Pendidikan Agama Islam

Asmaul Husna At Tawwab Artinya Maha Penerima Taubat, Apa Maknanya?

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif - 11 Mei 2022 13:15 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Asmaul Husna At-Tawwab artinya Allah Maha Penerima Taubat, dalil At Tawwab di Al- Qur'an dan maknanya.
tirto.id - Asmaul Husna At-Tawwab artinya Yang Maha Penerima Tobat. Allah SWT memiliki 99 nama baik yang disebut dengan “Asmaul Husna.”

Umat Islam sebaiknya mengetahui, paham, terlebih lagi mengamalkan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bentuk perilaku, sifat maupun untuk wirid.

Hal ini dilakukan karena Asmaul Husna mengandung banyak rahasia dan manfaat untuk kehidupan di dunia dan akhirat.

Dilansir dari laman NU Online, Asmaul Husna memiliki banyak keistimewaan seperti satunya sebagai doa.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Allah SWT melalui firman-Nya dalam Surah Al A’raf ayat 180 berikut:

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ - ١٨٠

Arab Latin:

Wa lillāhil-asmā`ul-ḥusnā fad'ụhu bihā wa żarullażīna yul-ḥidụna fī asmā`ih, sayujzauna mā kānụ ya'malụn

Artinya:

“Dan Allah memiliki Asma'ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”(QS. Al A'raf [7]: 180)

Arti Asmaul Husna At-Tawwab


Salah satu Asmaul Husna yang dimiliki oleh Allah SWT adalah At-Tawwab. Asmaul Husna At-Tawwab memiliki arti, yaitu Yang Maha Penerima Tobat.

Akar kata At-Tawwab dalam bahasa Arab Klasik memiliki beberapa arti lain seperti kembali kembali ke jalan kebaikan, bertobat dipulihkan diberi imbalan atas perbuatannya yang berulang kali dipanggil atau dihadapkan.

Asmaul Husna At-Tawwab secara sederhana memiliki makna bahwa Allah SWT merupakan Dzat yang berulangkali memanggil manusia untuk kembali bertobat setiap kali berada di jalan yang salah.

Di samping itu, At-Tawwab memberikan kembali rahmat-Nya kepada siapa saja yang bertobat dan mengampuni mereka.

Dilansir dari laman UIN Jakarta, tobat itu kembali dari perbuatan dosa menuju jalan yang benar, jalan yang diridai Allah.

Dengan demikian, Tawwab berarti Maha Penerima taubat hamba-Nya yang kembali ke jalan-Nya yang benar setelah melakukan kesalahan, dosa, kezaliman, dan kemaksiatan.

Penyebutan terkait pemahaman Asmaul Husna At-Tawwab ditampilkan beberapa kali di dalam Al Qur’an.

Beberapa contoh penyebutan At-Tawwab seperti dalam Surah An Nisa ayat 64 dan Surah Al Baqarah ayat 128.

Dalil Asmaul Husna At-Tawwab dalam Al Qur’an


1. Surah An Nisa Ayat 64

وَمَآ اَرْسَلْنَا مِنْ رَّسُوْلٍ اِلَّا لِيُطَاعَ بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَلَوْ اَنَّهُمْ اِذْ ظَّلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ جَاۤءُوْكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللّٰهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُوْلُ لَوَجَدُوا اللّٰهَ تَوَّابًا رَّحِيْمًا - ٦٤

Arab Latin:

Wa mā arsalnā mir rasụlin illā liyuṭā'a bi`iżnillāh, walau annahum iż ẓalamū anfusahum jā`ụka fastagfarullāha wastagfara lahumur-rasụlu lawajadullāha tawwābar raḥīmā

Artinya:

“Dan Kami tidak mengutus seorang rasul melainkan untuk ditaati dengan izin Allah. Dan sungguh, sekiranya mereka setelah menzalimi dirinya datang kepadamu (Muhammad), lalu memohon ampunan kepada Allah, dan Rasul pun memohonkan ampunan untuk mereka, niscaya mereka mendapati Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.”(QS. An Nisa [4]: 64)

2. Surah Al Baqarah Ayat 128

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ - ١٢٨

Arab Latin:

Rabbanā waj'alnā muslimaini laka wa min żurriyyatinā ummatam muslimatal laka wa arinā manāsikanā wa tub 'alainā, innaka antat-tawwābur-raḥīm

Artinya:

“Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.”(QS. Al Baqarah [2]: 128)

Makna Membaca Asmaul Husna At-Tawwab


Asmaul Husna At-Tawwab dalam kehidupan sehari-hari dapat digunakan sebagai wirid dan zikir untuk mengingatkan diri, bahwa hanya Allah SWT yang Maha Mengadakan ciptaan-Nya dengan sebaik-baiknya.

Di samping itu, Asmaul Husna At-Tawwab juga dapat dijadikan sebagai contoh sifat dan sikap dalam menjalani kehidupan di dunia.

Oleh karena itu, perkara tersebut nantinya akan memunculkan sifat dan sikap yang terpuji bagi diri maupun untuk orang lain.

Pengamalan Asmaul Husna At-Tawwab dalam diri seorang muslim dapat diwujudkan dengan menerapkan berbagai perilaku seperti selalu memperbanyak memohon ampunan kepada Allah SWT, memperbanyak istigfar dalam kehidupan sehari-hari, dan selalu berbuat baik kepada sesama.


Baca juga artikel terkait ASMAUL HUSNA AT TAWWAB atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Dhita Koesno

DarkLight