Advertorial

Cara Cek Harga Emas Hari Ini & Investasi Emas Batangan di Tokopedia

Oleh: Advertorial - 30 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Investasi emas bisa dilakukan dengan mudah melalui Tokopedia. Harga emas hari ini juga tersedia infonya di Tokopedia.
tirto.id - Masyarakat yang berminat melakukan investasi emas batangan kini bisa menggunakan layanan online yang disediakan Tokopedia. Salah satu e-commerce di Indonesia ini menyediakan layanan investasi e-gold.

Investasi emas batangan di Tokopedia tidak hanya mudah, tetapi juga terjangkau. Pembelian emas bisa dilakukan mulai dari harga Rp5000.

Lain itu, transaksi jual-beli emas bisa dilakukan dengan gampang, sekaligus dijamin keamanannya, karena layanan investasi e-gold di Tokopedia terselenggara berkat kerja sama e-commerce ini dengan PT Pegadaian (Persero) dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan memanfaatkan layanan investasi emas di Tokopedia, masyarakat bisa melakukan kegiatan "nabung emas" secara rutin setiap hari dengan biaya terjangkau, sekaligus berdasarkan informasi yang akurat.

Sebelum memutuskan untuk menjual ataupun membeli emas yang ada di Tokopedia, masyarakat bisa mengecek harga emas hari ini secara harian.

Info harga emas disediakan di Tokopedia, baik untuk nilai jual maupun beli, dan sesuai kategori karatnya. Tokopedia menyediakan informasi harga emas batangan secara harian, beserta grafik perkembangannya.


Apa Itu Emas Batangan?

Emas batangan dalam bahasa inggris disebut gold bullion. Secara istilah, emas batangan ialah emas yang tidak berbentuk mata uang, tetapi berupa batangan, lempengan, dan bungkalan. Kadar emas batangan umumnya mencapai 99,99% sehingga disebut juga emas murni.

Terdapat 2 jenis emas batangan jika dilihat dari ukurannya. Pertama, emas batangan kategori gold bar minted yang berukuran kecil, dan dikenal pula dengan sebutan small bar. Di Indonesia, emas batangan berukuran kecil diproduksi dengan berat 1-100 gram, dan kadar emas murni 99,99%.

Ada standar khusus untuk emas batangan kategori gold bar minted yang diproduksi di Indonesia. Contoh, emas batangan dengan berat 100 gram mempunyai ketebalan 3,65 mm, panjang 50 mm, dan lebar 30 mm.

Ketegori kedua ialah gold bar cast atau kasting. Jenis ini merupakan emas batangan yang memiliki ukuran yang lebih besar dan umumnya menjadi bahan baku untuk emas perhiasan.

Karena itu, emas batangan jenis gold bar cast memiliki kadar atau karat bervariasi: 14 hingga 24 karat. Di Indonesia, salah satu perusahaan yang memproduksi emas batangan jenis gold bar cast adalah Antam.

Emas batangan jenis gold bar cast yang diproduksi di Indonesia punya standar tertentu. Misalnya, emas batangan (kasting) dengan berat 1000 gram (1 Kg), memiliki ketebalan 42 mm, panjang 238 mm, dan lebar 78 mm.


Cara Cek Harga Emas di Tokopedia

Selain memahami macam-macam bentuk emas batangan, masyarakat yang berminat melakukan investasi emas juga penting untuk mengecek perkembangan harga emas.

Tokopedia sudah menyediakan info perkembangan harga emas secara harian beserta grafiknya. Untuk mengecek harga emas hari ini, misalnya, masyarakat bisa membuka link Tokopedia di bawah ini:

Link Cek Harga Emas di Tokopedia

Di laman Tokopedia tersebut, sudah tersedia informasi harga emas hari ini berdasarkan berbagai kategori berat, baik untuk nilai jual maupun nilai beli. Masyarakat juga bisa mengecek fluktuasi harga emas, dengan memeriksa grafik perkembangannya selama periode 7 hari, 1 bulan, hingga 3 bulan.

Mengecek harga emas secara harian perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk investasi (membeli) maupun menjual emas batangan. Ini karena harga emas cenderung fluktuatif. Dengan mengetahui perkembangan harga emas, masyarakat bisa menjual atau membeli pada saat yang tepat.

Perlu diketahui, ada 4 faktor utama yang bisa mempengaruhi fluktuasi harga emas. Keempat faktor itu adalah sebagai berikut:

1. Perkembangan kurs dolar AS. Semakin tinggi nilai dolar AS terhadap rupiah, semakin tinggi pula harga emas di Indonesia.

2. Produksi emas di dunia. Ketika permintaan akan emas bertambah besar, tetapi produksi emas cenderung menurun, maka harga logam mulia ini juga terus terkerek naik.

3. Suku bunga yang berbanding terbalik dengan harga emas. Ketika suku bunga naik maka akan banyak orang yang menarik uangnya dari investasi emas dan pindah ke bentuk deposito. Sebab, deposito menawarkan bunga tinggi.

4. Jumlah Supply and Demand Emas. Selain mempengaruhi produksi emas, jumlah supply dan demand juga mempengaruhi harga emas di dunia. Artinya, jika angka permintaan emas naik, harganya juga turut melesat.


Cara Investasi Emas di Tokopedia

Harga emas yang fluktuatif menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang tertarik berinvestasi jangka pendek dengan instrumen logam mulia ini.

Meski begitu, investasi emas untuk jangka panjang masih menjadi pilihan banyak orang mengingat harga logam mulia ini terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Masyarakat yang tertarik melakukan investasi emas, bisa melakukannya dengan cara mudah di Tokopedia. Adapun cara investasi emas di Tokopedia adalah sebagai berikut:

  • Buka link nabung emas di Tokopedia
  • Login dengan akun Tokopedia
  • Klik beli emas
  • Isi jumlah emas yang ingin dibeli (dalam Rupiah atau gram)
  • Segera lakukan pembayaran untuk menghindari berubahnya harga emas
  • Emas yang dibeli langsung masuk ke tabungan emas pengguna Tokopedia.

DarkLight