Menuju konten utama

Contoh Soal PKN Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawabannya

Berikut ini contoh soal PKN kelas 9 beserta jawabannya dalam bentuk pertanyaan pilihan ganda dan essay.

Contoh Soal PKN Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawabannya
Ilustrasi Pancasila. foto/Istockphoto

tirto.id - Peserta didik dapat memanfaatkan contoh soal PKN kelas 9 semester 1 beserta jawaban berikut untuk persiapan ujian, terutama Ujian Akhir Semester (UAS) atau Penilaian Akhir Semester (PAS).

Mempelajari puluhan contoh soal PKN kelas 9 semester 1 pilihan ganda dan essay itu pun berguna untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran Pendidikan Pancasila (Pendidikan Kewarganegaraan).

Kumpulan contoh soal yang tersaji di bawah ini juga bisa dipakai sebagai referensi untuk para guru dalam menyusun materi ujian. Isinya mencakup sejumlah pertanyaan dengan materi yang cocok untuk soal UAS PKN kelas 9 semester 1.

Soal PKN Kelas 9 Semester 1 Beserta Jawabannya

Mencermati contoh soal akan berguna bagi peserta didik untuk mengetahui pola maupun bentuk pertanyaan yang sering muncul dalam ujian. Karena itu, contoh soal PKN kelas 9 semester 1 bisa menjadi bahan belajar menjelang ujian ulangan maupun UAS/PAS.

Soal-soal ujian PKN kelas 9 semester 1 berkaitan dengan materi tentang Pancasila, Dasar Negara RI, UUD 1945, hak-kewajiban warga negara, hingga kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Berikut contoh soal PKN kelas 9 semester 1 beserta jawabannya dalam pertanyaan pilihan ganda dan essay atau isian jawaban:

A. Soal PKN Kelas 9 Semester 1 Pilihan Ganda

1. Mencari solusi masalah dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat merupakan perwujudan nilai Pancasila sila....

A. Keempat

B. Kelima

C. Ketiga

D. Kedua

Jawaban: A

2. Menjalankan ibadah sesuai keyakinan dengan tetap menghargai perbedaan pemeluk agama lain merupakan perwujudan nilai sila ....Pancasila

A. Kedua

B. Kelima

C. Kesatu

D. Keempat

Jawaban: C

3. Dalam Alinea keempat Pembukaan UUD 1945, tercantum salah satu tujuan Negara Republik Indonesia, yakni...

A. Melawan musuh bangsa

B. Mengungguli bangsa lain

C. Membebaskan rakyat miskin

D. Mencerdaskan kehidupan bangsa

Jawaban: D

4. Sebagaimana tercantum dalam UUD NRI 1945, salah satu kewajiban warga negara adalah....

A. Mendapatkan kesejahteraan yang layak

B. Mendapatkan akses pendidikan murah

C. Ikut serta dalam upaya pembelaan negara

D. Terlibat dalam pemerintahan demokratis

Jawaban: C

5. Berikut ini, keterangan yang menunjukkan contoh keseimbangan dalam pelaksanan hak dan kewajiban di bidang pendidikan adalah....

A. Mendapatkan akses pendidikan yang sama di sekolah dan belajar dengan sungguh-sungguh

B. Mematuhi semua peraturan di sekolah dan mengikuti norma-norma masyarakat

C. Menjalankan perintah guru dan membela teman jika berada di pihak yang benar

D. Mendapatkan pekerjaan yang layak dan memperoleh kesempatan belajar hingga perguruan tinggi

Jawaban: A

6. Pembahasan rancangan UUD NRI Tahun 1945 dilakukan dalam sidang ...

A. MPR

B. DPR

C. BPUPKI

D. PPKI

Jawaban: C

7. Konstitusi di Negara Republik Indonesia berupa....

A. GBHN

B. Peraturan Pemerintah

C. Undang-undang Dasar

D. Dasar Negara

Jawaban: C

8. Perwujuan nilai sila pertama Pancasila di kehidupan bermasyarakat dapat ditunjukkan oleh warga negara Indonesia dengan ...

A. Membantu pekerjaan orang lain sehingga dapat cepat selesai

B. Berkata jujur dan berbuat baik terhadap sesamanya

C. Berdoa semoga hidupnya bahagia

D. Menjalankan ibadah sesuai keyakinan dan agama masing-masing

Jawaban: D

9. Dalam negara demokrasi, kekuasaan tertinggi berada di tangan ...

A. MPR

B. DPR

C. Rakyat

D. Penguasa

Jawaban: C

10. Cita-cita mewujudkan masyarakat adil dan makmur dengan kesejahteraan merata di Indonesia merupakan salah satu nilai Pancasila yang terkandung dalam sila ...

A. Persatuan Indonesia

B. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

C. Kemanusiaan yang adil dan beradab

D. Ketuhanan Yang Maha Esa

Jawaban: B

11. Sikap yang sesuai dengan demokrasi Pancasila saat mendengar putusan musyawarah adalah ...

A. Bersikap netral sehingga tidak menimbulkan pertentangan

B. Pasrah karena rangkuman dari kehendak orang banyak

C. Mendukung agar semua bisa berjalan dengan baik

D. Menerima dan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab

Jawaban: D

12. Pembahasan nilai-nilai Pancasila dari segi sejarah sangat diperlukan agar ...

A. Sejarah perjuangan bangsa selalu diingat

B. Menjadi dasar tindakan kita untuk masa yang akan datang

C. Dapat membandingkan dengan bangsa lain di dunia

D. Mengetahui peristiwa penting yang terjadi pada bangsa Indonesia zaman dulu

Jawaban: B

13. Alasan utama Pancasila sebagai Ideologi dapat diterima oleh bangsa Indonesia adalah karena nilai-nilainya merupakan...

A. akar masyarakat Indonesia

B. perjanjian luhur bangsa Indonesia

C. warisan leluhur bangsa Indonesia

D. Dasar Negara Indonesia

Jawaban: C

14. Rumusan Pancasila yang sah tercantum pada ...

A. Aturan Tambahan UUD 1945

B. Pasal-pasal UUD 1945

C. Pembukaan UUD 1945

D. Batang Tubuh UUD 1945

Jawaban: C

15. Menurut J.J. Rousseau, kontrak sosial yang dilakukan masyarakat mempunyai tujuan membuat pemerintahan ...

A. Monarki

B. Demokrasi

C. Diktator

D. Tirani

Jawaban: B

16. Hasil sidang kedua BPUPKI yang diputuskan pada 16 Juli 1945 menyepakati....

A. Rancangan UUD

B. Kemerdekaan Indonesia

C. Pancasila

D. Naskah proklamasi

Jawaban: A

17. Berikut ini yang merupakan contoh perwujudan nilai sila ketiga Pancasila adalah....

A. Masyarakat Indonesia saling membantu saat menghadapi pandemi Covid-19

B. Menghormati pemeluk agama dan keyakinan lain

C. Bermusyawarah untuk menyelesaikan masalah di kampung

D. Negara menyalurkan bantuan kepada fakir miskin

Jawaban: A

18. Salah satu ciri khas pelaksanaan demokrasi di Indonesia adalah ...

A. adanya pemilu

B. adanya MPR

C. musyawarah mufakat

D. suka bekerja keras

Jawaban: C

19. Di Negara Republik Indonesia, kedaulatan tertinggi berada di tangan....

A. Tuhan

B. Presiden

C. Rakyat

D. Pemerintah

Jawaban: C

20. Contoh penerapan nilai sila ke-2 Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ...

A. Membantu orang lain karena haknya

B. Menghormati hak-hak orang lain

C. Meningkatkan kegiatan silaturahmi

D. Menghormati orang yang lebih tua

Jawaban: B

21. Makna yang terkandung dalam alinea I Pembukaan UUD 1945 adalah ...

A. Kemerdekaan Indonesia adalah atas berkat rahmat Allah Yang MAha Kuasa

B. Perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajah melahirkan kemerdekaan

C. Kemerdekaan adalah hak segala bangsa

D. NKRI berdasarkan Pancasila

Jawaban: C

22. Berikut yang bukan makna Pembukaan UUD 1945 alinea keempat adalah ...

A. Negara RI berkedaulatan rakyat

B. Negara Indonesia berbentuk republik

C. Pengukuhan proklamasi kemerdekaan

D. Negara Indonesia memiliki dasar negara Pancasila

Jawaban: C

23. Kemerdekaan yang dicapai bangsa Indonesia merupakan hasil perjuangan pergerakan melawan penjajah dan adanya momentum yang harus dimanfaatkan untuk menyatakan kemerdekaan, merupakan makna Pembukaan UUD 1945 alinea ke ...

A. I

B. II

C. III

D. IV

Jawaban: B

24. Pembukaan UUD 1945 sebagai instrumen nasional HAM Indonesia menyatakan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa. Oleh karena itu, sikap Negara Republik Indonesia adalah...

A. Aktif membantu perjuangan bangsa yang ingin merdeka

B. Aktif mengikuti olimpiade

C. Menolak segala bentuk penjajahan di dunia

D. Menjaga kerja sama dengan negara-negara lain

Jawaban: C

25. Dasar negara dan tujuan negara Indonesia tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, terutama di alinea ...

A. Pertama

B. Kedua

C. Ketiga

D. Keempat

Jawaban: D

26. Lembaga yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia adalah ...

A. PPKI

B. BPUPKI

C. PETA

D. Heiho

Jawaban: B

27. Pernyataan objektif bangsa Indonesia bahwa penjajahan tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 alinea....

A. Pertama

B. Kedua

C. Ketiga

D. Keempat

Jawaban: A

28. UUD NRI Tahun 1945 merupakan contoh jenis konstitusi....

A. Tertulis

B. Tidak Tertulis

C. Tertinggi

D. Undang-undang

Jawaban: A

29. Berikut tujuan pembentukan Negara Republik Indonesia berdasarkan alinea keempat UUD 1945, kecuali...

A. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

B. Memajukan kesejahteran umum

C. Mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia

D. Memanfaatkan kekayaan alam Indonesia

Jawaban: D

30. Teori politik yang membagi kekuasaan menjadi 3 bagian yakni legislatif, eksekutif dan yudikatif disebut ...

A. Swapraja

B. Kontrak Sosial

C. Demokrasi

D. Trias Politika

Jawaban: D

B. Soal Essay PKN Kelas 9 Semester 1

1. Jelaskan pengertian ideologi secara etimologis!

Jawaban: Secara etimologi, ideologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri atas 2 kata, yaitu idea dan logos. Idea yang berarti gagasan, cita-cita atau konsep; Logos yang berarti pemikiran. Jadi, secara etimologi, ideologi berarti ilmu yang meliputi kajian tentang asal usul dan hakikat ide atau gagasan.

2. Jelaskan isi pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga!

Jawaban: Alinea ketiga Pembukaan UUD 1945 memuat pokok pikiran berikut:

  • Kemerdekaan yang dicapai oleh bangsa Indonesia merupakan berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.
  • Menyatakan kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945.
  • Kemerdekaan adalah keinginan luhur bangsa Indonesia untuk bebas dari penjajahan dan bisa menentukan nasib sendiri.

3. Jelaskan makna alinea pertama Pembukaaan UUD NRI Tahun 1945!

Jawaban: Alinea pertama Pembukaan UUD 1945 menegaskan tekad Bangsa Indonesia untuk menegakkan kemerdekaan dan melawan penjajahan di dunia. Dengan demikian, Bangsa Indonesia tidak hanya berjuang meraih kemerdekaan, tetapi juga turut serta mendorong penghapusan penjajahan di muka bumi.

4. Bagaimana hubungan antara DPR dengan Presiden RI? Jelaskan dengan singkat!

Jawaban: Presiden adalah pemimpin tertinggi pemerintahan di Indonesia. Dalam menjalankan tugasnya, Presiden RI diawasi oleh DPR. Presiden dibantu bawahannya di kabinet juga membahas rancangan undang-undang bersama dengan DPR. Presiden melaksanakan undang-undang yang telah disetujui oleh DPR.

5. Apa perbedaan tugas pokok Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung!

Jawaban: Tugas pokok Mahkamah Agung lebih berkaitan dengan penegakan hukum yang berupa peraturan perundang-undangan di Indonesia. Sementara itu, tugas Mahkamah Konstitusi lebih berhubungan dengan empat wewenangnya, yakni menguji keselarasan undang-undang dengan UUD, memutuskan sengketa kewenangan lembaga negara yang wewenangnya diberikan oleh UUD, memutuskan pembubaran partai politik, dan memutuskan perkara perselisihan atau sengketa hasil pemilu.

Baca juga artikel terkait PKN atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Addi M Idhom