Cek Pengumuman Hasil SBMPTN 2019 di Laman Mirror Unsri Hari Ini

Oleh: Fitra Firdaus - 9 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pengumuman hasil SBMPTN 2019 pada Selasa (9/7/2019) pukul 15.00 WIB juga bisa dilihat melalui laman mirror Universitas Sriwijaya.
tirto.id - Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dilakukan pada Selasa (9/7/2019) pukul 15.00 WIB. Tidak hanya dapat dipantau melalui laman resmi pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id, hasil seleksi juga bisa dilihat melalui laman mirror Universitas Sriwijaya (Unsri).

Pengumuman hasil SBMPTN 2019 dilakukan secara serentak oleh semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada hari ini. Dengan total peserta yang mencapai 714.652 orang, ada kemungkinan terjadi masalah akses saat hendak mengetahui kelulusan di laman resmi pengumuman seleksi.

Oleh karenanya, laman mirror Universitas Sriwijaya dapat menjadi pilihan bagi peserta. Alamatnya dapat dilihat pada https://sbmptn.unand.ac.id.

Saat peserta SBMPTN 2019 masuk ke dalam laman mirror tersebut, langkah yang dapat dilakukan adalah mengisi kolom yang sudah disediakan. Kolom pertama, adalah kolom nomor pendaftaran. Untuk mengisinya, peserta dapat melihat kartu peserta SBMPTN.

Kolom berikutnya sebagai konfirmasi adalah kolom keterangan waktu lahir, yang dapat diisi dengan urutan tanggal lahir, bulan lahir, dan tahun lahir.

Jika semua sudah diisi, peserta dapat melakukan klik ke tombol "Lihat Hasil Seleksi". Peserta yang lulus seleksi akan mendapatkan keterangan, "Selamat, Anda dinyatakan lulus SBMPTN 2019" dilengkapi PTN dan program studi tempat ia lulus.

Berdasarkan keterangan Ketua Panitia SBMPTN 2019, Ravik Karsidi, peserta seleksi tahun ini dapat dibagi menjadi dua kategori jika melihat statusnya. Yaitu peserta reguler dan peserta pengusul beasiswa Bidikmisi.

"Jika dirinci yang merupakan peserta reguler sebanyak 541.339 orang dan peserta pengusul beasiswa Bidikmisi 173.313 orang," kata Ravik dikutip Antara pada 25 Juni 2019.

Berdasarkan keterangan di situs web Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan beberapa pilihan, yaitu hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja, atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat. Selain itu, ujian ini juga dapat diikuti oleh mereka yang lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.


Baca juga artikel terkait SBMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight