Celtic vs Valencia di Liga Eropa 2019: Jadwal, Prediksi, Skor H2H

Oleh: Fitra Firdaus - 13 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Celtic vs Valencia di Liga Eropa pada Jumat (15/2/2019) mengarah pada kemenangan tim tamu.
tirto.id - Laga Celtic vs Valencia akan digelar pada Jumat (15/2/2019) pukul 03.00 WIB. Tampil dalam leg pertama babak 32 besar Liga Eropa, tim tamu kehilangan Rodrigo Moreno dan Jose Gaya ketika melawat ke Celtic Park. Di sisi lain, tuan rumah tengah luar biasa.

Celtic yang ditangani Brendan Rodgers menjamu Valencia dengan kepercayaan diri tinggi. Dalam tujuh laga terakhir di semua kompetisi, The Bhoys menang tujuh kali. Mereka juga mencetak 21 gol, tanpa kebobolan dalam kurun waktu tersebut.

Namun, tes yang dilalui Celtic tergolong tidak imbang dengan lawan mereka kali ini, Valencia. Pasalnya, tuan rumah "hanya" tampil di Liga Skotlandia dan Piala FA lokal. Fakta bahwa Celtic bisa mengalahkan RB Leipzig (Jerman) di babak penyisihan bukan jaminan.

Rodgers sendiri berharap timnya terinspirasi oleh kemenangan 2-1 atas wakil Bundesliga tersebut. Dikutip dari situs resmi Celtic, sang juru taktik menuturkan, "Kesabaran adalah bagian dari permainan. Laga kontra Leipzig adalah demonstrasi yang luar biasa dari itu. Kami [tim pelatih] yang berencana dan mempersiapkan strategi, dan para pemain harus memberikan yang terbaik."

Sementara Celtic dalam kondisi prima, Valencia baru saja menelan tiga hasil seri beruntun di semua kompetisi. Mereka bisa menahan imbang Barcelona 2-2 di Camp Nou, tetapi kemudian hanya imbang dengan Real Betis dan Real Sociedad.

Valencia tidak membawa bek Facundo Roncaglia yang terkena larangan bermain. Selain itu, Rodrigo dan Gaya juga cedera. Sebagai ganti, pelatih Marcelino Garcia Toral Kevin Gameiro dan Toni Lato bisa dimainkan.

Khusus Lato, dia memiliki kenangan indah di Celtic Park bersama Carlos Soler, sesama jebolan tim pemuda Valencia. Ketika tampil untuk tim Juvenil A Los Che, mereka menjadi eksekutor yang meloloskan tim di leg kedua babak 16 besar UEFA Youth League.

"Celtic membawa kembali memori indah bagi kami. Jadi, saya harap kami bisa pulang ke Valencia dengan senyum di wajah, seperti yang terjadi pada saat itu," kata Lato dikutip situs resmi Valencia.



Rekor Head to Head
06-12-2001 Celtic vs Valencia 1-0
22-11-2001 Valencia vs Celtic 1-0

Perkiraan Susunan Pemain
Celtic (4-5-1): Craig Gordon; Jeremy Toljan, Dedryck Boyata, Jozo Simunovic, Kieran Tierney; James Forrest, Callum McGregor, Scott Brown, Ryan Christie, Scott Sinclair; Odsonne Edouard

Valencia (4-4-2):
Neto; Cristiano Piccini, Gabriel Paulista, Mouctar Diakhaby, Toni Lato; Carlos Soler, Geoffrey Kondogbia, Dani Parejo, Goncalo Guedes; Kevin Gameiro, Santi Mina

Prediksi Pertandingan
Catatan spektakuler Celtic menang dalam 7 laga terakhir adalah catatan "semu" karena mereka tidak mendapatkan lawan setangguh Valencia.

Sebaliknya, tim tamu punya masalah di lini depan tanpa Rodrigo. Dalam tiga laga terakhir, hanya Kevin Gameiro yang bisa menjebol gawang lawan, itu pun cuma sekali, saat melawan Real Betis (8/2).

Baca juga artikel terkait LIGA EROPA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus