelas.

(2) Aku mengalami sakit flu berat dan mendapatkan saran dari dokter untuk beristirahat. Oleh karena itu, aku meminta izin pada guru untuk tidak masuk kelas selama 3 hari sesuai dengan saran dokter.

29. Tunjukkan peluluhan kata yang salah dalam kalimat-kalimat berikut!

(1). Perajin memroduksi suvenir dalam kegiatan industri rumah tangga dengan skala kecil.

(2). Kemampuan bahasa pemandu wisata itu sangat mengagumkan. Ia secara tangkas menterjemahkan paparannya dari bahasa Inggris ke bahasa Jerman kepada rombongan wisatawan mancanegara yang dipimpinnya.

(3). Kilau sinar matahari yang menerpa permukaan danau itu sangat mengagumkan.

Jawaban:

-Penulisan "Memroduksi" adalah salah karena seharusnya "Memproduksi."

-Penulisan "Menterjemahkan" adalah salah karena yang benar "Menerjemahkan."

30. Tulisan 3 kalimat dengan penggunaan tanda koma yang benar!

Jawaban:

(1) Sandimin membeli kopi, kain, dan tas sebagai oleh-oleh untuk para sahabatnya.

(2) Imron mengambil foto, sementara Fajar memilih menikmati secangkir kopi.

(3) Jika lulus ujian, saya akan mendapat hadiah sepeda baru dari ayah.

Baca juga artikel terkait BAHASA INDONESIA atau tulisan lainnya dari Fajri Ramdhan

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Fajri Ramdhan
Penulis: Fajri Ramdhan
Editor: Addi M Idhom