Cara Mengatasi Ketombe dengan 9 Bahan Alami: Ada Minyak Kelapa

Oleh: Dhita Koesno - 23 Oktober 2020
Dibaca Normal 4 menit
Bahan alami mengobati ketombe: dari minyak kelapa. lidah buaya, hingga baking soda.
tirto.id - Ketombe merupakan kondisi kulit yang memengaruhi kulit kepala dan menyebabkan kulit gatal, mengelupas, hingga bercak berminyak.

Penyebab Ketombe


Ketombe memengaruhi hingga 50 persen orang yang ada di dunia, dan penyebab ketombe menurut laman Medical News Today meliputi:

  • Dermatitis seboroik
  • Kulit kering
  • Reaksi alergi terhadap produk rambut dan kulit
  • Kondisi kulit lainnya, seperti eksim atau psoriasis
  • Diet
  • Pertumbuhan berlebih dari jamur mirip ragi yang disebut Malassezia


Bahan Alami Mengatasi Ketombe


Ada banyak obat topikal over-the-counter (OTC) dan sampo khusus untuk mengobati ketombe. Namun, ketombe juga dapat dihilangkan melalui bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan bisa dipraktekkan di rumah. Berikut uraiannya seperti dikutip dari Healthline:

1. Tea Tree Oil (Minyak Pohon Teh)

Tea Tree Oil
Tea Tree Oil. foto/Istockphoto


Secara historis, minyak pohon teh telah digunakan untuk mengobati penyakit mulai dari jerawat hingga psoriasis.

Ini juga terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat, yang dapat membantu meringankan gejala ketombe

Faktanya, menurut sebuah studi, minyak pohon teh efektif melawan strain spesifik jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe.

Studi lainnya meneliti efek minyak pohon teh pada ketombe dengan merawat 126 orang setiap hari dengan sampo yang mengandung minyak pohon teh 5 persen atau plasebo.

Hasilnya, minyak pohon teh mengurangi keparahan gejala hingga 41 persen, serta mengurangi rambut berminyak dan rasa gatal.

Namun minyak pohon teh dapat menyebabkan iritasi pada mereka yang memiliki kulit sensitif. Cara terbaik adalah mengencerkannya dengan menambahkan beberapa tetes ke minyak pembawa seperti minyak kelapa sebelum mengoleskannya langsung ke kulit.

2. Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa
Ilustrasi minyak kelapa. Getty Images/iStockphoto


Terkenal dengan berbagai manfaat kesehatannya, minyak kelapa juga sering digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe.

Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe.

Menerapkan minyak kelapa ke kulit selama delapan minggu dapat mengurangi gejala hingga 68 persen. Minyak kelapa dan senyawanya juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba dalam beberapa penelitian tabung reaksi, meskipun efek pada strain spesifik jamur yang menyebabkan ketombe belum diteliti.

3. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Ilustrasi Lidah Buaya untuk Kecantikan. iStockphoto/Getty Images


Lidah buaya adalah sejenis sukulen yang sering ditambahkan ke salep kulit, kosmetik, dan losion. Saat dioleskan ke kulit, lidah buaya dipercaya dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis, luka dingin, dan bermanfaat dalam pengobatan ketombe.

Menurut sebuah ulasan, sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya dapat membantu melindungi dari ketombe. Lidah buaya juga efektif melawan beberapa spesies jamur dan dapat membantu mengendalikan infeksi jamur yang menyebabkan rambut rontok dari kulit kepala.

4. Minimalkan Tingkat Stres

STRES
Ilustrasi. Salah satu pemicu stres masyarakat modern adalah kemacetan. Foto/iStock


Stres diyakini memengaruhi banyak aspek kesehatan dan kesejahteraan. Itu dapat mempengaruhi segalanya mulai dari kondisi kronis hingga kesehatan mental.

Meskipun stres itu sendiri tidak menyebabkan ketombe, tetapi stres dapat memperburuk gejalanya seperti kekeringan dan gatal-gatal di rambut.

Mempertahankan tingkat stres yang tinggi dalam jangka panjang dapat menekan aktivitas sistem kekebalan. Sistem kekebalan yang lemah dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan beberapa infeksi jamur dan kondisi kulit yang menyebabkan ketombe.

Faktanya, satu penelitian terhadap 82 orang dengan dermatitis seboroik, salah satu penyebab ketombe yang paling umum, menunjukkan bahwa sebagian besar episode dermatitis didahului oleh peristiwa kehidupan yang penuh tekanan.

Untuk menjaga tingkat stres tetap terkendali, cobalah beberapa teknik pengurangan stres, seperti meditasi, yoga, pernapasan dalam, atau aromaterapi.


5. Cuka Sari Apel

Ilustrasi Sari Cuka Apel
Ilustrasi Sari Cuka Apel. FOTO/iStockphoto


Cuka sari apel telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Ini termasuk meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan penurunan berat badan. Selain itu, cuka sari apel juga sering digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe.

Keasaman pada cuka dipercaya dapat membantu menstimulasi pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala. Cuka sari apel juga dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe.

Jika ingin mencoba cuka sari apel, tambahkan beberapa sendok makan ke sampo atau gabungkan dengan minyak esensial lain dan semprotkan langsung ke rambut.

6. Aspirin

Ilustrasi Aspirin
Ilustrasi Aspirin. FOTO/iStockphoto


Asam salisilat adalah salah satu senyawa utama yang ditemukan dalam aspirin yang bertanggung jawab atas sifat anti-inflamasi.

Selain ditemukan di aspirin, asam salisilat juga ditemukan di banyak sampo anti ketombe. Asam salisilat bekerja dengan membantu menghilangkan kulit bersisik dan melonggarkan serpihan sehingga ketombe bisa dihilangkan.

7. Tingkatkan Asupan Omega-3

Ilustrasi Minyak Ikan
Ilustrasi Minyak Ikan. foto/istockphoto


Asam lemak omega-3 berperan penting dalam tubuh. Mereka tidak hanya membentuk membran sel yang mengelilingi sel Anda, tetapi mereka juga penting dalam fungsi jantung, sistem kekebalan, dan paru-paru.

Asam lemak omega-3 juga penting untuk kesehatan kulit yang dapat membantu mengelola produksi dan hidrasi minyak, meningkatkan penyembuhan luka dan mencegah penuaan dini.

Kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk rambut kering, kulit kering, dan bahkan ketombe. Asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi peradangan, yang dapat membantu meredakan gejala iritasi dan ketombe.

Ikan berlemak seperti salmon, trout, dan mackerel merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan atau menambah asupan makanan kaya omega-3 lainnya seperti biji rami, biji chia, dan kenari.

8. Makan Lebih Banyak Probiotik

Ilustrasi Greek Yogurt
Ilustrasi Greek Yogurt. foto/istockphoto

Probiotik adalah jenis bakteri menguntungkan yang baik untuk kesehatan. Ada banyak manfaat probiotik potensial, termasuk perlindungan terhadap alergi, menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan penurunan berat badan.

Probiotik juga dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan, yang dapat membantu tubuh melawan infeksi jamur yang menyebabkan ketombe.

Satu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik selama 56 hari secara signifikan mengurangi keparahan ketombe pada 60 orang.

Probiotik juga telah terbukti membantu mengurangi gejala kondisi kulit seperti eksim dan dermatitis, terutama pada bayi dan anak-anak.

Probiotik tersedia dalam bentuk suplemen, juga bisa ditemukan di berbagai jenis makanan fermentasi, seperti greek yogurt, kombucha, kimchi, tempe, sauerkraut dan natto.

9. Baking Soda

Baking soda
Baking soda. foto/Istockphoto


Soda kue adalah obat yang cepat, nyaman, dan tersedia untuk membantu mengatasi ketombe. Ini diyakini bertindak sebagai exfoliant yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi scaling dan gatal-gatal.

Soda kue juga memiliki khasiat antijamur yang bisa bermanfaat dalam pengobatan ketombe dan iritasi kulit.


Baca juga artikel terkait CARA MENGOBATI KETOMBE atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight