Apa yang Harus Dilakukan Jika Diri Sendiri & Keluarga Kena Corona?

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 16 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tips perawatan diri sendiri dan keluarga saat ada yang dinyatakan positif Corona COVID-19.
tirto.id - Merasa cemas saat keluar sebentar untuk berbelanja, akhir-akhir ini menjadi sesuatu yang terlihat normal, mengingat Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Namun, jangan panik jika merasa terinfeksi virus Corona atau seseorang yang tinggal bersama dinyatakan positif COVID-19.

Menurut laman Medical Daily, cara terbaik untuk menangani situasi ini adalah tetap tenang dan fokus pada langkah-langkah yang diperlukan untuk mengonfirmasi kecurigaan tersebut.

Selain itu, perlu juga tahu bagaimana cara untuk merawat diri sendiri atau keluarga sambil menunggu diagnosis keluar.

CNET memberikan panduan tentang hal-hal yang perlu dilakukan jika diri sendiri, keluarga atau orang terdekat terinfeksi COVID-19.

Panduan ini didasarkan dari rekomendasi yang dibuat oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan dari informasi yang diberikan oleh para penyintas COVID-19. Berikut penjelasannya:

1. Konsultasikan dengan dokter.

Hal pertama yang harus dilakukan jika merasa memiliki gejala adalah segera menghubungi dokter. Perlu juga bertanya apakah Anda memenuhi syarat untuk pengujian virus Corona berdasarkan gejala dan langkah apa yang harus diambil.

2. Isolasi diri.

Langkah selanjutnya adalah mengisolasi diri jika selama ini belum melakukannya. Jaga jarak dari orang lain jika memiliki gejala atau jika telah melakukan kontak dengan seseorang yang menunjukkan gejala.

Jika ada orang lain di rumah menunjukkan tanda-tanda penyakit, orang ini harus diisolasi dari orang lain di dalam ruangan sendiri. Isolasi harus dilaksanakan sampai Anda atau orang lain diuji dan hasilnya negatif.

3. Praktikkan pedoman keselamatan yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan masyarakat.

Kenakan penutup wajah jika harus berinteraksi dengan orang lain di rumah. Mencuci tangan, menjaga kebersihan rumah dan membersihkan permukaan benda juga merupakan hal penting.

4. Pastikan ventilasi yang baik.

Para ahli saat ini sedang menyelidiki penularan COVID-19 melalui udara dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperbarui situs webnya untuk menunjukkan kemungkinan penyebaran virus di dalam ruang tertutup dengan ventilasi terbatas.

Akibatnya, ventilasi yang baik di rumah tempat seseorang terinfeksi menjadi penting.

5. Pantau gejala.

Penting untuk sering memantau gejala, apakah itu Anda atau orang lain di rumah. Laporkan setiap gejala yang memburuk atau baru.

Jika hasil tes negatif, maka dapat kembali ke rutinitas biasa dengan melakukan tindakan pencegahan keamanan di tengah pandemi.

Jika pengujian tidak tersedia, CDC menyatakan bahwa Anda hanya dapat meninggalkan karantina jika sudah tidak lagi memiliki gejala, khususnya jika tidak mengalami demam selama 72 jam terakhir tanpa minum obat pengurang demam.


Baca juga artikel terkait TIPS MERAWAT DIRI SAAT POSITIF CORONA atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight