Cara Cek Keaslian Gambar Lewat Yandex, Google Versi Rusia

Oleh: Yonada Nancy - 1 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sama halnya dengan Google, Yandex juga memiliki fitur telusuri gambar atau search image yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi sebuah gambar.
tirto.id - Yandex merupakan perusahaan internet terbesar di Rusia. Berdiri sejak 2002, perusahaan ini mengklaim sebagai rival raksasa pencarian Google.

Untuk membuktikannya, Yandex menciptakan berbagai produk pemanfaatan internet seperti Google versi Rusia, antara lain iklan online, layanan email, peta digital, aplikasi analitik, teknologi smartphone dan smarthome, e-commerce, musik dan video streaming, hingga self driving cars atau mobil kemudi otomatis.

Namun, produk yang paling terkenal dari perusahaan ini adalah mesin pencarinya. Pada Mei 2020, Yandex menguasai 42,54 persen pangsa pasar mesin pencari di Rusia, kedua terbesar setelah Google.

Sama halnya dengan Google, Yandex juga memiliki fitur telusuri gambar atau search image yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi sebuah gambar.

Yandex dapat mencari gambar berdasarkan gambar yang diunggah oleh pengguna. File gambar yang diunggah bisa berupa keseluruhan gambar atau sebagian fragmen saja.

Gambar yang ditelusuri bisa didapat dari internet ataupun yang tersimpan di perangkat pengguna. Hasil pencarian dapat berisi salinan persis dari sumber gambar atau gambar yang berbeda sedikit dari aslinya.

Contohnya, foto sebuah monumen yang sama tapi merupakan dua foto berbeda yang diambil dari angle berbeda.

Fitur ini banyak disukai karena mampu menunjukkan sumber utama gambar, situs mana saja yang mengunggah gambar, dan ukuran gambar yang sebenarnya.

Maka dari itu, banyak orang menggunakan fitur ini untuk mengetahui keaslian gambar hingga mencegah hoax.

Cara menggunakan fitur image search Yandex melalui destkop adalah sebagai berikut:

1. Buka situs Yandex

2. Pada bagian atas kolom pencarian, pilih ikon Images

3. Ada dua cara mengunggah foto, dengan menyeret gambar (drag image) atau dengan mengunggahnya dari perangkat (choose file). Selain itu, gambar juga bisa ditelusuri dengan menyertakan URL gambar.

4. Klik ikon search dan lihat hasilnya

Fitur ini juga bisa digunakan di perangkat mobile seperti smartphone, caranya:

1. Buka situs Yandex melalui browser

2. Pilih ikon search image

3. Unggah foto dari galeri atau tangkap objek dengan memfoto secara langsung.

4. Klik search dan telusuri hasil


Baca juga artikel terkait YANDEX atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight