Menuju konten utama

35 Soal Statistika Kelas 11 Kurikulum Merdeka dan Jawabannya

Kumpulan contoh soal Statistika kelas 11 semester 2 beserta jawabannya berikut dapat menjadi bahan belajar siswa.

35 Soal Statistika Kelas 11 Kurikulum Merdeka dan Jawabannya
Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Idi, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Selasa (17/3/2020). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/hp.

tirto.id - Materi Ujian Akhir Semester (UAS) Matematika kelas 11 adalah Statistika. Soal UAS Statistika kelas 11 semester 2 kemungkinan lebih banyak melibatkan perhitungan matematis.

Sebagai bahan belajar, siswa bisa mengerjakan kumpulan soal Statistika kelas 11 Kurikulum Merdeka. Selain itu, peserta didik mesti mencermati dan memahami rumus-rumusnya.

Lalu, apa saja kisi-kisi materi Statistika kelas 11 Kurikulum Merdeka?

Kisi-Kisi Materi Statistika Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Materi soal UAS Statistika kelas 11 semester 2, merujuk pada buku Matematika SMA/SMK Kelas XI (2021), mencakup tiga submateri. Berikut rincian kisi-kisinya.

A. Diagram Pencar atau Diagram Scatter

  1. Menggambar diagram pencar
  2. Menginterpretasikan diagram pencar
  3. Menentukan arah dan bentuk tren data bivariat dari diagram pencar

B. Regresi Linear

  1. Pengertian regresi linear
  2. Metode kuadrat terkecil

C. Analisis Korelasi

  1. Pengertian analisis korelasi
  2. Korelasi product moment
  3. Koefisien determinasi

Contoh Soal PAT Matematika Statistika Kelas 11 Semester 2 dan Jawabannya

Contoh soal Statistika kelas 11 Kurikulum Merdeka berikut disajikan dalam dua kategori, yakni pilihan ganda dan esai. Masing-masing pertayaan sudah disertai dengan kunci jawaban dan pembahasannya.

A. Contoh soal Statistik kelas 11 beserta jawabannya kategori pilihan ganda

Berikut kumpulan soal UAS Statistika kelas 11 semester 2 kategori pilihan ganda.

1. Sebuah diagram pencar menggambarkan hubungan antara variabel X dan Y. Jika titik-titik tersebar secara acak tanpa pola tertentu, hal ini menunjukkan...

a. Hubungan linear positif antara X dan Y

b. Tidak ada hubungan antara X dan Y

c. Hubungan nonlinear antara X dan Y

d. Hubungan negatif antara X dan Y

e. Tidak cukup informasi untuk menentukan hubungan

Jawaban: B.

2. Dalam sebuah diagram pencar, jika arah umum garis regresi linier yang dihasilkan adalah naik dari kiri bawah ke kanan atas, hubungan antara variabel X dan Y adalah...

a. Negatif

b. Positif

c. Tidak ada hubungan

d. Nonlinear

e. Tidak dapat ditentukan dari informasi yang diberikan

Jawaban: B.

3. Dalam sebuah studi yang membandingkan waktu studi dan nilai ujian, sebuah diagram pencar menunjukkan bahwa semakin lama waktu studi, nilai ujian yang diperoleh juga kian tinggi. Hubungan ini menunjukkan...

a. Hubungan negatif

b. Tidak ada hubungan

c. Hubungan positif

d. Hubungan nonlinear

e. Tidak dapat ditentukan dari informasi yang diberikan

Jawaban: C.

4. Jika sebuah diagram pencar (scatter plot) menunjukkan bahwa titik-titik data membentuk pola kurva yang membuka ke atas, maka hubungan antara variabel X dan Y adalah...

a. Positif

b. Negatif

c. Tidak ada hubungan

d. Linear

e. Nonlinear

Jawaban: E.

5. Dalam sebuah diagram pencar, jika titik-titik data membentuk pola yang berdekatan dengan garis diagonal dari kiri bawah ke kanan atas, hal ini menunjukkan...

a. Hubungan nonlinear

b. Hubungan negatif

c. Tidak ada hubungan

d. Hubungan positif

e. Tidak cukup informasi untuk menentukan hubungan

Jawaban: D.

6. Dalam analisis regresi linear sederhana, jika nilai koefisien determinasi (R-squared) 0.75, artinya...

a. 75% korelasi antara variabel dependen dan independen

b. 75% variabilitas dalam variabel independen dijelaskan oleh variabel dependen

c. 75% kesalahan dalam model regresi

d. 75% kemungkinan model regresi adalah akurat

e. 75% variabilitas dalam variabel dependen dijelaskan oleh variabel independen

Jawaban: E.

7. Garis regresi adalah...

a. Garis yang menghubungkan dua titik data di setiap sumbu

b. Garis yang memiliki intercept terkecil

c. Garis yang memiliki kemiringan tertinggi

d. Garis yang paling dekat dengan semua titik data

e. Garis yang paling dekat dengan garis diagonal

Jawaban: D.

8. Jika koefisien regresi (slope) adalah 0.6, artinya....

a. Hubungan antara variabel independen dan dependen tidak signifikan

b. Setiap penambahan 0.6 unit pada variabel independen akan menghasilkan penambahan satu unit pada variabel dependen

c. Setiap penambahan satu unit pada variabel independen akan menghasilkan penambahan 0.6 unit pada variabel dependen

d. Variabel independen dan dependen tidak memiliki hubungan

e. Model regresi tidak sesuai dengan data

Jawaban: C.

9. Jika dalam analisis regresi linear sederhana, nilai intercept adalah 5 dan nilai koefisien regresi (slope) adalah 1.2, persamaan regresinya berapa?

a. Y = 1.2 + 5X

b. Y = 5 + 1.2X

c. Y = 5X + 1.2

d. X = 5 + 1.2Y

e. X = 1.2 + 5Y

Jawaban: B.

10. Apabila dalam sebuah studi regresi linear, nilai koefisien determinasi (R-squared) adalah 0.90, ini menunjukkan bahwa...

a. 90% variabilitas dalam variabel dependen dijelaskan oleh variabel independen

b. 90% variabilitas dalam variabel independen dijelaskan oleh variabel dependen

c. 90% kesalahan dalam model regresi

d. 90% kemungkinan model regresi adalah akurat

e. 90% korelasi antara variabel dependen dan independen

Jawaban: A.

11. Korelasi product moment digunakan untuk mengukur hubungan antara dua variabel. Korelasi tersebut memiliki rentang nilai antara:

a. -1 hingga 0

b. 0 hingga 1

c. -∞ hingga +∞

d. 0 hingga 100

Jawaban: B.

12. Jika nilai korelasi product moment antara dua variabel adalah -0.85, maka hubungan antara kedua variabel tersebut adalah:

a. Positif dan kuat

b. Negatif dan lemah

c. Positif dan lemah

d. Negatif dan kuat

Jawaban: D.

13. Ketika nilai korelasi product moment mendekati -1, hal tersebut menunjukkan bahwa:

a. Tidak ada hubungan antara dua variabel

b. Hubungan antara dua variabel sangat kuat

c. Hubungan antara dua variabel lemah

d. Hubungan antara dua variabel negatif

Jawaban: B.

14. Jika korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah 0.25, maka dapat disimpulkan bahwa:

a. Variabel X dan Y memiliki hubungan kuat

b. Variabel X dan Y tidak memiliki hubungan

c. Korelasi antara variabel X dan Y adalah positif

d. Korelasi antara variabel X dan Y adalah negatif

Jawaban: C.

15. Apa yang dapat diinterpretasikan dari nilai korelasi product moment yang mendekati 0?

a. Tidak ada hubungan antara dua variabel

b. Hubungan antara dua variabel sangat kuat

c. Hubungan antara dua variabel lemah

d. Hubungan antara dua variabel negatif

Jawaban: A.

16. Koefisien determinasi memunyai rentang nilai....

a. 0 ≤ r ≤ 1

b. 0 ≤ r ≤ 2

c. 1 ≤ r ≤ 0

d. 0 > r > 1

e. 0 < r < 1

Jawaban: A

Untuk menjawab soal UAS Statistik kelas 11 semester 2 nomor 17-20, simak informasi berikut!

Perusahaan manufaktur mobil A ingin menyelidiki alasan harga salah satu model mobilnya terdepresiasi (penurunan) seiring bertambahnya usia mobil. Departemen riset di perusahaan mengambil sampel delapan mobil model ini dan mengumpulkan informasi berikut tentang usia (dalam tahun) dan harga (dalam jutaan rupiah) mobil-mobil ini.

Usia (tahun)83692563
Harga (jutaan rupiah)4521010033267134109235

17. Berapa persamaan garis regresinya jika harga sebagai variabel dependen sedangkan usia sebagai variabel independen?

a. y = 322,4483 – 34,4425x

b. y = 322,4483 – 14,4425x

c. y = 122,4483 – 34,4425x

d. y = 222,4483 – 44,4425x

e. x = 322,4483 – 34,4425y

Jawaban: A

18. Interpretasikan nilai a dan b yang diperoleh dalam perhitungan nomor 17.

a. Nilai a artinya ketika usia mobil adalah 0 tahun, maka harganya 322,4483 juta rupiah. Nilai b artinya setiap usia mobil bertambah 2 tahun, harga turun sebesar 34,4425 juta rupiah.

b. Nilai a artinya ketika usia mobil adalah 0 tahun, harganya 422,4483 juta rupiah. Nilai b artinya setiap usia mobil bertambah 1 tahun, harga turun sebesar 34,4425 juta rupiah.

c. Nilai a artinya ketika usia mobil adalah 1 tahun, maka harganya 322,4483 juta rupiah. Nilai b artinya setiap usia mobil bertambah 2 tahun, harga turun sebesar 34,4425 juta rupiah.

d. Nilai a artinya ketika usia mobil adalah 0 tahun, maka harganya 322,4483 juta rupiah. Nilai b artinya setiap usia mobil bertambah 1 tahun, harga turun sebesar 34,4425 juta rupiah.

e. Nilai a artinya ketika usia mobil adalah 0 tahun, maka harganya 222,4483 juta rupiah. Nilai b artinya setiap usia mobil bertambah 1 tahun, harga turun sebesar 44,4425 juta rupiah.

Jawaban: D

19. Berapa prediksi harga mobil yang berusia 7 tahun?

a. 81,8053 juta rupiah.

b. 91,3508 juta rupiah.

c. 71,3508 juta rupiah.

d. - 81,3508 juta rupiah.

e. 81,3508 juta rupiah.

Jawaban: E

20. Berapa prediksi harga mobil yang berusia 18 tahun?

a. –297,5167 juta rupiah.

b. –397,5167 juta rupiah.

c. –300 juta rupiah.

d. –290 juta rupiah.

e. 297,5167 juta rupiah.

Jawaban: A

B. Contoh soal Statistika kelas 11 Kurikulum Merdeka kategori esai

Simak kumpulan contoh soal Statistika kelas 11 semester 2 kategori esai di bawah ini.

21. Tinggi badan dari 5 orang anak adalah: 140, 145, 143, 150, dan 147. Lantas, berapa tinggi rata-ratanya?

Jawaban dan Pembahasan:

Rata-rata=jumlah tinggi badan semua anak:5

Rata-rata=140+143+145+147+150:5

Rata-rata=725:5

Rata-rata=145 cm

22. Terdapat data 7, 8, 8, 9, 7, 6, 5, 8. Rata-ratanya adalah?

Jawaban dan Pembahasan:

Rata-rata=jumlah keseluruhan:banyaknya data

Rata-rata=7+8+8+9+7+6+5+8:8

Rata-rata=58:8

Rata-rata=7,25

23. Data 5, 6, 6, 8, 7, 6, 8, 7, 6, 9 mempunyai median?

Jawaban dan Pembahasan:

Median=6+7:2

Median=13:2

Median: 6,5

24. Jangkauan dari data berikut adalah...

Data: 4,6, 7, 9,10, 12, 13, 20

Jawaban dan Pembahasan:

Jangkauan= data terbesar-data terkecil

Jangkauan=20-4

Jangkauan=16

25. Hitung simpangan kuartil dari data berikut.

7, 4, 5, 6, 7, 4, 5, 7, 8, 9, 6

Jawaban dan Pembahasan:

Diketahui:

Q1=5

Q2=6

Q3=7

Maka simpangan kuartil=1/2 (Q3-Q1)

Simpangan kuartil=1/2 (2)= 1

Untuk menjawab contoh soal Statistik nomor 6-10, perhatikan data berikut!

(Matematika BS KLS XI, 2021, hlm. 85)

Diagram Pencar Jumlah Subscriber

Diagram Pencar Jumlah Subscriber. foto/Kemendikbud

26. Letakkan pasangan-pasangan data rata-rata waktu dan banyak subscribers di atas dalam bentuk pasangan titik koordinat!

Jawaban dan Pembahasan:

Berikut pasangan data jika dipasangkan melalui titik koordinat.

Rata-rata waktu per hariBanyak subscriberPasangan titik koordinat
5,5 jam1.400.000 orang(5,5 , 1.400.000)
8,3 jam2.400.000 orang(8,3 , 2.400.000)
3,8 jam1.300.000 orang(3,8 , 1.300.000)
6,1 jam1.600.000 orang(6,1 , 1.600.000)
3,3 jam900.000 orang(3,3 , 900.000)
4,9 jam1.500.000 orang(4,9 , 1.500.000)
6,7 jam1.700.000 orang(6,7 , 1.700.000)
Sementara, jika digambarkan lewat diagram menjadi:

(Matematika BG Kelas XI, 2021, hlm. 135)

27. Bagaimana pola penyebaran titik-titik yang telah digambar pada diagram di atas?

Jawaban dan Pembahasan:

Titik-titik yang mempunyai kecenderungan semakin naik ke atas jika dilihat dari kiri bawah ke kanan atas.

28. Kesimpulan seperti apa yang dapat kalian ambil mengenai hubungan antara rata-rata waktu

yang didedikasikan dan banyak subscribers berdasarkan pola penyebaran titik-titik pada nomor 2?

Jawaban dan Pembahasan:

Berdasarkan arah data sesuai nomor 2, kesimpulan yang dapat diambil adalah semakin tinggi rata-rata waktu maka semakin tinggi juga banyak subscribers.

29. Data mana yang tidak konsisten dengan kesimpulan kalian pada nomor 3?

Jawaban dan Pembahasan:

Data ke-4 dari kiri pada diagram pencar atau data ke-1 dari tabel, karena meskipun penghasilannya lebih tinggi dari penghasilan data ke-3 namun pengeluarannya lebih rendah dibandingkan pengeluaran data ke-3.

30. Apakah data tersebut akan membuat kesimpulan kalian pada nomor 3 menjadi tidak tepat?

Jawaban dan Pembahasan:

Data tersebut tidak menyimpang jauh dari data-data sekitarnya sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap kesimpulan yang diperoleh. Jika data dilihat secara keseluruhan, kesimpulan yang diperoleh masih tetap valid.

31. Berapakah rata-rata nilai ulangan 7 peserta didik berikut.

77, 76, 75, 77, 79, 78, 74

Jawaban dan Pembahasan:

Rata-rata=Jumlah nilai peserta didik:jumlah peserta didik

Rata-rata=77+76+75+77+79+78+74:7

Rata-rata=536:7

Rata-rata=76,57

32. Hitung rataan dari data 8, 4, 7, 9, 4, 7, 3, 6, 5, 7.

Jawaban dan Pembahasan:

Rataan=jumlah nilai data keseluruhan+jumlah data

Rataan=8+4+7+9+4+7+3+6+5+7:10

Hasil: 60:6=6

33. Dari data nomor 12, hitung jumlah mediannya.

Jawaban dan Pembahasan:

Median=6+7:2

Median=13:2

Median=6,5

34. Nilai berapa yang menjadi modus pada data nomor 12?

Jawaban dan Pembahasan:

Modus=Angka yang muncul paling banyak

Modus=7

35. Dari 40 siswa, terdapat nilai rata-rata berjumlah 62. Seandainya salah satu dari mereka yang mempunyai nilai 23 tak diikutsertakan, maka rata-ratanya berubah menjadi..

Jawaban dan Pembahasan:

62=23+x:40

23+X=62.40

23+x=2.480

Jika murid yang punyai nilai 23 dihilangkan, maka x=2.480-23

X=2.457

Untuk menghitung rata-rata, dihasilkan rumus berikut.

Rata-rata=2.457:39

Hasil: 63

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Edusains
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Fadli Nasrudin