Cara Menabung Emas Tanpa Modal Besar

Oleh: Fadila Armadita - 14 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Cara menabung emas ternyata gampang dan tak perlu modal besar, bisa dimulai dengan nominal Rp 50.000 saja.
tirto.id - Menyimpan uang di bank bukan lagi menjadi pilihan untuk jangka panjang. Mahalnya biaya administrasi, pajak, dan bunga yang kecil membuat menabung di bank bukannya untung, malah menjadi buntung. Daripada menyimpan uang di bank, sebagian besar orang memilih menginvestasikan uang mereka ke saham atau emas.

Harga emas yang cenderung naik setiap tahunnya membuat orang memutuskan untuk investasi emas. Namun harga beli yang mahal, sering membuat orang berpikir dua kali untuk membeli atau menabung emas. Padahal ada cara untuk menabung emas tanpa modal besar. Bagaimana caranya?

Tabungan Emas Pegadaian

Seperti dilansir dari situs pegadaian, tabungan emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan sistem titipan. Harganya pun terjangkau dan memberikan kemudahan untuk siapa saja yang ingin berinvestasi emas.

Keunggulan tabungan emas pegadaian adalah, jumlah setoran yang sangat ringan. Minimal setoran tabungan setara dengan 0,01 gram emas. Misal harga emas hari ini Rp600.000 per-gram artinya minimal dana yang disetorkan adalah Rp6.000.

Selain itu biaya titipannya pun cenderung murah, hanya Rp30.000 per tahun atau Rp2.500 perbulan. Biaya administrasi pembukaan awal hanya sebesar Rp10.000. Jauh lebih murah ketimbang biaya adminstrasi yang dibebankan oleh bank.

Cicilan Emas di Bank Syariah

Selain tabungan emas pegadaian ada pula beberapa bank syariah seperti BNI Syariah, BCA Syariah, dan Bank Syariah Mandiri yang menawarkan cicilan emas dengan harga terjangkau. Misalnya BCA Syariah, yang menawarkan pembelian emas dengan sistem cicilan mulai dari pecahan emas 10 gram sampai 250 gram. Jangka waktu minimal 2 tahun dan paling lama 5 tahun.

BCA Syariah mensyaratkan untuk uang muka 20 persen dari harga beli emas. Misal nasabah ingin membeli 10 gram emas di harga Rp6.000.000, sebagai uang muka harus dibayarkan adalah Rp1.200.000. Cicilan berikutnya tentu akan disesuaikan dengan jangka waktu yang disepakati dan menggunakan sistem autodebet pada rekening BCA Syariah nasabah.

Ketentuan yang ada pada Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah, tidak jauh berbeda dengan BCA Syariah.


Menabung Emas di Brankas Antam

Emas batangan Antam juga bisa dibeli mulai harga 1 gram. Salah satunya melalui brankas Antam yang tersedia di butik Antam. Brankas Antam bisa menjadi salah satu sarana untuk menyimpan emas minim risiko.

Pembelian emas di brankas Antam ini lebih disukai karena lebih murah, karena tidak memerlukan biaya cetak. Nasabah pun bisa mencairkan tabungan emas yang dimilikinya secara fisik ataupun tunai. Biaya yang dikenakan sebagai titipan adalah Rp 300.000 per tahun, dengan besar emas yang dititipkan 1 gram dan minimal masa titip 3 bulan.

Menabung emas bukan lagi sesuatu yang sulit dan memerlukan modal besar. Bahkan bisa dimulai dengan nominal Rp 50.000 saja.

Baca juga artikel terkait INVESTASI EMAS atau tulisan menarik lainnya Fadila Armadita
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Fadila Armadita
Penulis: Fadila Armadita
Editor: Agung DH
DarkLight