Arus Mudik Per 1 Juni 2019 di Sekitar Tol Cipali Masih Padat

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 1 Juni 2019
Selain Cipali, Praminto juga mencatat selama Sabtu (1/6/2019) dini hari masih banyak antrean di gerbang Tol Cikampek Utama.
tirto.id - Ketua Posko Harian Mudik, Mohamad Pramintohadi Sukarno mencatat per tanggal 1 Juni 2019 sejumlah titik ruas tol masih mengalami kepadatan lalu lintas. Hingga menjelang tengah malam pada 31 Mei 2019, masih tercatat ada kepadatan lalu lintas di sekitar area Tol Cipali.

"Pukul 21.45 sampai 22.00 WIB dilaporkan bahwa ada kenaikan volume kendaraan di Tol Cipali. Pada pukul 22.35 WIB ruas Tol Cikampek-Palimanan relatif lancar," ucap Praminto dalam konferensi pers Posko Mudik Lebaran di Kementerian Perhubungan pada Sabtu (1/6/2019).

Kepadatannya masih berlanjut pada pukul 02.40 WIB di rest area Cipali KM 86. Praminto mengatakan arus lalu lintas masih berjalan baik meskipun ada sedikit antrean. Selanjutnya pada titik rest area km 102, lalu lintas sudah kembali lancar.

Selain Cipali, Praminto juga mencatat selama Sabtu (1/6/2019) dini hari masih banyak antrean di gerbang Tol Cikampek Utama. Kemudian pada pukul 03.00 WIB, Praminto juga mencatat ada kepadatan volume kendaraan di antrean rest area Cibitung dan Cikarang Timur.


"Cukup banyak antrean di Gerbang tol Cikampek Utama. Pada pukul 03.00 WIB ada kepadatan volume kendaraan termasuk di antrean rest area Cibitung dan Cikarang Timur," ucap Praminto.

Ketua Posko Harian Bidang Hubungan Darat, Andy Irawan menambahkan masih padatnya sejumlah titik pintu dan ruas tol selama arus mudik 2019 turut disebabkan karena adanya hari libur yang panjang.

Akibatnya sejumlah pemudik terdistribusi ke hari-hari berikutnya. Bahkan ada perkiraan bahwa distribusi ini turut menggeser perkiraan puncak arus mudik yang semula ditaksir berada di tanggal 31 Mei 2019.

"2019 liburnya agak panjang jadi ada distribusi pemudik. Datanya tersebar juga ya. Analisis lalu lintas hingga esok masih akan meningkat. Dari prediksi 31 Mei jadi puncak mudik, bergeser prediksinya," ucap Andy dalam konferensi pers.

Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Irwan Syambudi