Cek Pengumuman UM Undip Vokasi Kemitraan 2023, Jadwal, dan Link

Kontributor: Aisyah Yuri Oktavania, tirto.id - 4 Agu 2023 10:31 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pengumuman hasil seleksi UM Undip program vokasi kemitraan disiarkan pada 5 Agustus 2023 melalui link https://pendaftaran.undip.ac.id/.
tirto.id - Pengumuman hasil seleksi UM (Ujian Mandiri) Undip program vokasi kemitraan disiarkan pada 5 Agustus 2023. Pengumuman dapat diakses secara daring melalui link https://pendaftaran.undip.ac.id/.

Sebelumnya telah dilaksanakan pengumuman hasil seleksi untuk jalur UM Kemitraan Undip Gelombang 2 pada 2 Agustus 2023.

UM Undip sendiri merupakan salah satu jenis seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang dikelola secara mandiri oleh Universitas. Pendaftar dapat mengikuti seleksi ini melalui beberapa jalur salah satunya UM Undip Vokasi Kemitraan.

Program Vokasi Kemitraan adalah seleksi yang diperuntukkan bagi lulusan SMA dengan ketentuan masyarakat perorangan yang berkenan bekerjasama untuk pengembangan Universitas Diponegoro (Undip). Penilaian yang dijadikan pertimbangan seleksi adalah tes tertulis dan makalah wawasan kebangsaan.

Tes tertulis dilaksanakan secara daring dengan metode CBT (Computer Based Test), sebelum melaksanakan ujian pendaftar diharuskan mencetak kartu peserta terlebih dahulu. Pendaftar juga perlu memperhatikan ketentuan perangkat keras yang digunakan untuk mengikuti ujian.

Spesifikasi perangkat keras yang dapat digunakan untuk mengikuti Ujian CBT Online antara lain:
  • Jenis: Laptop atau Komputer PC + Webcam
  • Sistem Operasi: Setara Windows: 7, 8, 10, 11, OS X El Capitan atau diatasnya
  • Aplikasi: Google Chrome dan Zoom (Versi Terbaru)
  • CPU: Setara Core i3 atau diatasnya
  • RAM: 4 GB
  • WebCam: Ada dan berfungsi baik
  • Penyimpanan Bebas (Free Disk Space): lebih dari 1 GB
  • Internet: 5 MBps disarankan jaringan kabel

Materi yang diujikan sejenis dengan soal ujian UTBK-SNBT yakni Tes Potensi Skolastik (Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, Pengetahuan Kuantitatif) dan Tes Literasi (Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Penalaran Matematika).

Adapun biaya pendaftaran dapat dibayarkan melalui sejumlah bank yang ditunjuk antara lain Bank BNI, BRI, BTN, Mandiri, Bank Jateng dan BSI.



Jadwal Pengumuman UM Vokasi Kemitraan Undip


Selain Ujian Mandiri Undip, dibuka juga jalur masuk lain yakni melalui SNBP, dan juga UTBK-SNBT yang telah dilaksanakan sebelumnya, serentak bagi PTN seluruh Indonesia. Berbeda dari dua jalur seleksi tersebut, Ujian Mandiri Undip dikelola mandiri, sehingga jadwal dan proses pendaftaran ditetapkan oleh Universitas.

Untuk UM Undip jalur Vokasi Kemitraan 2023 sebelumnya telah dilaksanakan pendaftaran pada 27 Juli-3 Agustus 2023. Dilanjutkan dengan proses ujian yang dilaksanakan secara daring pada 4 Agustus 2023.

Pengumuman hasil seleksi UM Undip jalur Vokasi Kemitraan diumumkan pada 5 Agustus 2023, pengumuman tersebut dapat diperiksa secara daring.

Link Pengumuman UM Vokasi Kemitraan Undip


Seperti disebutkan, pengumuman hasil seleksi dapat diakses secara daring, guna mempermudah calon mahasiswa memeriksa status mereka. Untuk memeriksa hasil seleksi secara daring, Anda dapat mengakses laman https://pendaftaran.undip.ac.id/ dengan melakukan login.

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos dapat bersiap untuk melaksanakan registrasi ulang dan tahapan lanjutan. Jadwal registrasi ulang dan tahapan berikutnya dapat dipantau melalui laman https://pmb.undip.ac.id/.


Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI atau tulisan menarik lainnya Aisyah Yuri Oktavania
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Aisyah Yuri Oktavania
Penulis: Aisyah Yuri Oktavania
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight