tirto.id - KKTP adalah salah satu indikator yang digunakan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di level SD. KKTP singkatan dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP).
Format KKTP Kurikulum Merdeka berisi serangkaian kriteria/indikator untuk menunjukkan capaian kompetensi peserta didik. KKTP menunjukkan sejauh mana peserta didik mampu mencapai kompetensi sesuai tujuan pembelajaran di implementasi Kurikulum Merdeka.
KKTP menjadi salah satu bagian dalam rapor Kurikulum Merdeka di setiap akhir semester. Melalui KKTP Kurikulum Merdeka, siswa dapat mengevaluasi serta memperbaiki performa belajar jika hasil asesmen belum memenuhi kriteria Tujuan Pembelajaran (TP).
Perbedaan KKTP dan KKM
Konsep KKTP sebetulnya serupa dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang berlaku di Kurikulum 2013. Lantas apa yang membedakan KKTP dan juga KKM?
Terdapat beberapa perbedaan antara Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) di Kurikulum Merdeka dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam K13. Salah satu dari perbedaan itu ialah KKTP lebih fokus pada deskripsi dan analisis dibanding angka mutlak.
Merujuk keterangan di laman resmi Platform Merdeka Mengajar, berikut adalah perbedaan antara KKTP dan juga KKM:
1. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
- Indikator tuntas menggunakan angka mutlak.
- Angka tidak disertai deskripsi atau penjelasan tentang perbedaan angka pada indikator tersebut.
- Siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM, akan mengikuti remedial untuk memenuhi angka indikator tuntas.
- Cenderung menyamaratakan kemampuan seluruh siswa karena nilai yang diperoleh sama.
2. KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)
- Indikator tuntas berwujud deskripsi spesifik tentang keterampilan dan kompetensi yang perlu dikuasai siswa, sebagai keterangan bahwa peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran.
- Dilaksanakan melalui 3 pendekatan, yaitu pendekatan deskripsi kriteria, pendekatan rubrik dan pendekatan interval nilai-skala).
- Penulisan KKTP lebih utama pakai deskripsi, tapi jika dibutuhkan bisa menggunakan alternatif rentang nilai (71-80, 81-90) yang disertai keterangan di setiap interval. Namun, tidak disarankan menggunakan nilai mutlak, seperti 70, 80, 85.
- Deskripsi perkembangan peserta didik lebih terukur dan personal sesuai kemampuan mereka masing-masing.
- Perolehan nilai siswa sama persis tidak berarti laporan hasil belajar sama.
- Deskripsi benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, progress, dan area perkembangan siswa.
- Bagi siswa yang tidak mencapai indikator tuntas akan dilakukan refleksi dan evaluasi.
Cara Membuat KKTP Kurikulum Merdeka
Penyusunan KKTP Kurikulum Merdeka berangkat dari Tujuan Pembelajaran (TP). Tujuan Pembelajaran adalah deskripsi pencapaian kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh peserta didik saat pembelajaran, yang dibuat kronologis berdasarkan urutan proses belajar. Adapun urutan tadi menjadi prasyarat untuk mewujudkan Capaian Pembelajaran (CP).
Sementara itu, cara membuat KKTP Kurikulum Merdeka secara umum terbagi menjadi 3 macam pilihan. Berikut ini penjelasan tentang tiga macam cara membuat KKTP Kurikulum Merdeka:
1. Dari TP ke Rubrik
Jenis pertama adalah membuat KKTP dari Tujuan Pembelajaran (TP) yang langsung dijabarkan dalam rubrik penilaian dengan 4-5 kriteria. Dalam metode ini, guru bisa merumuskan apa saja kompetensi yang perlu menjadi capaian dari peserta dan memilih strategi pembelajaran.2. Dari TP ke Indikator Asesmen
Di metode ini, KKTP Kurikulum Merdeka dibuat dengan menjabarkan Tujuan Pembelajaran (TP) menjadi sejumlah indikator asesmen. Indikator itu nantinya dijadikan ukuran capaian pembelajaran.Misalnya, untuk TP peserta didik mempelajari wujud-wujud benda. Indikator asesmenya bisa berupa: (1) peserta didik mampu mendeskripsikan macam-macam wujud benda. (2) Peserta didik mampu menjelaskan perbedaan dari setiap wujud benda.
3. Kombinasi
Metode ketiga adalah mengombinasikan jenis cara pertama dan kedua di atas. Dalam hal ini, guru menjabarkan TP menjadi indikator asesmen sekaligus rubrik penilaian capaian belajar. Metode ketiga ini lebih kompleks isinya dan cukup rumit, tetapi kelebihannya memaparkan data mendetail sehingga memudahkan pemetaan.Saat menyusun KKTP Kurikulum Merdeka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni sebagai berikut:
- Deskripsi kriteria, yakni penjabaran ketuntasan yang diharapkan oleh guru meliputi beberapa tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam 1 materi/bab.
- Pendekatan Rubrik, yakni pendekatan untuk mengukur sejauh mana siswa mencapai tujuan pembelajaran. Deskripsi pendekatan ini lebih komprehensif, dan guru perlu menyertakan kesimpulan (tujuan pembelajaran tercapai, atau tidak) di akhir KKTP.
- Skala atau Interval Nilai yakni rentang nilai untuk mengukur pemahaman siswa secara kuantitatif namun tetap disertai keterangan. Sebagai misal, interval nilai 0-68 untuk keterangan siswa Perlu Bimbingan, 68-78 untuk Cukup, 79-89 untuk Baik, dan 90-100 untuk Sangat Baik.
Contoh KKTP Kurikulum Merdeka
Berikut adalah contoh format KKTP Kurikulum Merdeka SD kelas 2 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia:
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN | BAB | TEMA | INTERVAL | |||
Perlu Bimbingan(0-68) | Cukup(68-78) | Baik(79-89) | Sangat Baik(90-100) | |||
| Bab 1 Mengenal Perasaan | Mengenal Berbagai Jenis Perasaan dan Penyebabnya | V | |||
| Bab 2 Menjaga Kesehatan | Mengenal Berbagai Cara untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Berbagai Jenis Olahraga | V | |||
| Bab 3 Berhati-hati di Mana Saja | Mengenal Cara Aman untuk Menyeberangi Jalan dan Berada Seorang Diri di Rumah, serta Berbagai Tanda Peringatan di Tempat Umum | V | |||
| V |
Link Download Contoh KKTP Kurikulum Merdeka
Untuk referensi yang selengkapnya, berikut link download contoh KKTP dalam Kurikulum Merdeka:
1. Download KKTP Kurikulum Merdeka Kelas 2 SD Bahasa Indonesia.
2. Download KKTP Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD Bahasa Indonesia.
3. Download KKTP Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD Matematika PDF.
4. Download KKTP dalam Kurikulum Merdeka PDF.
5. Download KKTP Kurikulum Merdeka SD Kelas 5 SD Bahasa Indonesia.
Penulis: Aisyah Yuri Oktavania
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Addi M Idhom