Bagaimana Cara Mengatasi IPK Tidak Muncul di Resume PPPK 2023?

Kontributor: Tifa Fauziah, tirto.id - 10 Okt 2023 16:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Bagaimana cara mengatasi IPK tidak muncul di Resume PPPK 2023? Berikut ini penjelasan untuk pertanyaan tersebut.
tirto.id - IPK tidak muncul di resume pendaftaran calon ASN termasuk kendala yang mungkin bisa dialami oleh pelamar PPPK 2023. Kendala seperti ini pernah pula ditanyakan oleh pelamar dalam pendaftaran PPPK edisi sebelumnya.

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif yang tercantum di ijazah pelamar lulusan perguruan tinggi menjadi salah data yang masuk dalam resume pendaftaran PPPK 2023.

Merujuk kepada isi buku panduan di portal SSCASN BKN, data IPK terdapat dalam resume PPPK Guru, PPPK Teknis, maupun PPPK Tenaga Kesehatan (Nakes).

Resume adalah laman yang muncul pada tahap akhir pendaftaran PPPK di portal SSCASN. Melalui laman resume ini, pelamar dapat memeriksa kembali kelengkapan dan kebenaran data terkait dengan dirinya.


Ketika laman resume sudah muncul dengan data terisi lengkap serta benar, pelamar bisa mencetak file kartu pendaftaran PPPK 2023.

Namu, pelamar perlu terlebih dulu memberikan tanda centang di semua kotak informasi yang ada dalam laman resume pendaftaran. Lalu, klik tombol "Akhiri Proses Pendaftaran" untuk melihat hasil final resume, dan kemudian bisa mencetak kartu pendaftaran PPPK.


Di resume PPPK Teknis, PPPK Nakes, dan PPPK Guru 2023, data IPK akan tercantum pada baris di bawah keterangan tahun lulus, sesuai ijazah pelamar.

Pada proses pendaftaran di portal SSCASN BKN, angka IPK masuk ke sistem berdasarkan data ijazah dan transkrip nilai yang diunggah oleh pelamar (PPPK Guru/Nakes), atau saat mengisi data terkait pendidikan (PPPK Teknis).


Bagaimana Jika IPK Tidak Muncul di Resume PPPK?

Jika ada kendala IPK tidak muncul di resume PPPK 2023, terdapat beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Salah satunya berkaitan dengan masalah sistem.

Masalah ini mungkin terjadi karena saat portal SSCASN BKN diakses puluhan atau ratusan ribu pelamar pada waktu bersamaan, kinerja server menjadi tidak optimal. Sebagai akibat dari kondisi ini, ada kendala perekaman data sehingga IPK bisa tidak muncul atau tertulis nol di resume PPPK.

Penyebab yang lainnya adalah pelamar belum melakukan input data dengan benar serta lengkap saat menyelesaikan proses pendaftaran di portal SSCASN BKN.


Maka dari itu, jika menemukan kendala data IPK tidak muncul di resume PPPK atau yang tertera malah angka nol, pelamar sebaiknya tidak melakukan finalisasi data terlebih dulu.

Maksudnya, pelamar sebaiknya tidak memberi centang (tanda chek list) kotak di kolom "IPK/Nilai" dahulu dan menunda langkah klik "Akhiri Proses Pendaftaran."

Sesuai dengan informasi di buku panduan SSCASN BKN, jika menghadapi kendala terkait kebenaran atau kelengkapan data di resume, pelamar bisa melakukan langkah berikut:

  • Ketika muncul laman resume, pelamar mengecek kembali datanya
  • Jika belum yakin dengan datanya, klik tombol "SEBELUMNYA"
  • Periksa kembali data yang sudah diinput dan perbaiki jika ada kesalahan
  • Periksa juga unggahan dokumen dengan klik tombol "LIHAT"
  • Jika yakin tidak ada kesalahan, pelamar menandai (check list) semua kotak resume
  • Lalu, klik tombol "Akhiri Proses Pendaftaran"
  • Dan, klik tombol "Ya" di notifikasi peringatan yang muncul.

Jika masih menemui kendala terkait isi resume, pelamar PPPK 2023 bisa menyampaikan keluhan melalui laman help desk SSCASN BKN. Adapun pelamar PPPK Guru 2023 dapat pula menyampaikan keluhan melalui laman help desk yang disediakan Kemdikbudristek, di link ini.

Baca juga artikel terkait CPNS 2023 atau tulisan menarik lainnya Tifa Fauziah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Addi M Idhom

DarkLight