Cara Cek Pengumuman Prakerja 2022 Gelombang 45 di Dashboard Akun

Kontributor: Ririn Margiyanti, tirto.id - 28 Sep 2022 10:55 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara cek pengumuman Kartu Prakerja 2022 melalui akun dan notifikasi.
tirto.id - Salah satu program dari pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi atau skill pencari kerja yaitu program Kartu Prakerja yang telah diselenggarakan sejak tahun 2020.

Program kartu prakerja merupakan suatu program yang diselenggarakan dalam rangka pengembangan kompetensi kerja bagi para pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, serta buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Pelaksanaan program kartu prakerja ini terbagi menjadi beberapa gelombang yang hingga saat ini sudah mencapai gelombang ke 45.


Dalam setiap gelombangnya memiliki periode dan kuota yang telah ditentukan. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti program kartu prakerja ini harus segara mendaftarkan diri.

Program kartu prakerja ini terbuka untuk seluruh warga Indonesia yang telah memenuhi persyaratan dan sebelumnya telah melakukan pendaftaran dengan membuat akun kartu prakerja di laman prakerja.go.id.

Persyaratan bagi peserta diantaranya yaitu merupakan warga negara Indonesia yang berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal, pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, serta pelaku usaha mikro.

Peserta yang telah melakukan pendaftaran, selanjutnya akan diarahkan untuk mengikuti tes terlebih dahulu untuk mendapatkan bantuan dari kartu prakerja. Tes yang akan dilaksanakan meliputi 2 jenis tes yaitu tes motivasi dan tes kemampuan dasar melalui situs resmi prakerja.

Setelah melaksanakan tes, peserta harus melakukan pemantauan secara berkala di dashboard akun masing-masing untuk mengetahui status kelolosan peserta tersebut.

Lalu, bagaimana cara yang dapat dilakukan oleh para peserta untuk mengetahui hasil seleksi dari program kartu prakerja ?


Cara Cek Pengumuman Hasil Kartu Prakerja 2022

Dilansir dari website resmi prakerja, cara untuk mengetahui lolos atau tidaknya peserta dalam program kartu prakerja yaitu apabila peserta yang mengikuti tes tersebut dinyatakan lolos seleksi, maka ia akan mendapatkan notifikasi melalui SMS dan Email.


Kemudian pada tanggal yang telah ditentukan untuk pengumuman gelombang, para peserta diarahkan untuk login ke akun masing-masing. Setelah berhasil login, akan muncul 3 video yang berkaitan dengan kartu prakerja.

Video tersebut wajib untuk ditonton oleh para peserta untuk mengetahui nomor dari kartu prakerja peserta yang bersangkutan. Bagi peserta yang tidak lolos seleksi juga akan mendapatkan notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun peserta tersebut.

Bagi pelamar yang dinyatakan belum berhasil, tidak perlu berkecil hati karena mereka masih dapat mengikuti seleksi pada gelombang selanjutnya tanpa harus memasukkan data-data lagi untuk pendaftaran ulangnya.

Informasi lebih lanjut terkait dengan program kartu prakerja dapat diakses melalui website atau akun instagram resmi dari prakerja.


Baca juga artikel terkait KARTU PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Ririn Margiyanti
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight