Liga Champions

Prediksi Ajax vs Real Madrid di UCL 2019, Rekor Buruk Tuan Rumah

Oleh: Wan Faizal - 12 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Rekor buruk menghantui tuan rumah, sehingga prediksi Ajax vs Real Madrid di Liga Champions pada Kamis (14/2/2019) bisa berpihak pada tim tamu.
tirto.id - Pertandingan Ajax Amsterdam vs Real Madrid akan tersaji dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Johan Cruyff ArenA Kamis (14/2/2019) pukul 03.00 WIB. Tampil di kandang sendiri tak membuat Ajax bisa tenang karena mereka justru punya catatan tidak bagus kala bertemu sang juara dalam tiga edisi Liga Champions terakhir.

Jelang pertandingan ini, memang ada satu catatan negatif bagi tuan rumah asuhan Erik ten Hag. Dari 12 kali bersua Madrid di Liga Champions, Ajax sudah menelan tujuh kekalahan dan bahkan selalu tertunduk lesu dalam enam pertemuan terakhir keduanya. Pertemuan terakhir mereka di Amsterdam pun juga berakhir pedih bagi tuan rumah karena mereka ditaklukkan 1-4 tujuh tahun silam.

Situasi tersebut ditambah dengan performa tak konsisten Ajax di kancah domestik. Dalam lima laga terakhir di Eredivisie, Hakim Ziyech dan kawan-kawan hanya mampu menang dua kali, ditahan imbang sekali oleh Heerenveen, dan kemudian dua kali tumbang atas Feyenoord dan Heracles Almelo pada akhir pekan kemarin.

“Kami tidak berada pada momen yang bagus saat ini. Tapi inilah sepakbola, terkadang kamu harus mengalami kekalahan yang tentunya tidak disukai. Pada saat seperti ini kami harus tetap berdiri tegak untuk menunjukkan kemampuan kami, terutama disaat seperti ini,” tutur Dusan Tadic, top skor Ajax di Liga Champions dalam konferensi pers jelang laga ini.




Thibaut Courtois, kiper Real Madrid yang baru diangkut dari Chelsea pada bursa transfer musim panas tahun lalu, di sisi lain menegaskan bahwa timnya tetap harus mewaspadai Ajax. Meski performa lawan sedang menurun, Ajax diyakini Courtois punya kualitas untuk bangkit.

“Ajax punya tim yang bagus dengan perpaduan pemain muda dan pemain berpengalaman. Ini akan menjadi pertandingan yang terbuka karena saya yakin mereka tidak akan main bertahan. Semoga kami bisa menang dan untuk mewujudkannya kami harus bisa menjaga konsentrasi, bisa bertahan dengan baik, dan harus bisa memanfaatkan setiap kesempatan yang ada,” ujarnya dikutip situs resmi Real Madrid.

Ajax dikabarkan hanya akan kehilangan Lisandro Magallan karena cedera. Situasi yang sama menimpa Marcos Llorente di kubu Madrid bersamaan dengan Isco serta Jesus Vallejo.



Perkiraan Susunan Pemain
Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Rasmus Kristensen, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Lasse Schone, Frenkie de Jong; Donny Van de Beek, Dusan Tadic, Hakim Ziyech; Klaas Jan Huntelaar

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Casemiro, Toni Kroos, Luka Modric; Gareth Bale, Vinicius Junior, Karim Benzema

Prediksi Pertandingan
Nama Dusan Tadic barangkali menjadi sosok yang harus diwaspadai Sergio Ramos dan rekan-rekan. Sudah lima gol ia sumbangkan di Liga Champions musim ini dan membuatnya menjadi top skor sementara bagi Ajax meski posisinya bukan striker murni.

Nicolas Tagliafico juga bisa menjadi ancaman nyata bagi pertahanan Madrid. Meski berposisi sebagai fullback, hebatnya ia sudah mengemas tiga gol dan semua terjadi kala bermain di kandang sendiri.

Pernyataan Courtois bahwa laga ini bisa berjalan menarik memang cukup terbuka. Baik Ajax maupun Madrid lumayan produktif selama fase grup kemarin dengan catatan 11 gol untuk Ajax dan 12 bagi Madrid. Sedangkan jika melihat lima laga terakhir keduanya di semua kompetisi, potensi akan adanya banyak gol juga terbuka lantaran Ajax sukses mengemas 15 gol berbanding 14 gol dari pasukan Santiago Solari.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Wan Faizal