Apa Saja Peran Konsumen dan Produsen dalam Perekonomian?

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 15 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Konsumen dan produsen adalah pelaku kegiatan ekonomi yang saling bergantung satu dengan lainnya.
tirto.id - Kegiatan ekonomi tidak bisa lepas dari peran rumah tangga produsen dan rumah tangga konsumen yang membuat perekonomian bisa berjalan dari tingkat mikro hingga makro. Keduanya memiliki peran masing-masing dan saling bergantung sebagai pelaku kegiatan ekonomi

Konsumen membutuhkan barang dan jasa dalam kegiatan konsumsi. Lalu, produsen berusaha memenuhi berbagai permintaan barang jasa melalui kegiatan produksi. Produsen memerlukan konsumen agar mampu terus berproduksi dengan menyediakan barang dan jasa secara berkelanjutan, dan begitu juga sebaliknya.

Perilaku rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen berbeda dalam kegiatan ekonomi yang turut membuat perbedaan dalam perannya. Di samping itu, kegiatan turut melibatkan pula peran dari pemerintah dan masyarakat luar negeri yang turut menyokong proses perekonomian berjalan lebih baik.

Peran Rumah Tangga Produsen


Dalam e-modul Ekonomi Kelas X (2019) yang diterbitkan Kemdikbud disebutkan, tingkah laku produsen pada urusan memroduksi barang dan atau jasa sebagai upaya mencapai efisiensi dalam kegiatan produksi. Produksi adalah kegiatan menciptakan atau menambah nilai atau pun manfaat suatu barang dan atau jasa.

Dalam proses produksi terjadi transformasi berbagai faktor produksi untuk menjadi produk atau hasil produksi. Produsen senantiasa mengupayakan untuk menghasilkan barang atau jasa bermutu, melalui proses mengombinasikan faktor-faktor produksi dengan efektif dan efisien.

Faktor-faktor produksi tersebut meliputi faktor produksi alam, tenaga kerja, modal, dan keahlian usaha.

Peran rumah tangga produsen dalam perekonomian yaitu:

1. Memroduksi dan menjual barang atau jasa selaku pemasok (supplier) di pasar barang.
2. Menyewa atau memakai faktor-faktor produksi yang dimiliki rumah tangga konsumen dalam proses produksi.
3. Menentukan pembelian barang modal dan stok barang lainnya.
4. Meminta kredit melalui lembaga keuangan dalam membiayai investasi atau pengembangan usaha mereka.
5. Membayar pajak penjualan barang dari hasil produksi kepada negara.

Peran Rumah Tangga Konsumen


Rumah tangga konsumen adalah pelaku kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan aktivitas konsumsi. Konsumsi adalah tindakan penggunaan barang atau jasa dengan cara mengurangi atau menghabiskan nilai gunanya. Tujuan konsumsi yaitu memenuhi kebutuhan hidup.

Ada beragam faktor yang memengaruhi konsumsi yaitu pendapatan, harga barang dan jasa, kebiasaan konsumen, adat istiadat, hingga harga barang substitusi. Kegiatan konsumsi tidak bisa lepas dari pasokan stok barang atau jasa yang disediakan oleh rumah tangga produsen.

Di samping itu, rumah tangga konsumen turut menyediakan kebutuhan rumah tangga konsumen dalam hal faktor produksi untuk memperlancar proses produksi.

Mengutip dari laman belajar SMAN 1 Sragen, peran rumah tangga konsumen dalam perekonomian sebagai berikut:

1. Rumah tangga konsumen turut berperan menjadi pemasok faktor-faktor produksi untuk perusahaan (produsen) dalam kegiatan produksi.
2. Rumah tangga konsumen ikut berperan menjadi pengguna barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
3. Menerima penghasilan dari perusahaan berupa sea, upah, gaji, hingga laba.
4. Menerima penghasilan dari lembaga keuangan dari simpanan uang yang ditabung atau diinvestasikan.


Baca juga artikel terkait PERAN KONSUMEN atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight