Apa Saja Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan dan Khasiatnya?

Kontributor: Cicik Novita, tirto.id - 23 Nov 2022 17:19 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Manfaat pisang bagi kesehatan di antaranya melancarkan oksigen ke otak hingga melancarkan metabolisme.
tirto.id - Manfaat buah pisang sudah banyak diketahui baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Buah ini banyak dijumpai di wilayah tropis seperti Indonesia, tumbuh sepanjang tahun tanpa musim tertentu dan dijual murah di pasar-pasar.

Buah pisang mengandung banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral, sehingga diklaim mampu memberi khasiat tertentu bagi orang yang mengonsumsinya secara rutin.

Apa saja manfaat dan khasiat dari konsumsi pisang yang bisa diolah dengan berbagai cara termasuk digoreng, dibakar, direbus, dikukus, bahkan dikonsumsi begitu saja ini? Berikut beberapa manfaat pisang bagi kesehatan,

1. Cegah hipertensi

Pisang kaya dengan kalium, yang diketahui mampu membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. Fungsi kalium tersebut ternyata baik untuk menurunkan tekanan darah sehingga penyakit hipertensi pun dapat dicegah.

Selain itu, serat pada buah pisang berguna untuk mengikat lemak yang menyebabkan plak pada pembuluh darah. Hasilnya penyempitan pembuluh darah dapat berkurang dan itu baik untuk cegah hipertensi, tulis P2PTM Kemkes.

2. Melancarkan metabolisme

Metabolisme yang terhambat biasanya dipengaruhi oleh kurangnya serat. Pisang kaya serat yang melancarkan metabolisme di usus, sehingga tidak terjadi penumpukan sisa makanan di sistem pencernaan.

3. Sumber karbohidrat

Pisang adalah sumber karbohidrat sehat, sehingga banyak dikonsumsi oleh atlet atau orang yang sedang diet karena menjadi sumber tenaga yang aman bagi tubuh. Pisang juga punya magnesium dan kalium yang menunjang tubuh agar tetap bugar.

4. Imunitas

Guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh maka perlu konsumsi makanan sehat, salah satunya adalah pisang yang terbukti kaya vitamin A, C, B6 dan mineral lainnya. Semua vitamin tersebut dapat membantu melawan infeksi.

5. Lancarkan oksigen ke otak

Kandungan potasium pada pisang mampu membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke organ penting seperti jantung dan otak. Manfaatnya, dapat mencegah stroke dan tekanan darah RSUD Sawahlunto melansir.

6. Cegah anemia

Zat besi adalah salah satu kunci untuk produksi sel darah merah. Pisang ternyata juga mengandung zat besi sehingga membantu mencegah anemia atau kurang darah.

7. Perbaiki mood

Apabila mood sedang buruk, konsumsi pisang juga bisa jadi solusi karena membantu memproduksi hormon serotonin atau hormon bahagia.

8. Kecantikan kulit

Menggunakan masker pisang mampu membantu melembabkan kulit kering. Caranya, hancurkan dua sendok pisang lalu tambahkan dengan sedikit madu dan gunakan sebagai masker wajah. Bilas setelah 10-15 menit. Lakukan secara rutin sepekan 2 kali.

9. Pupuk tanaman

Jika tanaman terlihat kurang subur, cobalah untuk merendam kulit pisang selama 2 hari lalu siramkan pada tanaman. Kandungan kalium pada kulit pisang juga baik bagi pertumbuhan tanaman buah, sayur atau bunga.

10. Tingkatkan fungsi otak

Magnesium pada pisang dapat membantu meningkatkan fungsi otak, sebab sel-sel antar otak dapat saling berkirim sinyal dengan baik karena adanya asupan magnesium.

Magnesium membantu reseptor n-methyl-d-aspartate (NMDA) bisa membuat perkembangan otak pada anak-anak jadi maksimal.

11. Melawan radikal bebas

Kandungan antioksidan pada pisang membantu melawan radikal bebas yang merugikan tubuh manusia. Salah satu efek buruk radikal bebas adalah memicu kanker.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight