Cara Akses Rute dan Jadwal MRT Jakarta di Google Maps

Oleh: Ibnu Azis - 4 April 2019
Jadwal dan rute MRT Lebak Bulus menuju Bundaran HI sudah tersedia di Google Maps.
tirto.id - Google Maps, layanan peta dan navigasi lintas perangkat dari Google, telah memasukkan rute dan jadwal transportasi Moda Raya Terpadu (MRT) yang beroperasi dari Lebak Bulus menuju Bundaran HI.

Untuk mengakses rute dan jadwal MRT tersebut, pengguna Google dapat melakukannya melalui layanan Maps baik itu di perangkat bergerak (aplikasi) maupun situs web. Caranya sangat mudah hanya dalam beberapa langkah.

Pengguna tinggal memasukkan lokasi tujuan dan Google Maps akan menampilkan jarak serta estimasi waktu perjalanan. Apabila pengguna memilih simbol angkutan umum, maka akan ditampilkan opsi transportasi umum yang tersedia, termasuk MRT. Dengan catatan, lokasi tujuan dilewati oleh transportasi terbaru itu.

Google Maps juga akan menampilkan jadwal keberangkatan MRT termasuk tarifnya. Di bawahnya, tersedia menu "Penjelajah Jadwal" yang bila dipilih maka akan menampilkan jadwal rute MRT terpilih pada jam-jam tertentu.

Manajer Komunikasi Google Indonesia Feliciana Wienathan mengatakan, ketersediaan informasi ini diharapkan memudahkan warga Jakarta untuk mengetahui kapan MRT tiba beserta rute yang akan dlewati.

"Kami berharap penambahan informasi untuk Ratangga [kereta MRT Jakarta] di Google Maps ini dapat membantu dan memudahkan warga Jakarta bahkan pendatang dalam merencanakan perjalanan mereka sehari-hari," katanya seperti dikutip dari Antara, Kamis (4/4/2019).

Layanan Google Maps dapat diakses dan digunakan gratis di lintas perangkat, baik itu iOS termasuk Android. Layanan peta dan navigasi ini juga dapat dinikmati melalui peramban desktop/laptop di situs web yang beralamat di maps.google.com.

Google Maps juga memasukkan hampir semua opsi angkutan umum yang tersedia. Selain MRT, misalnya di Jakarta, pengguna dapat menjumpai opsi angkutan umum berupa bis TransJakarta, kereta Commuter Line, serta ojek online.


Baca juga artikel terkait KERETA MRT atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH