Apakah Baking Soda Efektif Mengurangi Ketombe pada Kulit Kepala?

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 14 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Apakah soda kue dapat digunakan sebagai bahan untuk membasmi ketombe pada kulit kepala?
tirto.id - Tidak sedikit orang yang mengalami masalah dengan rambut berketombe. Berbagai cara mungkin juga telah dilakukan untuk mengatasinya, namun acapkali tidak berhasil meski telah mencoba berbagai merek sampo antiketombe.

Baking soda atau soda kue dapat menjadi pilihan alternatif jika ketombe muncul di kulit kepala Anda. Namun, apakah aman untuk kesehatan?

Laman Head and Shoulders menjelaskan, soda kue tidak dapat menghilangkan serpihan ketombe di kulit kepala.

Hal tersebut disebabkan baking soda tidak mengandung bahan aktif yang dapat menanganinya.

Jika kemudian ketombe hilang setelah Anda keramas menggunakan baking soda, maka itu hanya berlaku untuk sementara.

Sementara, laman Healthline menuliskan bahwa baking soda tidak terbukti dapat membuat rambuh menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bahkan, lebih banyak penelitian yang menyatakan baking soda sebagai faktor pemicu untuk kerusakan rambut dan iritasi kulit.

Kulit kepala memiliki tingkat pH 5,5 dan batang rambut memiliki tingkat pH 3,67. Keseimbangan di antara kulit kepala dan batang rambut harus senantiasa dijaga. Namun, soda kue memiliki tingkat pH 9 yang justru dapat merusak kondisi rambut dan kulit kepala.

Penelitian menunjukkan bahwa produk yang memiliki tingkat pH tinggi dapat meningkatkan kerusakan kutikula, kerusakan rambut, keriting, dan iritasi.

Kulit tubuh juga memiliki pH sekitar 5,5. Penelitian lain menunjukkan bahwa sabun alkali (pH 9,5) secara signifikan akan menurunkan kandungan lemak kulit dan mengiritasi lapisan pelindung kulit.

Manfaat yang diperoleh dengan menggunakan baking soda sebagai sampo bisa saja ada pada awalnya.

Bahan dengan pH tinggi efektif untuk menghilangkan penumpukan dan mengeringkan kulit kepala.

Namun, perlu diingat penggunaan jangka panjang dapat menghilangkan minyak alami rambut dan mengiritasinya.

Metode No Poo

Metode No Poo dilakukan dengan tidak menggunakan sampo pada umumnya yang dijual di pasaran.

Metode ini merekomendasikan untuk melakukan eksfoliasi pada kulit kepala menggunakan soda kue. Setelahnya, cuka sari apel yang dilarutkan dikenakan pada kulit kepala dan rambut untuk menyeimbangkan tingkat pH di kulit kepala.

Namun, metode ini tidak sebaiknya dianjurkan karena justru akan merusak kondisi alami kulit.

Soda kue dan cuka apel diklaim dapat mengendalikan ketombe. Hal tersebut bisa saja terjadi tetapi kemungkinan besarnya adalah tidak.

Seperti yang dimuat dalam Healthline, cuka sari apel bersifat antijamur dan dapat mengobati jamur penyebab ketombe. Tetapi penggunaan yang berulang justru akan memperparah kondisinya.

Sebaiknya, hindarilah metode No Poo tersebut terlebih apabila memiliki rambut kering atau rapuh, memiliki rambut yang diwarnai, menggunakan pengering rambut atau catokan atau benda lain yang mengeluarkan panas guna menata rambut, dan memiliki kulit yang sensitif.

Untuk mengatasi ketombe yang hadir di kulit kepala, Anda dapat mengenakan minyak kelapa.

Minyak kelapa terbukti dapat menembus batang rambut dan mencegah kerusakannya. Ia dapat digunakan sebelum dan sesudah kondisioner. Lebih baik, gunakan dengan sedikit untuk menghindari tampilan berminyak.

Jika Anda ragu, bisa kembali ke produk perawatan rambut. Sebaiknya Anda memilih produk tersebut dengan menyesuaikan kondisi kulit kepala dan rambut yang Anda miliki. Apakah itu rambut rontok, ketombe, dan lain sebagainya.


Baca juga artikel terkait ATASI KETOMBE DENGAN SODA KUE atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight